Saul Bawa Atletico Madrid Menang 1-0 atas Liverpool di Leg Pertama

Ini adalah kekalahan pertama Liverpool di tahun ini

Babak 16 besar UEFA Champions League telah dimulai, di mana pertandingan antara wakil Spanyol, Atletico Madrid, secara mengejutkan mengalahkan wakil Inggris, Liverpool, dengan skor akhir 1-0. Kemenangan Atletico Madrid ini membuat Liverpool mengalami kekalahan pertama pada tahun ini. Bagaimana jalannya pertandingan?

1. Keunggulan Atletico Madrid terjadi beberapa menit setelah kick off babak pertama

Saul Bawa Atletico Madrid Menang 1-0 atas Liverpool di Leg Pertamaatleticodemadrid.com

Dilansir dari goal.com, Atletico Madrid tampil bermain baik di babak pertama. Kedua tim sama-sama memainkan para pemain terbaiknya sejak awal pertandingan berlangsung. Pemain Atletico Madrid, Saul, berhasil membawa Atletico Madrid unggul terlebih dahulu pada menit ke-4 sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Atletico Madrid.

Sejak gol tersebut, Atletico Madrid menerapkan pola bertahan untuk mempertahankan keunggulan tersebut. Cara yang dilakukan anak asuhan Diego Simeone berhasil sehingga skor tak berubah untuk keunggulan Atletico Madrid atas Liverpool 1-0 di babak pertama.

2. Liverpool kian mendominasi penguasaan bola sepanjang pertandingan

Saul Bawa Atletico Madrid Menang 1-0 atas Liverpool di Leg Pertamatwitter.com/LFC

Di babak kedua, Liverpool, yang bertindak sebagai tamu, tak mau tinggal diam dan berusaha untuk menyamakan kedudukan. Tak hanya itu, Liverpool justru mendominasi penguasaan bola sepanjang pertandingan dan kerap melakukan berbagai peluang emas yang dilakukan anak asuhan Jurgen Klopp. Pada menit ke-53, Mohamed Salah nyaris saja menyamakan kedudukan usai umpan dari Joe Gomez diteruskan oleh pemain asal Mesir ini dan gagal mengkonversi menjadi gol.

Tak sampai di situ, Liverpool juga membuat peluang emas melalui pemain pengganti, Divock Origi, pada menit ke-73 di area kotak penalti dan bola masih melebar sehingga skor masih 1-0 untuk keunggulan Atletico Madrid. Pada akhirnya, Liverpool harus mengakui keunggulan Atletico Madrid 1-0 di leg pertama dan peluang Liverpool untuk lolos ke babak perempat final masih terbuka lebar.

Baca Juga: Pemain Kunci Derbi Real Madrid vs Atletico Madrid dari Masa ke Masa

3. Atletico Madrid menjadi klub ke-3 yang berhasil mengalahkan Liverpool

Saul Bawa Atletico Madrid Menang 1-0 atas Liverpool di Leg Pertamaatleticodemadrid.com

Dominasi Liverpool pada musim ini memang kian sulit terbendung. Akan tetapi, Atletico Madrid justru yang keluar sebagai pemenang di leg pertama kali ini sekaligus menjadikannya sebagai klub ketiga yang mengalahkan Liverpool di seluruh kompetisi resmi. Sebelumnya, ada klub Italia, Napoli, serta Aston Villa yang berhasil melakukannya di kompetisi yang berbeda.

Tak hanya itu saja, Liverpool kerap kali kesulitan mengalahkan wakil Spanyol di kandang mereka. Dari 6 pertandingan terakhir yang dijalani Liverpool saat bertandang ke klub Spanyol semuanya berakhir tanpa kemenangan. Liverpool terakhir kali menang di markas klub Spanyol saat pertandingan menghadapi Barcelona yang digelar di Camp Nou pada musim 2006/2007 lalu.

Ketika itu, Liverpool berhasil mengalahkan Barcelona di depan para pendukung Barceloa dengan skor tipis 2-1 pada leg pertama babak 16 besar UEFA Champions League 2006/2007. 

4. Skor imbang di leg kedua bisa membawa Atletico Madrid lolos ke perempat final

Saul Bawa Atletico Madrid Menang 1-0 atas Liverpool di Leg Pertamaatleticodemadrid.com

Kemenangan tipis Atletico Madrid ini membuat klub Spanyol tersebut hanya membutuhkan hasil imbang saja saat bertandang ke markas Liverpool, Anfield, pada leg kedua yang diselenggarakan tanggal 11 Maret 2020 ini. Tak hanya itu saja, Atletico Madrid juga memiliki keunggulan karena tidak mengalami kebobolan saat bertandang di markas sendiri. Meski Liverpool pada musim ini belum alami kekalahan di kandang sendiri, Atletico Madrid berusaha keras untuk bisa mencuri kemenangan pada leg kedua.

5. Pertandingan selanjutnya yang dihadapi kedua tim

Saul Bawa Atletico Madrid Menang 1-0 atas Liverpool di Leg Pertamaatleticodemadrid.com

Usai kemenangan ini, Atletico Madrid dijadwalkan menghadapi Villareal dalam lanjutan La Liga 2019/2020 pada tanggal 23 Februari 2020, sedangkan Liverpool sendiri melanjutkan pertandingan Premier League 2019/2020 dengan bertemu West Ham United pada tanggal 24 Februari 2020. Pertandingan leg kedua kedua tim ini diprediksi berlangsung sengit.

Akankah Liverpool mampu membalikkan keadaan di leg kedua sekaligus lolos ke babak perempat final?

Baca Juga: Atletico Madrid Bertahan seperti Monster!

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya