Comscore Tracker

5 Pelatih Italia yang Saat Ini Sedang Melatih Klub di Luar Italia

Ada dua pelatih yang berada di satu kompetisi sama

Sebagian besar pelatih asal Italia memilih untuk melatih klub-klub domestik di Italia ketimbang melatih klub-klub luar negeri. Namun, beberapa dari mereka justru tertarik untuk mencari tantangan di negara-negara lain demi mengetahui seberapa kualitas kompetisi domestik tersebut.

Kelima pelatih ini sekarang sedang melatih klub-klub luar Italia. Berikut 5 nama pelatih yang dimaksud. Siapa saja?

1. Roberto De Zerbi (Shakhtar Donetsk) 

5 Pelatih Italia yang Saat Ini Sedang Melatih Klub di Luar ItaliaPelatih Shakhtar Donetsk, Roberto De Zerbi. (Twitter.com/FCShakhtar_eng)

Mantan pelatih Sassuolo ini sedang menangani salah satu klub besar asal Ukraina, Shakhtar Donetsk. Ia baru bergabung sejak akhir Mei 2021 lalu dan telah dikontrak hingga Juni 2023 ini.

Sebelumnya, ia telah melatih Sassuolo selama 3 musim sebelum memutuskan untuk pindah ke Ukraina. Ini merupakan petualangan pertama bagi Roberto De Zerbi untuk menangani klub luar Italia sepanjang karier kepelatihannya.

2. Carlo Ancelotti (Real Madrid) 

5 Pelatih Italia yang Saat Ini Sedang Melatih Klub di Luar ItaliaPelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti. (Twitter.com/MrAncelotti)

Salah satu pelatih ternama asal Italia ini sudah malang melintang melatih beberapa klub luar Italia. Sempat kembali ke Italia pada musim 2018/2019 lalu, Carlo Ancelotti kembali ke klub Spanyol, Real Madrid, sejak awal musim 2021/2022 lalu.

Beberapa klub luar Italia yang pernah ditangani sebelum Real Madrid di antaranya Chelsea (Inggris), Paris Saint-Germain (Prancis), Bayern Munchen (Jerman), dan Everton (Inggris). Saat ini, Real Madrid berada di posisi ke-2 klasemen sementara La Liga 2021/2022 tepat di bawah Real Sociedad, yang kini memuncaki klasemen.

Baca Juga: 5 Pelatih Italia yang Pernah Dapatkan Gelar EPL Manager of the Month

3. Vincenzo Montella (Adana Demirspor) 

5 Pelatih Italia yang Saat Ini Sedang Melatih Klub di Luar ItaliaPelatih Adana Demirspor, Vincenzo Montella (kiri). (Instagram.com/coachmontellaofficial)

Vincenzo Montella saat ini sedang melatih salah satu klub asal Turki, Adana Demirspor, yang tak lain merupakan klub promosi Super Lig Turki musim ini sejak awal September 2021 lalu. Ini bukanlah pertama kalinya Vincenzo Montella melatih klub luar asal Italia, sebelumnya ia pernah menangani klub asal Spanyol, Sevilla.

Saat ini, bersama klub tersebut ia berhasil meraih rekor 5 kali menang, 2 kali seri, dan 3 kali kalah dari 10 pertandingan yang dilakoninya. Untuk sementara, klub Adana Demirspor sedang berada di urutan ke-10 klasemen Super Lig Turki musim 2021/2022 dan masih berpeluang untuk bisa naik ke peringkat 5 besar ke depannya.

4. Claudio Ranieri (Watford) 

5 Pelatih Italia yang Saat Ini Sedang Melatih Klub di Luar ItaliaPelatih Watford, Claudio Ranieri. (Twitter.com/WatfordFC)

Pelatih yang satu ini sering melatih berbagai klub-klub luar asal Italia, layaknya seperti yang dilakukan oleh Carlo Ancelotti. Saat ini, Claudio Ranieri kembali ke Inggris dengan melatih klub Watford sejak awal Oktober 2021 lalu.

Kembalinya ke kompetisi domestik di Inggris membuat persaingan sesama klub di ajang Premier League musim ini semakin ketat. Apalagi, Claudio Ranieri sempat mengejutkan sepak bola seluruh dunia setelah membawa klub yang dilatihnya saat itu, Leicester City, berhasil menjuarai Premier League musim 2015/2016 lalu. Padahal saat itu, Leicester City diprediksi sebagai salah satu klub yang terdegradasi oleh banyak pihak.

5. Antonio Conte (Tottenham Hotspur)  

5 Pelatih Italia yang Saat Ini Sedang Melatih Klub di Luar ItaliaAntonio Conte (skysports.com)

Nama Antonio Conte menjadi salah satu pelatih asal Italia yang memilih berkarier di luar Italia saat ini. Belum lama ini, ia telah ditunjuk sebagai pelatih Tottenham Hotspur yang baru sejak awal November 2021 lalu.

Dengan demikian, Antonio Conte akan bertemu dengan sesama pelatih asal Italia lainnya di Premier League, Claudio Ranieri, yang melatih Watford. Ini bukanlah yang pertama kalinya Antonio Conte menukangi klub luar Italia.

Di musim 2016/2017 lalu, ia pernah melatih klub Inggris lainnya, Chelsea, hingga bulan Juli 2018 lalu. Sebelum melatih Tottenham Hotspur, Antonio Conte sempat melatih klub Italia, Inter Milan selama 2 musim.

 

Itulah 5 nama pelatih asal Italia yang sedang melatih klub-klub luar Italia. Siapakah dari mereka yang berhasil menjuarai gelar pada musim ini?

Baca Juga: Tak Cuma Jago Kandang, 6 Pelatih Italia yang Pernah Juara di Liga Lain

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya