6 Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, Megah!

Dua di antaranya pernah jadi venue Piala Afrika 1984 

Africa Cup of Nations (AFCON) 2023 akan digelar mulai Minggu (14/1/2024) di Pantai Gading. Menariknya, turnamen ini akan berlangsung di Pantai Gading untuk kedua kalinya setelah digelar di negara yang sama 40 tahun silam. 

Seluruh pertandingan Piala Afrika 2023 akan digelar di lima kota utama, yang terdiri dari Abidjan, San-Pedro, Yamoussoukro, Korhogo, dan Bouaké. Selain itu, tedapat enam stadion yang ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan turnamen terbesar di Afrika ini. 

Berikut keenam stadion penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading.

1. Charles Konan Banny Stadium muat 20.000 penonton

6 Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, Megah!tampak Stade Charles-Konan-Banny dari ketinggian (commons.wikimedia.org/HONORE BOSSON)

Charles Konan Banny Stadium merupakan stadion besar yang terletak di pusat kota Yamoussoukro. Stadion berkapasitas 20 ribu penonton ini termasuk stadion baru yang dibangun pada 2019—2021. Pada Juni 2023 lalu, stadion ini sudah difungsikan sebagai lokasi pertandingan Kualifikasi Piala Afrika antara Pantai Gading dan Zambia. Stadion ini akan digunakan penuh untuk menyelenggarakan penyisihan Grup C.

2. Laurent Pokou Stadium sama-sama muat 20.000 penonton

6 Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, Megah!tampak Laurent Pokou Stadium dari ketinggian (commons.wikimedia.org/HONORE BOSSON)

Laurent Pokou Stadium menjadi salah satu stadion megah dan cantik yang jadi penyelenggara AFCON 2023 yang berlokasi di San-Pedro. Stadion dengan daya tampung 20 ribu penonton ini tergolong baru dan baru saja diresmikan pada September 2023. Pembangunan stadion ini terpantau cukup lama, berlangsung pada 2018—2023 karena sempat terhenti akibat pandemik COVID-19. Arena ini akan menjadi tempat utama penyisihan Grup F.

3. Amadou Gon Coulibaly Stadium juga muat 20.000 penonton

6 Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, Megah!tampak Stadium of Korhogo dari atas (cafonline.com)

Amadou Gon Coulibaly Stadium menjadi stadion paling utara di Pantai Gading yang berlokasi di pinggiran Kota Korhogo. Stadion megah ini termasuk baru. Ia diresmikan pada November 2023. Nama stadion ini diambil dari mantan Perdana Menteri Pantai Gading Amadou Gon Coulibaly yang tewas ketika bertugas. Stadion ini ditunjuk untuk menjadi venue utama penyisihan Grup E.

Baca Juga: 7 Pemain Olympique Marseille yang Bermain di Piala Afrika 2023

4. Peace Stadium bisa menampung 40.000 penonton setelah renovasi

6 Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, Megah!tampak depan Stade de la Paix de Bouaké (commons.wikimedia.org/Coulibaly Check Abdoul-Rahim)

Peace Stadium atau Stade de la Paixe terletak di kota kedua terbesar di Pantai Gading, Bouake. Stadion ini pertama kali dibangun pada 1983 untuk menyambut turnamen Piala Afrika 1984. Pada 2019, stadion ini direnovasi dan kapasitasnya diperbesar hingga dapat menampung 40 ribu penonton. Nama damai disematkan dalam stadion ini karena menjadi lokasi upacara flamme de la paix yang menandai berakhirnya krisis di Pantai Gading. Arena ini akan menjadi tempat utama penyisihan Grup D.

5. Felix Houphouet Boigny Stadium di Abijdan bisa menampung 33.000 penonton

6 Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, Megah!tampak dalam Stade Félix Houphouët Boigny (instagram.com/caf_online)

Felix Houphouet Boigny Stadium merupakan salah satu stadion megah di ibu kota Abijdan. Stadion ini merupakan warisan sejarah yang dibangun sejak masa kolonial Prancis di Pantai Gading pada 1930-an. Stadion ini pula yang jadi salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Afrika 1984. Pada 2021, arena ini sudah dipugar dan diperbesar untuk dapat menampung 33 ribu pentonon. Lapangan ini akan menjadi venue utama penyisihan Grup B, 16 besar, perempat final, dan perebutan tempat ketiga.

6. Alassane Ouattara Stadium berkapasitas hingga 60.000 penonton

6 Stadion Penyelenggara Piala Afrika 2023 di Pantai Gading, Megah!tampak dalam Stade Olympique Alassane Ouattara (instagram.com/caf_online)

Alassane Ouattara Stadium atau Olympic Stadium of Ebimpe merupakan stadion terbesar di Pantai Gading. Stadion dengan kapasitas 60 ribu penonton ini akan menjadi lokasi upacara pembukaan dan final Piala Afrika 2023. Stadion megah ini dibangun pada 2016 sebagai stadion nasional untuk menggantikan Felix Houphouet Boigny Stadium. Nama stadion ini diambil dari Presiden Alassane Ouattara yang sudah memimpin negara Afrika Barat itu selama 13 tahun sejak Desember 2010.

Melihat kemegahan stadion di atas, sepertinya Pantai Gading bersungguh-sungguh soal penyelenggaraan turnamen ini. Bahkan, empat stadion di atas baru dibangun setelah negara Afrika Barat itu terpilih sebagai tuan rumah Piala Afrika 2023. Pastinya layak dinanti seperti apa kemeriahan dan keseruan Piala Afrika yang akan dimulai akhir pekan ini.

Baca Juga: 5 Pemain LaLiga yang Dipanggil Timnas Maroko ke Piala Afrika 2023

Brahm Photo Verified Writer Brahm

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya