5 Remaja yang Mentereng di Eredivisie 2023/2024

Salah satunya anak mantan bintang Belanda

Eredivisie Belanda termasuk salah satu liga besar di Eropa yang menjadi awal berkariernya pemain bintang kelas dunia. Sudah banyak pemain bintang yang mengawali langkah suksesnya di sini, seperti Mark van Bommel, Rafael van der Vaart, Arjen Robben, Frenkie de Jong, dan masih banyak lainnya.

Pada 2023/2024, ada lima pemain muda yang mampu menunjukkan performa luar biasa di klub Eredivisie. Beberapa di antaranya bahkan menjadi andalan meski masih berusia remaja dan baru dipromosikan ke tim senior.

Berikut daftar remaja yang mentereng di Eredivisie 2023/2024!

1. Jorrel Hato (17 tahun) sukses jadi bek tengah andalan Ajax Amsterdam

5 Remaja yang Mentereng di Eredivisie 2023/2024Jorrel Hato saat memperkuat Ajax Amsterdam. (instagram.com/jorrelhato)

Jorrel Hato bisa dibilang sebagai pemain remaja tersukses di Eredivisie pada 2023/2024. Ia sudah diandalkan mengisi starting line-up Ajax Amsterdam untuk posisi bek tengah. Sepanjang musim ini, pemain berusia 17 tahun ini tak pernah sekali pun absen membela De Godenzonen.

Hato dipromosikan ke tim senior sejak musim panas 2023 untuk menambah pilihan pemain di lini belakang Ajax. Sejak musim lalu, ia sempat diturunkan membela tim senior dalam sejumlah laga Eredivisie. Kini, ia tampak begitu padu diduetkan dengan Josip Sutalo untuk mengawal pertahanan Ajax.

2. Cisse Sandra (19 tahun) dipercaya sebagai gelandang serang Excelsior

5 Remaja yang Mentereng di Eredivisie 2023/2024Cisse Sandra saat memperkuat Excelsior Rotterdam. (instagram.com/excelsiorrdam)

Cisse Sandra sebenarnya hanya pemain berstatus pinjaman di Excelsior Rotterdam pada 2023/2024. Ia sudah dimasukkan ke tim senior Club Brugge pada 2021, tetapi gagal masuk tim inti. Peminjaman ini sebagai langkah untuk mendapatkan jam terbang dan pengalaman lebih.

Tak sia-sia, Sandra pun diandalkan untuk mengisi pos gelandang serang utama di Excelsior. Ia juga ikut berkontribusi pada penampilan mengesankan Excelsior sepanjang awal 2023/2024. Dalam 12 pertandingan Eredivisie terakhir, ia sudah mencetak 2 gol untuk timnya.

Baca Juga: 5 Pemain Eredivisie dengan Nilai Pasar Tertinggi pada 2023/2024

3. Kristian Hlynsson (19 tahun) dipilih sebagai gelandang serang Ajax Amsterdam

5 Remaja yang Mentereng di Eredivisie 2023/2024Kristian Hlynsson saat membela Ajax Amsterdam di Eredivisie. (instagram.com/kristianhlynsson)

Kristian Hlynsson masuk jajaran remaja yang memperkuat tim senior Ajax Amsterdam pada 2023/2024. Ia hampir diturunkan sebagai starter di tiap pertandingan Eredivisie untuk membantu lini serang Ajax. Dalam 10 pertandingan, ia mampu mencetak 4 gol untuk timnya.

Pemain berusia 19 tahun asal Islandia ini sudah membela Ajax sejak 2020. Ia didatangkan ke Johan Cruyff Arena dari klub Islandia, Breidablik U-19. Hanya dalam waktu 3 tahun, ia menjadi salah satu pemain yang terpilih untuk memperkuat tim senior ibu kota Belanda tersebut.

4. Ruben van Bommel (19 tahun) kerap diturunkan membela AZ Alkmaar

5 Remaja yang Mentereng di Eredivisie 2023/2024Ruben van Bommel saat membela MVV Maastricht. (instagram.com/rubenvanbommel)

Ruben van Bommel mampu menunjukkan performa apiknya bersama AZ Alkmaar pada 2023/2024. Pemain yang menempati pos sayap kiri itu sudah diturunkan dalam 10 laga Eredivisi dengan sumbangan 2 gol dan 1 assist. Namun, ia belum masuk dalam tim inti De Kaasboeren.

Anak Mark van Bommel itu terjun dalam sepak bola sejak masuk tim junior PSV Eindhoven pada 2013. Pada 2020, ia sudah direkrut MVV Maastricht U-18 dan masuk ke tim senior pada musim panas 2022. Setahun kemudian, ia direkrut AZ Alkmaar untuk menambah pilihan lini serang.

5. Leo Sauer (17 tahun) kerap diturunkan memperkuat Feyenoord Rotterdam

5 Remaja yang Mentereng di Eredivisie 2023/2024Leo Sauer saat membela Feyenoord Rotterdam. (instagram.com/_leo_sauer)

Leo Sauer berhasil dipromosikan ke tim senior Feyenoord Rotterdam sejak musim panas 2023 untuk menambah amunisi lini serang. Sebelum itu, ia sempat membela beberapa klub lokal Slovakia, seperti MSK Zilina dan Slovan Bratislava. Ia juga beberapa kali ikut membela tim junior Slovakia sejak 2021. 

Pada 2023/2024, Sauer sebenarnya belum diturunkan sebagai pemain inti Feyenoord. Namun, tiap kali diturunkan sebagai pengganti, ia mampu menunjukkan performa brilian. Dalam 7 laga Eredivisi, pemain berusia 17 tahun ini sudah mencetak 1 gol dan 2 assist

Kelima remaja di atas memang belum semuanya masuk tim inti klubnya masing-masing. Namun, mengingat usianya yang masih sangat belia, mereka punya peluang untuk berkembang dan menambah pengalaman di Eredivisie. Bukan tidak mungkin salah satu di antaranya akan menjadi bintang masa depan.

Baca Juga: 5 Laga Perdana Ajax Amsterdam Bersama John van 't Schip di Eredivisie

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya