Comscore Tracker

5 Bek Sayap dengan Kemampuan Menekel Terbaik Saat Ini

Didominasi bek sayap Liga Inggris

Pada era sepak bola modern, seorang bek sayap tidak cukup hanya pandai dalam bertahan. Ia juga harus pandai dalam menyerang, melakukan umpan silang, membangun serangan, hingga melakukan clearance ketika diserang lawan.

Kemampuan yang seimbang antara bertahan dan menyerang tentu akan menjadi poin plus bagi seorang bek sayap. Hal itu juga bisa menjadi keuntungan bagi tim yang memilikinya. Apalagi jika bek sayap itu pandai melakukan sliding tackle (menekel) guna menghalau serangan lawan.

Beberapa bek sayap terkenal memiliki kemampuan menekel yang sangat baik. Berikut lima di antaranya:

1. Luke Ayling (Leeds United)

5 Bek Sayap dengan Kemampuan Menekel Terbaik Saat IniLuke Ayling saat berlaga bersama Leeds United. (leeds-live.co.uk

Luke Ayling menjadi bek sayap veteran yang masih membuktikan bahwa usia bukanlah kendala untuk terus tampil maksimal. Pemain Leeds United ini mempunyai kemampuan menekel di atas rata-rata. Sebagai buktinya, musim lalu ia mencatatkan 108 tekel dan memenangkan 308 duel di lini bertahan.

Ayling dikenal sebagi bek sayap yang sangat kokoh ketika bertahan sehingga susah untuk ditembus lawan. Itu menjadikannya sebagai pemain belakang dengan tekel terbanyak dalam satu musim di Liga Inggris 2020/2021.

2. Davide Calabria (AC Milan)

5 Bek Sayap dengan Kemampuan Menekel Terbaik Saat IniDavide Calabria saat menjalani laga uji coba bersama AC Milan. (acmilan.com)

Davide Calabria menjadi satu-satunya bek sayap dari luar Liga Inggris yang masuk ke dalam daftar ini. Pemuda yang berasal dari akademi AC Milan ini memiliki prospek cerah dalam beberapa tahun ke depan.

Pada Serie A musim lalu, Calabria mencatatkan 101 tekel dan memenangkan 252 duel di lini belakang Rossoneri. Ia dikenal sebagai bek sayap Italia modern yang memiliki kemampuan overlapping, crossing, dan bertahan yang baik. Tak heran ia menjadi tumpuan Milan pada sektor belakang. 

Baca Juga: 5 Bek Sayap Kanan Terbaik Saat Ini, Achraf Hakimi hingga Kyle Walker

3. Aaron Wan-Bissaka (Manchester United)

5 Bek Sayap dengan Kemampuan Menekel Terbaik Saat Inipotret Aaron Wan-Bissaka (skysports.com)

Musim lalu, pemuda asal Inggris yang baru berusia 23 tahun ini menjadi pilar penting di lini belakang bersama Harry Maguire, Victor Lindelof, dan Luke Shaw. Ia menorehkan 88 tekel dan memenangkan 225 duel di lini belakang The Red Devils.

Aaron Wan-Bissaka dikenal sebagai salah satu bek sayap yang memiliki kemampuan tekel mumpuni. Selain itu, ia mempunyai kecepatan, kemampuan bertahan, dan menyerang yang sama baiknya, sehingga membuat pemain dengan nomor punggung 29 ini menjadi salah satu bek sayap komplet di Liga Inggris.

4. Vladimir Coufal (Westham United)

5 Bek Sayap dengan Kemampuan Menekel Terbaik Saat IniVladimir Coufal saat berlaga melawan Manchester City. (premierleague.com

Vladimir Coufal bisa dibilang menjadi salah satu pembelian berhasil West Ham selain Thomas Soucek. Pemain asal Republik Ceko ini mampu tampil impresif dengan membawa The Hammers bertengger di peringkat enam klasemen akhir Liga Inggris musim lalu.

Coufal dikenal sebagai seorang bek sayap kanan yang memiliki kemampuan crossing dan tekel yang brilian. Musim lalu, ia mencatatkan 73 tekel  dan memenangkan duel di area bertahan sebanyak 208 kali.

5. James Justin (Leicester City)

5 Bek Sayap dengan Kemampuan Menekel Terbaik Saat IniJames Justin saat berlaga bersama Leicester City.(lcfc.com)

James Justin merupakan bek muda potensial dari Leicester United yang tengah dalam pemulihan cedera. Ia merupakan pemain yang bisa bermain di segala posisi. Posisi aslinya adalah seorang bek sayap.

Justin dikenal sebagai bek yang memiliki kemampuan bertahan yang baik. Ia membuktikannya dengan rata-rata memenangi 64 persen duel dengan lawan per pertandingan. Justin juga sempat melakukan total 61 tekel di Liga Inggris musim lalu.

Nah, itulah lima bek sayap dengan kemampuan menekel terbaik di dunia saat ini. Pada era modern, seorang bek sayap tidak hanya dituntut memiliki kemampuan bertahan. Kemampuan menyerang, menekel, dan membaca situasi sudah menjadi keahlian yang harus dimiliki. Adakah bek sayap idola kalian?

Baca Juga: 5 Bek yang Kerap Dipandang Sebelah Mata dalam Sejarah Premier League

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya