3 Eks Akademi AS Monaco yang Mentas di Liga Spanyol pada 2023/2024

Hannibal Mejbri merumput bersama Sevilla

AS Monaco bukan yang teratas di klasemen Ligue 1 Prancis 2023/2024. Lebih tepatnya, klub asuhan Adi Hutter ini bercokol di peringkat ketiga klasemen Ligue 1 Prancis per 3 April 2024. Hasil itu diperoleh dari 14 kemenangan, 7 imbang, dan 6 kekalahan.

Meski bukan yang teratas di Ligue 1 Prancis, AS Monaco memiliki akademi yang terbilang bagus dalam membina para bakat muda. Kendati demikian, tidak semua pemain akademi melanjutkan karier di tim senior AS Monaco. Beberapa memilih untuk berlabuh ke liga lain, salah satunya Liga Spanyol.

Pada 2023/2024, ada sedikitnya tiga pemain eks akademi AS Monaco yang berkarier di Liga Spanyol. Siapa saja?

1. Robert Navarro bermain sebagai pinjaman di Cadiz CF

3 Eks Akademi AS Monaco yang Mentas di Liga Spanyol pada 2023/2024Robert Navarro (cadizcf.com)

Robert Navarro adalah pemain asal Barcelona, Spanyol, yang kini berusia 21 tahun. Dia biasa beroperasi di lini tengah permainan tim lantaran berposisi utama sebagai gelandang serang. Tak hanya gelandang serang, Navarro juga sanggup menjalankan tugas sebagai sayap kiri dan sayap kanan.

Navarro sempat menimba ilmu di akademi AS Monaco selama semusim (2018--2019). Setelah itu, pemain yang juga dididik di akademi Barcelona ini melanjutkan kariernya di Liga Spanyol. Saat ini, Navarro tengah memperkuat Cadiz CF yang berkompetisi di LaLiga Spanyol.

Navarro bukan pemain permanen di Cadiz CF. Ia hanya berstatus pemain pinjaman dari Real Sociedad. Pemain dengan tinggi badan 178 sentimeter ini akan menjalani peminjaman di Cadiz CF hingga musim panas 2024.

Navarro sendiri sudah beberapa kali dipasang sebagai starter di Cadiz CF. Secara statistik, Navarro sudah berkontribusi 1 gol dan 1 assist bersama Cadiz CF per 3 April 2024. Kontribusi itu dicatatkannya dengan bermain dalam 22 pertandingan bersama Cadiz CF. Jumlah kontribusi Navarro masih bisa bertambah lantaran masa peminjamannya tersisa hingga Juni 2024.

Baca Juga: 5 Kandidat Peraih Top Skor LaLiga Spanyol 2023/2024 per Maret 2024

2. Alvaro Fernandez menjadi kiper andalan SD Huesca

3 Eks Akademi AS Monaco yang Mentas di Liga Spanyol pada 2023/2024Alvaro Fernandez (sdhuesca.es)

Berikutnya, ada pemain kelahiran Arnedo, Spanyol, bernama Alvaro Fernandez. Pemain berusia 25 tahun ini biasa tampil sebagai kiper. Fernandez sempat ditempa di akademi AS Monaco selama 2 musim (2017--2019) sebelum akhirnya berlabuh ke Liga Spanyol.

Saat ini, Fernandez tengah menjalani kiprahnya di LaLiga2 Spanyol bersama SD Huesca. Dia baru kembali ke SD Huesca pada musim panas 2023 setelah dipinjamkan kepada Espanyol. Sejak kembali dari peminjaman, Fernandez rutin menjalani laga sebagai starter di SD Huesca.

Pada 2023/2024, Fernandez sudah turun dalam 33 pertandingan bersama SD Huesca per 3 April 2024. Dia mencatatkan 23 kebobolan dan 16 clean sheet. Dengan kesempatan turun sebagai starter yang kerap ia dapatkan, bukan tidak mungkin Fernandez bisa menambah koleksi clean sheet-nya bersama SD Huesca hingga akhir musim 2023/2024.

3. Hannibal Mejbri mengarungi LaLiga bersama Sevilla

3 Eks Akademi AS Monaco yang Mentas di Liga Spanyol pada 2023/2024Hannibal Mejbri (sevillafc.es)

Hannibal Mejbri adalah pemain asal Tunisia/Prancis yang kini berusia 21 tahun. Dia bisa dibilang pemain serbabisa. Bagaimana tidak, Mejbri yang dibekali postur 183 sentimeter mampu menjalankan peran sebagai gelandang serang, gelandang tengah, dan sayap kanan.

Hannibal Mejbri sendiri menjalani kiprahnya di akademi AS Monaco selama semusim, yakni pada musim panas 2018 hingga musim panas 2019.  Setelah itu, dia melanjutkan kariernya di Liga Inggris bersama Manchester United. Sayang, Mejbri agaknya belum menemukan tempat aman di skuad utama Setan Merah.

Saat ini, Mejbri tengah dipinjamkan Manchester United kepada Sevilla. Peminjaman tersebut sekaligus menjadi pengalaman pertama Mejbri bermain di Liga Spanyol. Ia akan menjalani peminjaman bersama Sevilla mulai musim dingin 2024 hingga musim panas 2024.

Tiga nama di atas adalah para eks akademi AS Monaco yang kini berkarier di Liga Spanyol. Dari ketiga pemain itu, hanya Alvaro Fernandez yang bermain di LaLiga2. Dua nama lainnya, Hannibal Mejbri dan Robert Navarro, tengah merumput di LaLiga yang notabene kasta teratas sepak bola Spanyol.

Baca Juga: 4 Pemain Afrika Terakhir yang Pernah Membela Sevilla, Mejbri Terbaru

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya