3 Eks Akademi RC Lens yang Bermain di Liga Italia pada 2023/2024

Wylan Cyprien memperkuat klub Serie B Italia

RC Lens adalah klub yang berkompetisi di Ligue 1, kasta teratas sepak bola Prancis. Seperti klub-klub lain, RC Lens juga memiliki akademi yang bertujuan untuk mengasah para talenta muda. Sudah banyak pemain jebolan akademi RC Lens yang melanglang buana dan merumput di berbagai liga berbeda.

Salah satu liga sepak bola yang jadi destinasi para eks akademi RC Lens adalah Liga Italia. Pada 2023/2024, ada sedikitnya tiga pemain eks akademi RC Lens yang merumput di Liga Italia. Ada 1 yang bermain untuk klub Serie A, dan 2 yang bermain untuk klub Serie B. Penasaran siapa saja mereka? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Ange Caumenan N'Guessan bermain untuk Ternana di Serie B Italia

3 Eks Akademi RC Lens yang Bermain di Liga Italia pada 2023/2024Ange Caumenan N'Guessan (ternanacalcio.com)

Ange Caumenan N'Guessan adalah pemain kelahiran Paris, Prancis, yang kini berusia 20 tahun. Dia biasa beroperasi di lini belakang seiring berposisi utama sebagai bek tengah. Postur N'Guessan yang mencapai 187 sentimeter bisa dibilang cukup ideal untuk mengisi posisi tersebut.

N'Guessan sendiri pernah menimba ilmu di akademi RC Lens dan menunjukkan kinerjanya di berbagai kategori umur. Tak sampai promosi ke tim senior, pemain yang berpaspor Prancis/Pantai Gading ini dilepas ke Torino U19 pada musim dingin 2022. Dinilai sudah cukup matang, N'Guessan dipromosikan ke tim senior Torino pada musim panas 2023.

Sayang, N'Guessan agaknya kesulitan bersaing di tim senior Torino. Alhasil, dirinya harus dipinjamkan kepada Ternana pada musim dingin 2024. Dengan dipinjamkan, N'Guessan diharapkan bisa mendapat menit bermain yang cukup untuk mendukung perkembangannya sebagai seorang pemain muda.

2. Wylan Cyprien mengisi lini tengah Parma

3 Eks Akademi RC Lens yang Bermain di Liga Italia pada 2023/2024Wylan Cyprien (instagram.com/wylancyprien)

Selanjutnya, ada pemain berusia 29 tahun bernama Wylan Cyprien. Pemain dengan tinggi badan 180 sentimeter ini kerap mengisi area tengah permainan tim. Cyprien sanggup menjalankan tugas sebagai gelandang tengah, gelandang serang, dan gelandang bertahan sesuai kebutuhan tim.

Cyprien sempat dididik di akademi RC Lens dan promosi ke tim senior pada 11 Maret 2013. Sepak terjangnya di Liga Italia dimulai pada 5 Oktober 2020. Saat itu, Cyprien dipinjamkan kepada klub Serie B Italia bernama Parma. Setelah masa peminjamannya habis, pemain berpaspor Prancis/Guadeloupe ini dipermanenkan oleh Parma.

Parma rela membayar biaya transfer sebesar 131 miliar rupiah untuk mendatangkan Cyprien. Saat ini, dia masih terikat kontrak dengan Parma hingga musim panas 2025. Pada 2023/2024, Cyprien sudah memainkan 13 pertandingan di berbagai ajang bersama klub dan mengukir 2 gol per 6 April 2024.

3. Enzo Ebosse belum banyak bermain untuk Udinese lantaran cedera

3 Eks Akademi RC Lens yang Bermain di Liga Italia pada 2023/2024Enzo Ebosse (instagram.com/enzo_ebosse)

Enzo Ebosse adalah pemain berusia 25 tahun yang memiliki paspor Prancis/Kamerun. Memiliki postur 185 sentimeter, dia berposisi utama sebagai bek tengah. Kendati demikian, Ebosse juga sanggup mengemban peran sebagai bek kiri dan gelandang kiri bila dibutuhkan.

Ebosse sempat ditempa di akademi RC Lens hingga musim panas 2019. Saat itu, dia dilepas ke sesama klub Prancis bernama Le Mans FC secara bebas transfer oleh RC Lens. Tak bertahan lama di Le Mans FC, Ebosse dijual oleh Le Mans FC kepada klub Prancis lainnya, Angers SCO, pada musim panas 2020.

Sepak terjang Ebosse di Liga Italia dimulai pada musim panas 2022. Saat itu, Angers SCO menjualnya kepada Udinese Calcio yang mentas di Serie A Italia. Untuk mendapatkan tanda tangan Ebosse, Udinese rela merogoh kocek sebesar 68 miliar rupiah. Sang pemain kemudian diamankan dengan kontrak hingga musim panas 2027.

Sayang, Ebosse kini sedang absen lantaran cedera cruciate ligament. Pada 2023/2024, dia baru menjalani satu pertandingan dan belum berkontribusi gol ataupun assist bersama Udinese per 6 April 2024. Ebosse diperkirakan baru kembali merumput bersama Udinese pada 14 April 2024.

Dari tiga eks akademi RC Lens yang sudah dibahas di atas, hanya Enzo Ebosse yang merumput di Serie A Italia. Kedua pemain lainnya hanya bermain di Serie B yang notabene kasta kedua sepak bola Italia. Ebosse sendiri bermain untuk Udinese. Sayang, Ebosse belum banyak tampil lantaran sedang bermasalah dengan cedera.

Baca Juga: Kiprah 6 Pemain yang Dipinjamkan RC Lens pada 2023/2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya