Sepak Terjang NEC Nijmegen Tembus Final KNVB Cup 2023/2024

Tembus final KNVB Cup untuk keempat kalinya

NEC Nijmegen tampil mengesankan sepanjang 2023/2024. Tim asal Nijmegen tersebut sukses menembus papan atas Eredivisie dan mampu bersaing dengan klub tradisional papan atas, seperti Ajax Amsterdam dan FC Utrecht.

Tak hanya itu, NEC bahkan berhasil melaju ke partai final KNVB Cup untuk menantang tim raksasa Belanda, Feyenoord Rotterdam. Sayangnya, klub ini gagal meraih gelar juara KNVB Cup pertamanya usai menyerah dengan dengan skor tipis 0-1.

Melihat kesuksesan NEC Nijmegen, tentunya layak dilihat bagaimana sepak terjang tim asuhan Rogier Meijer ini sepanjang keikutsertaannya dalam turnamen KNVB Cup 2023/2024.

1. NEC Nijmegen mendapatkan perlawanan sulit dari Go Ahead Eagles

Sepak Terjang NEC Nijmegen Tembus Final KNVB Cup 2023/2024Pemain NEC Nijmegen saat merayakan gol. (instagram.com/necnijmegen)

Pada putaran pertama KNVB Cup, NEC menghadapi klub kasta kedua Liga Belanda, Roda JC. Meski tidak melawan tim unggulan, pertandingan yang digelar di Goffertstadion ini menyajikan hujan gol. Klub asal Nijmegen ini pun sukses menekuk lawannya dengan skor 5-3.

Setelah melenggang ke putaran kedua, NEC kembali menemui lawan mudah, GVVV Veenendaal yang merupakan tim divisi ketiga. Hasilnya pun sudah diprediksi, NEC berhasil mengalahkan lawannya dengan skor telak 6-1 meskipun bertanding di kandang lawan, Sportpark Panhuis.

Memasuki babak 16 besar, NEC harus menghadapi lawan sepadan dari Eredivisie, Go Ahead Eagles. Meski di atas kertas NEC lebih unggul, pertandingan ini berlangsung ketat. Hasilnya, tim binaan Rogier Meijer berhasil unggul 2-1 meski hampir diimbangi di babak akhir.

2. Hadapi tim-tim divisi kedua untuk menembus final KNVB Cup

Sepak Terjang NEC Nijmegen Tembus Final KNVB Cup 2023/2024Pemain NEC Nijmegen saat menyapa pendukungnya. (instagram.com/necnijmegen)

Memasuki babak perempat final, NEC harus menghadapi klub kasta kedua, ADO Den Haag. Sesuai prediksi, tim yang berkandang di Goffertstadion ini mampu menguasai jalannya pertandingan dengan ball possesion 56 persen. Hasilnya, NEC mampu mengalahkan ADO dengan skor telak 3-0.

Pada babak semifinal, NEC sangat beruntung karena hanya menghadapi klub Eerste Divisie, SC Cambuur. Tampil di Cambuur Stadion, NEC ditahan imbang oleh Cambuur hingga berakhirnya waktu normal. Klub ini akhirnya keluar sebagai pemenang berkat gol Kodai Sano pada menit ke-99 dan skor akhir menjadi 2-1.

Hasilnya, NEC Nijmegen berhasil melangkah ke final KNVB Cup untuk keempat kalinya dalam sejarah. Sayangnya, tim asuhan Rogier Meijer kembali gagal merebut gelar juara dan harus memperpanjang rekor sebagai finalis turnamen ini. Namun, ini menjadi prestasi terbaik NEC dalam lebih dari 2 dekade terakhir di ajang ini.

3. NEC Nijmegen memasuki musim terbaiknya pada 2023/2024

Sepak Terjang NEC Nijmegen Tembus Final KNVB Cup 2023/2024Pemain NEC Nijmegen saat merayakan gol. (instagram.com/necnijmegen)

NEC Nijmegen berada pada penampilan terbaiknya pada 2023/2024. Awalnya, klub ini hanya bertengger di papan tengah klasemen dan sempat tampil kurang meyakinkan. Pada pertengahan musim, NEC akhirnya sukses membuktikan kelasnya dan mampu bersaing di papan atas klasemen Eredivisie.

Pada pekan ke-30, NEC masih menghuni posisi keenam klasemen sementara kasta tertinggi Liga Belanda. Mereka masih berada di zona playoff Conference League melawan FC Utrecht, Go Ahead Eagles, atau Sparta Rotterdam. Tim ini masih punya kans untuk menggeser Ajax di atasnya dan berpeluang masuk ke Liga Europa musim depan.

Sepak terjang NEC Nijmegen sepanjang musim ini patut diacungi jempol. Meski tak berhasil merebut gelar apa pun, setidaknya NEC dibawah binaan Rogier Meijer berubah sangat signifikan. Mereka pun berpeluang kembali berlaga di turnamen antarklub Eropa usai absen selama 15 tahun lamanya.

Baca Juga: 3 Pemain Jepang Berseragam NEC Nijmegen pada 2023/2024

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya