6 Rekrutan FC Heidenheim pada Musim Panas 2023

Setengahnya didapat secara gratis

FC Heidenheim akan berlaga di Bundesliga Jerman untuk pertama kalinya dalam sejarah pada 2023/2024. Menjadi tim debutan di kompetisi seketat Bundesliga tentu tidaklah mudah. Tim asuhan Frank Schmidt dituntut untuk siap bertarung dengan tim-tim raksasa di kasta tertinggi Liga Jerman.

Pada jeda musim panas 2023 ini, Schmidt terus menyiapkan strategi terbaik untuk timnya sebelum melakoni kompetisi yang sesungguhnya. Tak hanya mengikuti uji coba pramusim, Heidenheim pun merekrut beberapa pemain untuk menambal lini yang dipandang belum memenuhi kriteria.

Pada bursa transfer musim panas 2023, Heidenheim sudah mendatangkan enam pemain baru. Mengingat bukan tim besar, mereka memiliki bujet ketat. Heidenheim mayoritas hanya mendatangkan pemain berstatus free agent atau pinjaman dari klub lain.

1. Marvin Pieringer akan mempertajam lini serang FC Heidenheim

6 Rekrutan FC Heidenheim pada Musim Panas 2023Marvin Pieringer saat baru bergabung dengan Heindenheim. (instagram.com/marvinpieringer)

Marvin Pieringer adalah pembelian terbesar FC Heidenheim pada musim panas 2023. Ia dibeli dari FC Schalke 04 dengan harga 1,8 juta euro (Rp30 miliar) dan menyetujui kontrak selama 4 musim yang berlaku sampai 2027. Kedatangan Pieringer berfungsi meningkatkan daya gedor sekaligus pelapis striker utama Heidenheim, Tim Kleindienst.

Meski baru berusia 23 tahun, Pieringer sudah membela 6 klub berbeda dalam 5 tahun terakhir. Ia sempat memperkuat FC Schalke 04, SC Paderborn, SC Freiburg, Wuerzb. Kickers, dan SSV Reutlingen. Harga pasarannya juga ikut melonjak jadi 2 juta euro (Rp 33,5 miliar) setelah masuk tim inti Schalke musim lalu.

2. Tim Siersleben dipermanenkan usai tampil impresif di FC Heidenheim

6 Rekrutan FC Heidenheim pada Musim Panas 2023Tim Siersleben saat memperkuat Heidenheim. (instagram.com/tim_siersleben)

Tim Siersleben adalah salah 1 dari 2 pemain yang dibeli Heidenheim pada musim panas 2023. Ia adalah pemain pinjaman dari VfL Wolfsburg yang dipermanenkan dengan banderol sebesar 500 ribu euro (Rp8,3 miliar). Keputusan memermanenkan Siersleben ini berkat penampilan apiknya dalam semusim terakhir.

Siersleben merupakan pemain jebolan akademi FC Magdeburg. Ia memutuskan bergabung dengan VfL Wolfsburg pada 2016, tetapi gagal masuk tim inti. Pada 2021, ia pun memutuskan bergabung dengan Heidenheim sebagai pemain pinjaman.

3. Eren Dinkci jadi rekrutan termuda FC Heidenheim

6 Rekrutan FC Heidenheim pada Musim Panas 2023Eren Dinkci saat membela Heidenheim. (instagram.com/eren_dinkci)

Eren Dinkci adalah satu-satunya pemain berstatus pinjaman di FC Heidenheim pada musim panas 2023. Ia setuju bergabung dengan Heidenheim karena tidak mendapat tempat utama di klub asalnya, Werder Bremen. Di bawah mentor Frank Schmidt, striker yang jadi rekrutan termuda Heidenheim ini punya peluang besar untuk dimainkan sekaligus mengembangkan kemampuannya sebagai pemain sepak bola.

Sebelum memperkuat tim junior Werder Bremen, Dinkci sempat berseragam SC Borgfeld. Meski tidak mendapat tempat utama, harga pasaran pemain berdarah Turki ini terus naik. Ia pun diturunkan dalam starting line-up Heidenheim saat melawan Rostocker FC dalam laga DFB Pokal 2023/2024.

Baca Juga: Frank Schmidt dan Loyalitasnya kepada Heidenheim yang Berbuah Manis

4. Omar Traore datang untuk menggantikan Marvin Rittmueller di FC Heidenheim

6 Rekrutan FC Heidenheim pada Musim Panas 2023Omar Traore saat berlatih bersama FC Heidenheim. (instagram.com/fch_1846)

Salah satu rekrutan gratis FC Heidenheim pada bursa transfer musim panas 2023 adalah Omar Traore. Pemain keturunan Togo itu setuju bergabung setelah tidak memperpanjang kontrak dengan klub lamanya, VfL Osnabrueck. Pemain 25 tahun ini didatangkan Frank Schmidt sebagai pelapis Marnon Busch setelah kepergian bek kiri cadangan, Marvin Rittmueller ke Eintracht Braunschweig.

Sebelum bergabung dengan Heidenheim, Traore adalah bek kanan jebolan akademi VfL Osnabrueck. Namun, ia sempat merasakan tidak memiliki klub ketika dibuang Eintracht Braunschweig selama setengah musim pada 2017/2018. Ia akhirnya mampu menunjukkan kemampuannya saat kembali bergabung dengan VfL Osnabrueck.

5. Nikola Dovedan datang untuk memperdalam lini serang

6 Rekrutan FC Heidenheim pada Musim Panas 2023Nikola Dovedan saat bergabung dengan Heidenheim. (instagram.com/dovedan10)

Nikola Dovedan didatangkan secara gratis untuk mempertajam lini serang FC Heidenheim dalam menyongsong Bundesliga 2023/2024. Ia bergabung setelah kontraknya di Austria Wien tidak diperpanjang. Sebelum berlabuh di Austria Wien, ia bahkan sempat tidak memiliki klub pada Juli—September 2022.

Meski sempat jadi pemain andalan pada 2021/2022, Dovedan dibuang FC Nuernberg ke Austria Wien. Di bawah pelatih Schmidt, Dovedan akhirnya ditarik kembali untuk memperkuat klub lamanya Heidenheim. Ini menjadi kesempatan perdananya bermain di Bundesliga.

6. Benedikt Gimber merapat untuk menambah pilihan di lini tengah

6 Rekrutan FC Heidenheim pada Musim Panas 2023Benedikt Gimber saat membela Heidenheim. (instagram.com/ssv_jahn_regensburg)

Sebagai bagian dari rencana memerkokoh pertahanan, Frank Schmidt akhirnya merekrut gelandang bertahan utama SSV Jahn Regensburg, Benedikt Gimber. Ketertarikan Heidenheim disambut baik Gimber yang menolak memperpanjang kontrak di klub lamanya usai terdegradasi ke Bundesliga 3 pada 2023/2024. Nantinya ia menjadi rekan duet atau pengganti Lennard Maloney di Heidenheim.

Sebelum bergabung dengan Jahn Regensburg, karier Gimber tidaklah mulus. Ia harus dipinjamkan ke FC Ingolstadt dan Karlsruher karena tidak mendapat tempat di skuad TSG Hoffenheim. Harga pasarannya pun naik menjadi 1,5 juta euro (Rp25,1 miliar) ketika menjadi andalan Jahn Regensburg.

Keenam pemain baru FC Heidenheim pada musim panas 2023 di atas terdiri dari 3 penyerang dan 3 pemain spesialis pertahanan. Ini menunjukkan Frank Schmidt berkeinginan besar memperkuat tembok pertahanan sekaligus mempertajam lini depannya untuk meredam tim-tim raksasa Jerman yang diisi segudang permain bintang. Layak dinanti seperti apa strategi Heidenheim dalam menyongsong Bundesliga 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Heidenheim, Bawa Timnya Juara Bundesliga 2 2022/2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya