3 Stadion Penyelenggara Final Kompetisi Antarklub Eropa 2023/2024

Salah satunya diselenggarakan di stadion baru

Kompetisi antarklub Eropa 2023/2024 menyisakan pertandingan terakhir atau laga final. Sebagai penutup, tiap tahunnya, final kompetisi antarklub Eropa selalu dihelat di stadion tertentu, yang ditunjuk sebelum digulirkannya kompetisi.

Selama ini, perhelatan final kompetisi antarklub Eropa digelar secara bergilir di sejumlah stadion bertaraf internasional di negara-negara anggota UEFA. Pada musim lalu, laga final Liga Champions Eropa dihelat di Stade de France, Paris, Prancis. Sedangkan, final Liga Europa digelar di Puskas Arena, Budapest, Hungaria dan Liga Konferensi Eropa di Fortuna Arena, Praha, Republik Ceko.

Pada musim ini, laga final kompetisi antarklub Eropa diselenggarakan di tiga stadion dan kota yang berbeda. Berikut ketiga stadion penyelenggara partai puncak kompetisi antarklub Eropa 2023/2024.

1. Agia Sophia Stadium, Athena, Yunani, jadi lokasi final Liga Konferensi Eropa

Agia Sophia Stadium merupakan kandang dari klub raksasa Yunani, AEK Athens. Stadion yang terletak di Nea Filadelfeia, pinggiran Athena, itu termasuk stadion baru yang selesai dibangun pada 2021. Stadion itu resmi menggantikan Nikos Goumas Stadium sebagai kandang dari Dikéfalos yang sudah dirobohkan sejak 2003.

Sementara itu, nama Agia Sophia diambil dari Gereja Ortodoks Hagia Sophia yang kini menjadi sebuah masjid di Istanbul, Turki. Stadion dengan nama lain OPAP Arena itu memiliki kapasitas 31.800 penonton. Ini membuatnya menjadi stadion terbesar ketiga di Yunani setelah Olympic Stadium dan Karaiskakis Stadium. 

Stadion ini akan menyelenggarakan final Liga Konferensi Eropa yang mempertemukan Olympiakos dan Fiorentina pada Rabu (29/5/2024). Laga ini akan menjadi kesempatan besar bagi Olympiakos untuk merebut gelar kompetisi antarklub Eropa pertamanya. Terlebih mereka tampil di negara sendiri.

Baca Juga: 7 Pemain Kunci yang Bawa Brest Lolos ke Liga Champions 2024/2025

2. Final Liga Europa diadakan kedua kalinya di Aviva Stadium, Dublin, Irlandia

3 Stadion Penyelenggara Final Kompetisi Antarklub Eropa 2023/2024Aviva Stadium di Dublin, Irlandia (commons.wikimedia.org/Arne Müseler)

Aviva Stadium dikenal luas sebagai kandang tim nasional sepak bola dan tim nasional rugbi Republik Irlandia. Stadion ini menjadi saksi sejarah panjang perkembangan olahraga di Irlandia sejak 1872. Awalnya, stadion tersebut hanyalah sebuah lapangan olahraga yang kemudian dibangun sebuah stadion bernama Lansdowne Road Stadium.

Pengelolaan stadion tersebut kemudian diserahkan kepada Irish Rugby Football Union (IRFU) sejak 1900-an untuk digunakan dalam perhelatan rugbi dan sepak bola. Pada 2007, Lansdowne Road Stadium dihancurkan dan dibangun kembali dengan nama Aviva Stadium. Stadion modern dan megah di Dublin itu memiliki kapasitas 51 ribu penonton. 

Stadion ini menjadi lokasi final Liga Europa 2023/2024 yang menyuguhkan duel sengit Atalanta dan Bayer Leverkusen yang akhirnya dimenangkan Atalanta (3-0). Ini menjadi final kedua Liga Europa di Aviva Stadium setelah 13 tahun lamanya. Pada 2010/2011, stadion ini jadi saksi bisu laga FC Porto vs SC Braga.

3. Partai puncak Liga Champions Eropa kembali dihelat di Wembley Stadium, London, Inggris

3 Stadion Penyelenggara Final Kompetisi Antarklub Eropa 2023/2024Wembley Stadium di London, Inggris (instagram.com/wembleystadium)

Wembley Stadium di London, Inggris, sudah menjadi lokasi berbagai pertandingan internasional. Stadion terbesar kedua di Eropa dengan kapasitas 90 ribu penonton tersebut dibuka pertama kali pada 1923. Salah satu daya tarik stadion legendaris ini adalah lengkungan besi di atapnya dengan panjang 133 meter. 

Stadion ini jadi saksi bisu berbagai pertandingan internasional, seperti final Piala Dunia 1966, Euro 1966, Olimpiade 1948, dan Piala Dunia Rugbi 2015. Pada 2021, stadion ini juga ditunjuk untuk menghelat final Euro 2020 yang mempertemukan Inggris dengan Italia. Di level klub, stadion ini sudah digunakan untuk menggelar final Piala FA dan turnamen domestik lainnya.

Pada musim ini, stadion utama di Inggris ini kembali ditunjuk untuk jadi lokasi final Liga Champions Eropa antara Borussia Dortmund dan Real Madrid. Ini akan menjadi kedelapan kalinya Wembley Stadium menghelat laga final Liga Champions. Stadion ini terakhir kali digunakan dalam partai puncak Liga Champions pada 2012/2013 yang mempertemukan Borussia Dortmund dengan Bayern Muenchen. 

Ketiga stadion di atas dipilih untuk menyelenggarakan final kompetisi antarklub Eropa berkat reputasinya yang baik. Selain itu, stadion tersebut memiliki fasilitas yang memadai. Terlebih dalam menghelat pertandingan sangat penting.

Baca Juga: Berkat Atalanta, Italia Bisa Kirim 6 Tim di Liga Champions

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya