Pengusaha Supermarket Bakal Jadi Wasit Laga Swedia Vs Inggris

#WorldCup2018 Coba tebak, siapa nama wasitnya?

Wasit asal Belanda, Bjorn Kuipers, dipercaya sebagai wasit yang memimpin pertandingan antara Swedia vs Inggris yang akan berlangsung pada malam ini (7/7/2018), pukul 21.00 WIB. Ternyata, wasit ini memiliki pekerjaan lainnya selain sebagai wasit sepak bola. Berikut profil lengkap mengenai Bjorn Kuipers.

1. Kuipers merupakan pengusaha supermarket di Belanda

Pengusaha Supermarket Bakal Jadi Wasit Laga Swedia Vs Inggristwitter.com/FIFAcom

Dilansir dari Goal.com, sebelum menjadi wasit profesional, Kuipers mengambil sekolah tinggi di Radboud University Nijmegen dengan mengambil jurusan administrasi bisnis. Setelah lulus, Kuipers justru menjadi seorang pengusaha dengan memiliki sejumlah supermarket, serta beberapa hair studio yang berada di kota kelahirannya, Oldenzaal, Belanda.

2. Memulai karier sebagai wasit sejak 2002

Pengusaha Supermarket Bakal Jadi Wasit Laga Swedia Vs Inggristwitter.com/mohammedali_93

Dilansir dari Soccerway.com, Kuipers mengawali karier sebagai wasit profesional sejak tahun 2002 lalu dengan memimpin beberapa pertandingan kasta kedua Liga Belanda. Kariernya semakin bagus, Kuipersi dipercaya memimpin pertandingan di kasta tertinggi Liga Belanda sejak tahun 2005, serta beberapa pertandingan di Piala Belanda.

Sejak 2006, Kuipers akhirnya mendapatkan lisensi FIFA dan di tahun 2009 juga berhasil mendapatkan lisensi UEFA Elite. Maka demikian, Kuipers berhak memimpin beberapa pertandingan internasional di bawah organisasi UEFA dan FIFA.

3. Ini adalah Piala Dunia ke-2 yang diikuti Kuipers

Pengusaha Supermarket Bakal Jadi Wasit Laga Swedia Vs Inggristwitter.com/MirrorFootball

Dilansir dari Worldreferee.com, Piala Dunia 2018 merupakan Piala Dunia ke-2 yang diikuti oleh Kuipers selama sebagai wasit dengan lisensi FIFA. Sebelumnya, Kuipers pernah ditunjuk memimpin beberapa pertandingan di ajang Piala Dunia 2014.

Selain Piala Dunia, Kuipers dipercaya memimpin pertandingan di turnamen-turnamen besar, seperti Piala Eropa 2006 U-17, Piala Eropa U-21 2009, Piala Eropa 2012, Piala Konfederasi 2013, Piala Eropa 2016, dan Piala Dunia U-20 2017.

Di level klub, Kuipers dipercaya memimpin berbagai pertandingan di Liga Champions Eropa, Liga Eropa, Piala Intertoto, dan Piala Dunia Antarklub.

Christ Bastian Waruwu Photo Verified Writer Christ Bastian Waruwu

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya