River Plate Juara, Inilah 7 Klub yang Ikut Piala Dunia Antar Klub 2018

Ada 2 wakil Asia yang ikut bertanding di turnamen ini

River Plate baru-baru ini berhasil menjuarai Piala Libertadores musim 2018. Dengan demikian, lengkap sudah 7 klub dari berbagai benua yang akan tampil di Piala Dunia Antar Klub. Turnamen ini akan digelar di Uni Emirat Arab pada tanggal 12 Desember 2018 hingga 22 Desember 2018.

Diantara seluruh klub yang tampil, ada 2 wakil Asia yang akan tampil di turnamen ini. Siapa saja klub tersebut? Berikut penjelasannya.

1. Guadalajara (Liga Champions Amerika Utara 2018)

River Plate Juara, Inilah 7 Klub yang Ikut Piala Dunia Antar Klub 2018fifa.com

Klub pertama yang berhasil lolos ke Piala Dunia Antarklub 2018 adalah klub Meksiko, Guadalajara, yang berhasil menjuarai Liga Champions Amerika Utara musim 2018 pada tanggal 25 April 2018. Pada babak final, Guadalajara berhasil mengalahkan klub asal Kanada yang bermain di Liga Amerika Serikat, Toronto FC, yang berakhir dengan adu penalti, 4-2.

Sebelumnya, kedua tim ini berakhir dengan skor imbang agregat 3-3. Dengan demikian, Guadalajara untuk pertama kalinya tampil di turnamen Piala Dunia Antarklub yang akan digelar di Uni Emirat Arab.

2. Al Ain (Juara Liga Uni Emirat Arab 2017/2018)

River Plate Juara, Inilah 7 Klub yang Ikut Piala Dunia Antar Klub 2018the-afc.com

Uni Emirat Arab sebagai tuan rumah mendapatkan 1 tiket yang berhak tampil di Piala Dunia Antarklub. Al Ain adalah klub yang berhasil menjuarai Liga Uni Emirat Arab musim 2017/2018 sekaligus berhak tampil di turnamen ini sebagai tuan rumah.

Di klasemen akhir, Al Ain unggul 7 poin dari pesaing terdekatnya, Al Wahda, yang hanya memperoleh 46 poin dan juaranya Al Ain ini dilalui proses yang sangat baik dengan meraih 5 kemenangan di pertandingan liga terakhir. Sama seperti Guadalajara, Al Ain juga akan tampil debut di Piala Dunia Antarklub dan pertandingan pertamanya akan menghadapi pemenang Liga Champions Oseania 2018, Team Wellington, pada tanggal 12 Desember 2018.

3. Team Wellington (Juara Liga Champions Oseania 2018)

River Plate Juara, Inilah 7 Klub yang Ikut Piala Dunia Antar Klub 2018footballoceania.com

Perwakilan Oseania datang dari klub Selandia Baru, Team Wellington yang berhasil mengalahkan klub asal Fiji, Lautoka, dengan skor agregat 10-3, dimana leg pertama Team Wellington menang 6-0 di markas sendiri dan menang tipis 4-3 di markas Lautoka. Dengan demikian, Team Wellington berhak tampil di turnamen Piala Dunia Antarklub yang sebelumnya selalu diikuti oleh rivalnya, Auckland City.

Klub ini juga akan tampil debut di Piala Dunia Antarklub dan mengawali pertandingannya dengan menghadapi juara Liga Uni Emirat Arab 2018, Al Ain, pada tanggal 12 Desember 2018.

Baca Juga: Selamat! Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub 2017

4. Real Madrid (Juara Liga Champions Eropa 2017/2018)

River Plate Juara, Inilah 7 Klub yang Ikut Piala Dunia Antar Klub 2018nytimes.com

Juara Liga Champions Eropa 2017/2018, Real Madrid, kembali akan tampil di Piala Dunia Antarklub untuk ketiga kalinya secara beruntun. Tampaknya, Real Madrid akan mengejar gelar ke-4 di turnamen ini meski kini dalam skuad yang berbeda dengan musim lalu.

Di babak final Liga Champions Eropa, Real Madrid sukses mengalahkan Liverpool dengan skor telak 3-1. Real Madrid akan menghadapi pemenang antara pertandingan Guadalajara (Meksiko) vs Kashima Antlers (Jepang) pada tanggal 19 Desember 2018 mendatang.

5. Esperance de Tunis (Juara Liga Champions Afrika 2018)

River Plate Juara, Inilah 7 Klub yang Ikut Piala Dunia Antar Klub 2018soccer256.com

Wakil Afrika yang juga juara Liga Champions Afrika musim 2018, Esperance de Tunis di babak final berhasil mengalahkan klub Mesir, Al Ahly dengan dramatis setelah di leg pertama kalah 3-1 dan di leg kedua berhasil membalikkan keadaan dengan skor 3-0 sehingga agregat menjadi 4-3 untuk keunggulan Esperance de Tunis. Dengan hasil ini, klub Tunisia ini berhak tampil di Piala Dunia Antarklub untuk kedua kalinya dimana sebelumnya pernah tampil pada musim 2011 lalu.

Esperance de Tunis mengawali turnamen ini dengan menghadapi pemenang dari Al Alin (Uni Emirat Arab) vs Team Wellington (Selandia Baru) pada tanggal 15 Desember 2018.

6. Kashima Antlers (Juara Liga Champions Asia 2018)

River Plate Juara, Inilah 7 Klub yang Ikut Piala Dunia Antar Klub 2018thenational.ae

Juara Liga Champios Asia musim 2018, Kashima Antlers, berhak tampil di Piala Dunia Antarklub untuk kedua kalinya setelah berhasil mengalahkan klub Iran, Persepolis dengan skor agregat 2-0. Di turnamen Piala Dunia Antarklub edisi 2016 lalu, Kashima Antlers sukses mencapai final dengan menghadapi Real Madrid meski kalah lewat adu penalti saat itu.

Pada pertandingan pertama di turnamen ini, Kashima Antlers akan menghadapi juara Liga Champions Amerika Utara musim 2018, Guadalajara, pada tanggal 15 Desember 2018.

7. River Plate (Juara Piala Libertadores 2018)

River Plate Juara, Inilah 7 Klub yang Ikut Piala Dunia Antar Klub 2018depor.com

Klub terakhir yang berhasil lolos ke Piala Dunia Antarklub 2018 adalah River Plate, dimana pada babak final Piala Libertadores berhasil mengalahkan rival abadinya, Boca Juniors, dengan skor agregat 5-3. Dengan kemenangan ini, River Plate berhak tampil di Piala Dunia Antarklub untuk kedua kalinya dimana sebelumnya tampil di edisi 2015 dengan lolos ke babak final meski harus puas sebagai runner up.

River Plate akan mengawali turnamen ini dengan menghadapi pemenang antara Esperance de Tunis (Tunisia) vs (pemenang antara Al Ain (Uni Emirat Arab) vs Team Wellington (Selandia Baru)) pada tanggal 18 Desember 2018.

Itulah daftar peserta Piala Dunia Antar Klub 2018. Siapa nih jagoanmu?

Baca Juga: Real Madrid Juara Piala Dunia Antarklub, Rekor Baru & Pemain Terbaik

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya