Comscore Tracker

Tampil Produktif dalam Hal Mencetak Gol, Haaland Puji Solskjaer

Keduanya diketahui sama-sama berasal dari Norwegia

Tampil sebagai salah satu pemain paling produktif dalam mencetak gol, Erling Haaland memuji kinerja pelatih Manchester United, Ole Gunnar Solskjaer, karena telah membantunya sebagai pemain mesin pencetak gol. Baik Haaland maupun Solskjaer diketahui sama-sama berasal dari Norwegia. Bagaimana awal ceritanya?

1. Keduanya pernah berada dalam satu tim yang sama saat masih berada di Norwegia

Tampil Produktif dalam Hal Mencetak Gol, Haaland Puji Solskjaermetro.co.uk

Dilansir dari goal.com, baik Haaland maupun Solskjaer pernah berada dalam sebuah tim yang sama saat keduanya masih berada di Norwegia. Hal itu terjadi saat berada di salah satu klub raksasa Norwegia, Molde. Ketika itu, Haaland telah memulai debut profesionalnya sebagai pesepak bola pada usia 16 tahun di tahun 2017 lalu.

Solskjaer telah memberi Haaland banyak hal dalam karier dengan menjadi lebih tenang saat bertanding, di mana bola tersebut datang di situ memiliki kesempatan untuk mencetak gol.  Pemain berusia 19 tahun ini merasa layak memberikan pujian kepada Solskjaer atas kontribusi kariernya selama ini.

2. Musim 2019/2020 menjadi musim di mana Haaland mulai dikenal publik

Tampil Produktif dalam Hal Mencetak Gol, Haaland Puji Solskjaertwitter.com/ErlingHaaland

Keberhasilan Haaland saat dilatih Solskjaer mulai terlihat ketika berhasil mencetak 4 gol dalam 1 pertandingan saat menghadapi Brann pada bulan Juli 2018 lalu. Saat itu, Haaland mengakui bahwa dirinya merupakan seorang striker yang frustrasi di depan gawang lawan. Ia berhasil melakukannya hanya dalam waktu 21 menit saja merupakan titik balik bagi kariernya.

Musim 2019/2020 menjadi musim terbaik bagi Haaland sekaligus namanya mulai dikenal publik sebagian besar penggemar sepak bola di dunia. Ketika itu, nama Haaland dikenal saat berhasil mengalahkan wakil Belgia, KRC Genk, saat masih membela Red Bull Salzburg di pertandingan pertama UEFA Champions League fase grup musim 2019/2020. Saat itu, Haaland berhasil mencetak hattrick saat mengalahkan KRC Genk dengan skor akhir 6-2.

Sayangnya, produktivitas Haaland bersama Red Bull Salzburg ketika itu gagal mengantarkan klub yang dibelanya lolos ke babak 16 besar UEFA Champions League dan terlempar ke ajang UEFA Europa League di musim yang sama.

Baca Juga: Inginkan Haaland, Real Madrid Ajukan Tukar Tambah dengan Luka Jovic

3. Haaland diincar oleh beberapa klub besar Eropa

Tampil Produktif dalam Hal Mencetak Gol, Haaland Puji Solskjaertwitter.com/ErlingHaaland

Tampil sangat baik bersama Red Bull Salzburg, Haaland mulai dilirik oleh beberapa klub besar Eropa dan pada akhirnya jatuh ke tangan Borussia Dortmund di bursa transfer musim dingin lalu. Tak lama setelah bergabung bersama Borussia Dortmund, Haaland kembali menjadi incaran klub-klub besar Eropa, termasuk salah satunya adalah Manchester United. Apalagi dengan kehadiran Solskjaer sebagai pelatih di klub tersebut membuka peluang besar Haaland untuk bisa menuju Inggris di bursa transfer musim panas ini.

Seperti yang diketahui, nilai market value Haaland saat ini sudah mencapai 80 juta euro atau setara dengan Rp1,4 triliun. Tipikal permainan Haaland sendiri dinilai begitu cocok di Manchester United, di mana klub tersebut membutuhkan sosok penyerang dengan haus gol di setiap pertandingan.

4. Bersama timnas Norwegia, Haaland sempat mengejutkan dunia

Tampil Produktif dalam Hal Mencetak Gol, Haaland Puji Solskjaertwitter.com/CheGiaevara

Pada pertengahan tahun 2019 lalu, Haaland sempat mengejutkan dunia bersama timnas Norwegia U-20 di ajang Piala Dunia U-20 yang digelar di Polandia saat itu. Saat itu, Norwegia U-20 berhasil melibas perlawanan Honduras U-20 dengan skor yang sangat telak 12 gol, di mana Haaland berhasil mencetak 9 gol dalam 1 pertandingan. Torehan gol tersebut membuat Haaland keluar sebagai top skorer di ajang Piala Dunia U-20 walaupun torehan gol tersebut hanya dilakukan di 1 pertandingan.

Sama saat membela Red Bull Salzburg, penampilan produktif Haaland tersebut gagal mengantarkan Norwegia lolos ke babak selanjutnya di Piala Dunia U-20. Selain bersama timnas junior Norwegia, Haaland dipercaya masuk ke timnas senior Norwegia dan hanya tampil sebanyak 2 pertandingan dengan 0 gol di seluruh pertandingan resmi. Dengan demikian, bersama timnas Norwegia di semua umur Haaland sukses mencetak 21 gol dari 25 pertandingan di seluruh pertandingan resmi.

5. Jumlah gol yang dicetak Haaland selama kariernya

Tampil Produktif dalam Hal Mencetak Gol, Haaland Puji Solskjaertwitter.com/goal

Haaland memulai kariernya pada tahun 2016 lalu dengan bermain untuk klub Norwegia, Byrne. Selain bersama Bryne, Haaland membela klub-klub seperti Molde (Norwegia), Red Bull Salzburg (Austria), dan kini Borussia Dortmund (Jerman). Jumlah gol yang ditorehkan Haaland hingga saat ini di level klub mencapai 61 gol dari 104 kali penampilannya di seluruh kompetisi resmi.

Akankah Haaland kembali satu tim dengan Solskjaer suatu saat nanti?

Baca Juga: Manchester United Kembali Mengincar Pemain Dortmund, Erling Haaland

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya