3 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Premier League 2023/2024

Giovanni Reyna bermain untuk Nottingham Forest

Borussia Dortmund termasuk klub tangguh yang berkompetisi di Bundesliga Jerman. Pasukan Edin Terzic ini kerap menghuni papan atas klasemen.

Tak hanya menunjukkan ketangguhan di level senior, Borussia Dortmund juga memiliki akademi berkualitas. Akademi tersebut sudah menghasilkan banyak pemain hebat.

Dengan kualitas yang dimiliki, tak heran para jebolan akademi Borussia Dortmund masuk radar klub-klub lain, bahkan di luar Liga Jerman. Salah satu liga yang dihuni beberapa jebolan Borussia Dortmund adalah English Premier League.

Pada 2023/2024, ada total tiga jebolan akademi Borussia Dortmund di Premier League. Siapa saja mereka?

1. Jordan Amissah menjadi kiper pelapis di Sheffield United

3 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Premier League 2023/2024Jordan Amissah (sufc.co.uk)

Jordan Amissah adalah pemain berusia 22 tahun berpaspor Ghana/Jerman. Dia biasa tampil sebagai kiper. Postur Amissah yang mencapai 198 sentimeter bisa dibilang ideal untuk mengisi posisi tersebut. Amissah sendiri merupakan lulusan akademi Borussia Dortmund. Sayang, Amissah belum berkesempatan promosi ke tim senior Borussia Dortmund.

Pada musim panas 2018, Amissah dilepas ke akademi Sheffield United oleh Borussia Dortmund. Sheffield United menjadi jalan masuk Amissah ke Liga Inggris. Saat ini, dia tengah berkiprah bersama tim senior Sheffield United di EPL 2023/2024.

Sayang, Amissah hanya berstatus kiper pelapis di Sheffield United. Dia masih kesulitan bersaing dengan Ivo Grbic yang lebih sering diplot sebagai kiper utama Sheffield United. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan Amissah bisa naik menjadi kiper utama Sheffield United ke depannya. Dengan usia yang relatif muda, dia memiliki potensi yang bisa dimaksimalkan.

Baca Juga: 5 Lawatan Terakhir Bayer Leverkusen ke Markas Borussia Dortmund

2. Giovanni Reyna menambah pengalaman bersama Nottingham Forest

3 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Premier League 2023/2024Giovanni Reyna (nottinghamforest.co.uk)

Berikutnya, ada pemain berusia 21 tahun bernama Giovanni Reyna. Pemain asal Amerika Serikat/Portugal ini bisa dibilang pemain serbabisa. Bagaimana tidak, Reyna sanggup menjalankan tugas sebagai gelandang serang, sayap kiri, maupun sayap kanan sesuai kebutuhan taktik tim.

Reyna sendiri sempat ditempa di akademi Borussia Dortmund. Berhasil menunjukkan kualitas, pemain setinggi 185 sentimeter ini dipromosikan ke tim senior Borussia Dortmund pada musim dingin 2020. Setelah bermain selama 4 musim (2020--2024) di tim senior Borussia Dortmund, Reyna dipinjamkan kepada Nottingham Forest pada musim dingin 2024.

Dengan dipinjamkan, Reyna diharapkan mampu menambah jam terbang. Peminjaman ke Nottingham Forest juga menjadi kesempatan emas bagi Reyna untuk mencicipi atmosfer EPL. Reyna bakal menjalani masa peminjaman di Nottingham Forest hingga musim panas 2024.

Sejauh ini, pemain dengan 26 caps dan 8 gol bersama Timnas Amerika Serikat ini baru mengemas 1 assist dari 10 pertandingan yang telah dimainkannya bersama Nottingham Forest per 6 Mei 2024. Salah satu penyebab minimnya kontribusi Reyna adalah dia lebih sering turun dari bangku cadangan. Kendati demikian, bukan tidak mungkin Reyna dapat menambah koleksi gol dan assist-nya lantaran sisa peminjamannya di Nottingham Forest tersisa hingga 30 Juni 2024.

3. Jacob Bruun Larsen bermain sebagai pinjaman di Burnley

3 Jebolan Akademi Borussia Dortmund di Premier League 2023/2024Jacob Bruun Larsen (instagram.com/jacobbruunlarsen)

Jacob Bruun Larsen adalah pemain berusia 25 tahun yang berasal dari Denmark. Pemain berpostur 183 sentimeter ini biasa beroperasi di lini depan permainan tim. Pasalnya, Larsen berposisi utama sebagai sayap kiri. Selain sayap kiri, Larsen juga bisa dimainkan sebagai sayap kanan ataupun gelandang serang.

Larsen sempat dididik di akademi Borussia Dortmund. Dia kemudian dipromosikan ke tim senior Borussia Dortmund pada musim panas 2017. Sepak terjang Larsen di Liga Inggris dimulai pada musim panas 2023. Saat itu, dia dipinjamkan oleh TSG Hoffenheim kepada Burnley.

Burnley menjadi klub Inggris pertama yang diperkuat Larsen sepanjang kariernya di lapangan hijau. Dia akan menjalani peminjaman di Burnley hingga musim panas 2024. Sejauh ini, Larsen yang memiliki 6 caps dan 1 gol bersama Timnas Denmark sudah mencatatkan 6 gol dari 34 pertandingan di berbagai ajang bersama Burnley per 6 Mei 2024.

Tiga nama di atas adalah para jebolan akademi Borussia Dortmund yang merumput di English Premier League 2023/2024. Dua di antaranya hanya berstatus pinjaman dari klub masing-masing. Mereka adalah Giovanni Reyna dan Jacob Bruun Larsen. Reyna sendiri masih menjadi bagian dari Borussia Dortmund meski kini dipinjamkan kepada Nottingham Forest.

Baca Juga: Lika-Liku Perjalanan Karier Marco Reus di Borussia Dortmund

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya