3 Eks Akademi Chelsea yang Mentas di Jerman pada 2023/2024

Jamal Musiala jadi andalan Bayern Munich

Chelsea dikenal sebagai klub Inggris dengan skuad bertabur bintang. Selain itu, klub dengan julukan The Blues ini juga memiliki akademi berkualitas yang telah mengorbitkan banyak pemain beken. Kendati demikian, tidak semua eks akademi Chelsea melanjutkan karier di Liga Inggris.

Ada beberapa eks akademi The Blues yang memilih untuk berkarier di luar Liga Inggris, salah satunya di Liga Jerman. Pada 2023/2024, ada sedikitnya tiga eks akademi Chelsea yang mentas di Jerman. Salah satunya Jamal Musiala yang moncer bersama Bayern Munich.

1. Ian Maatsen tampil apik sebagai pinjaman di Borussia Dortmund

3 Eks Akademi Chelsea yang Mentas di Jerman pada 2023/2024Ian Maatsen (bvb.de)

Ian Maatsen adalah pemain berusia 22 tahun kelahiran Vlaardingen, Belanda. Pemain dengan tinggi badan 178 sentimeter yang memiliki garis keturunan Indonesia ini bisa memainkan tiga posisi berbeda. Ketiga posisi tersebut adalah bek kiri, sayap kiri, dan gelandang kiri.

Maatsen sendiri merupakan jebolan akademi Chelsea yang promosi ke tim senior pada musim panas 2023. Sebelum dipromosikan, dia sempat dipinjamkan kepada beberapa klub berbeda. Sebut saja Charlton Athletic, Coventry City, hingga Burnley. Maatsen agaknya kesulitan menembus skuad utama The Blues.

Saat ini, Maatsen juga tengah menjalani peminjaman di klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund. Masa peminjamannya akan berlangsung hingga musim panas 2024. Maatsen tampil cukup apik selama jadi pinjaman di Borussia Dortmund. Dia rutin dipercaya turun sebagai starter.

Secara statistik, Maatsen sudah menorehkan 1 gol dan 2 assist bersama Borussia Dortmund per 28 Maret 2024. Jumlah tersebut dibuatnya dalam 12 pertandingan bersama klub. Jika mampu konsisten tampil apik, maka bukan tidak mungkin Maatsen akan menembus skuad utama Chelsea setelah habis masa peminjaman.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 22 Borussia Dortmund sebelum Ian Maatsen

2. Jamal Musiala menjadi andalan Bayern Munich pada usia relatif muda

3 Eks Akademi Chelsea yang Mentas di Jerman pada 2023/2024Jamal Musiala (bundesliga.com)

Berikutnya, ada pemain berpaspor Jerman yang kini berusia 21 tahun. Namanya adalah Jamal Musiala. Pemain setinggi 184 sentimeter ini sempat ditempa di akademi Chelsea sebelum akhirnya dilepas ke akademi Bayern Munich pada musim panas 2019.

Seiring berjalannya waktu, Musiala berhasil menunjukkan kualitasnya. Pada usia yang relatif muda, pemain berposisi gelandang serang ini memiliki nilai pasar yang fantastis. Musiala yang kini bermain untuk tim senior Bayern Munich menyandang nilai pasar 1,89 triliun rupiah per 28 Maret 2024. 

Di Bayern Munich, Musiala termasuk salah satu pemain kunci. Pemain dengan 27 caps  dan 2 gol bersama Timnas Jerman ini telah mengemas 43 gol dan 30 assist dalam 156 pertandingan di berbagai ajang bersama Bayern Munich. Jumlah gol dan assist Musiala masih bisa bertambah seiring kontraknya bersama Bayern Munich tersisa hingga 2026.

3. Bright Arrey-Mbi berkarier di kasta kedua Liga Jerman bersama Hannover 96

3 Eks Akademi Chelsea yang Mentas di Jerman pada 2023/2024Bright Arrey-Mbi (hannover96.de)

Bright Arrey-Mbi memiliki awal karier yang mirip dengan Jamal Musiala. Pemain berusia 21 tahun ini dididik di akademi Chelsea dan dilepas ke akademi Bayern Munich pada musim panas 2019. Arrey-Mbi sendiri merupakan pemain yang berposisi utama sebagai bek tengah.

Sayang, karier Arrey-Mbi di Bayern Munich tidak semulus Jamal Musiala. Arrey-Mbi kesulitan bersaing di tim senior Bayern Munich dan lebih sering dipinjamkan kepada klub lain. Pada musim panas 2023, pemain dengan tinggi badan 187 sentimeter ini dilepas secara bebas transfer kepada Hannover 96.

Pada 2023/2024, Arrey-Mbi sudah bermain dalam 42 pertandingan di berbagai ajang bersama Hannover 96. Sayang, belum ada sebiji gol maupun assist yang mampu ia sumbangkan per 28 Maret 2024. Arrey-Mbi masih berpeluang untuk pecah telur lantaran memiliki kontrak dengan Hannover 96 hingga musim panas 2025.

Dari 3 eks akademi Chelsea yang telah dibahas di atas, 2 di antaranya sukses berkarier di Bundesliga Jerman. Sementara itu, Bright Arrey-Mbi kini merumput di kasta kedua Liga Jerman bersama Hannover 96. Jamal Musiala bisa dibilang yang paling sukses lantaran telah jadi andalan Bayern Munich pada usia yang relatif muda.

Baca Juga: Investasi Jangka Panjang Bayern Munich pada Jamal Musiala

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya