6 Rekrutan Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Dingin 2024

Didominasi pemain asal Amerika Latin

Berbeda dari mayoritas bursa transfer di liga top Eropa yang dimulai pada 1 Januari 2024, proses jual-beli pemain dari dan menuju Rusia baru dimulai pada 25 Januari 2024. Alhasil, bursa transfer musim dingin 2024 di Russian Premier League (RPL) ditutup lebih lambat, yakni pada 22 Februari lalu.

Meski sempat ditinggalkan pemainnya pada awal 2022 setelah pecahnya perang Rusia/Ukraina, kini klub di Russian Premier League mulai bangkit. Dalam sebulan terakhir, sejumlah klub Rusia tampak cukup aktif dalam mendatangkan pemain baru untuk merombak skuadnya.

Tercatat ada enam pemain termahal yang didatangkan klub Russian Premier League pada bursa transfer musim dingin 2024. Menariknya, mayoritas pemain di RPL didatangkan dari luar Eropa akibat penerapan sanksi.

1. Gerzino Nyamsi bergabung dengan Lokomotiv Moscow

6 Rekrutan Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Dingin 2024Gerzino Nyamsi saat masih membela RC Strasbourg. (instagram.com/rcsa)

Gerzino Nyamsi memilih bergabung dengan Lokomotiv Moscow karena tak mendapat tempat utama di RC Strasbourg usai cedera. Ia diboyong ke RZD Arena dengan banderol sebesar 3,5 juta euro (Rp59 miliar) dan setuju menandatangani kontrak berdurasi hingga 2027. Kedatangan pemain asal Prancis ini untuk menggantikan peran bek tengah, Jan Kuchta, yang hengkang ke Sparta Praha.

2. Nino jadi pengisi bek tengah Zenit St Petersburg

6 Rekrutan Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Dingin 2024Nino saat membela Zenit St Petersburg. (instagram.com/ninomotaf)

Marcilio Florencio Mota Filho atau disingkat Nino menjadi salah satu pembelian termahal Zenit St Petersburg. Pemain asal Brasil ini didatangkan dari Fluminense dengan tebusan sebesar 5 juta euro (Rp84,4 miliar). Kehadiran Nino di Gazprom Arena berfungsi meningkatkan ketangguhan lini belakang Zenit yang kurang solid pada paruh pertama 2023/2024.

3. Kevin Castano akan mengisi barisan tengah Krasnodar

6 Rekrutan Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Dingin 2024Kevin Castano saat memperkuat Timnas Kolombia. (instagram.com/kevincasta5)

Kevin Castaño memilih berlabuh ke Krasnodar pada musim dingin 2024 sekaligus menjadi debutnya bermain di Liga Eropa. Pemain asal Kolombia ini dibeli dari klub Meksiko, Cruz Azul, dengan harga yang cukup mahal 7,3 juta euro (Rp123,3 miliar). Berlabuhnya Castano ke Stadion Krasnodar berfungsi menambah opsi pemain di pos gelandang tengah.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal yang Dibeli Tim EPL pada Transfer Januari 2024

4. Pedro menambah amunisi lini serang Zenit St Petersburg

6 Rekrutan Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Dingin 2024Pedrinho saat masih berseragam Corinthians. (instagram.com/pedrinho.06_)

Pedro termasuk pembelian termahal kedua Zenit St Peterburg pada musim dingin 2024. Pemain berkebangsaan Brasil ini diboyong ke Gazprom Stadium dengan banderol 9 juta euro (Rp151,9 miliar) dan menyetujui kontrak berdurasi hingga 2028. Eks pemain Corinthians ini berhasil menarik perhatian Zenit berkat penampilannya di Serie A Brasil musim lalu. Kehadiran pemain berusia 18 tahun ini jadi proyek investasi klub untuk mengambil keuntungan dari merekrut talenta muda berbakat. 

5. Manfred Ugalde menambah penyerang di skuad Spartak Moscow

6 Rekrutan Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Dingin 2024Manfred Ugalde saat berlatih bersama Spartak Moscow. (instagram.com/manfredugaldeoficial)

Setelah dikabarkan hengkang ke sejumlah klub besar Eropa, Manfred Ugalde akhirnya merapat ke Spartak Moscow pada musim dingin 2024. Pemain muda Kosta Rika ini diboyong dengan harga yang cukup mahal, 13 juta euro (Rp219,5 miliar) dari FC Twente. Manfred Ugalde jadi incaran sejumlah klub berkat prestasinya di Eredivisie Belanda pada paruh pertama musim ini. Namun, ia akan jadi andalan Guillermo Abascal untuk mempertajam lini serang Spartak untuk memantapkan posisinya di papan atas Russian Premier League 2023/2024.

6. Artur didapuk jadi pemain termahal di Liga Primer Rusia pada musim dingin 2024

6 Rekrutan Termahal Klub Russian Premier League pada Musim Dingin 2024Artur saat membela Zenit St Petersburg. (instagram.com/zenit_spb)

Artur dinobatkan sebagai pembelian termahal Zenit St Petersburg sekaligus Russian Premier League pada musim panas 2024. Ia dibeli dengan banderol sebesar 15 juta euro (Rp253,3 miliar) dari Palmeiras. Ketertarikan Zenit kepada Artur disebabkan ia jadi salah satu pemain yang berperan mengantarkan Palmeiras menjuarai Serie A Brasil 2023. Kini, Artur diharapkan mampu mempertajam lini serang Zenit yang bersaing ketat dengan Krasnodar di papan atas Russian Premier League 2023/2024. 

Keenam pemain termahal di Russian Premier League pada musim dingin 2024 didominasi pemain asal Amerika Latin. Ini tak lain disebabkan perang Rusia/Ukraina yang memaksa klub Rusia mengalihkan fokusnya kepada pemain Amerika Latin. Selain harganya lebih murah, pemain Amerika Latin juga punya kemampuan yang mampu bersaing dengan pemain Eropa.

Baca Juga: Kylian Mbappe ke Real Madrid? Ini 3 Pemain Termahal Los Blancos

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya