3 Jebolan Akademi Liverpool di Jupiler Pro League 2023/2024

Sheyi Ojo salah satunya

Liverpool adalah salah satu klub Inggris yang dikenal dengan kualitas akademi yang ciamik. Sayang, tidak semua pemain akademi sukses berkarier di tim senior The Reds lantaran persaingan yang sangat ketat. Beberapa bahkan telah dilepas kepada klub lain sebelum sempat promosi ke tim senior Liverpool.

Salah satu liga yang jadi tujuan beberapa pemain jebolan akademi Liverpool adalah Liga Portugal. Pada 2023/2024, ada total tiga jebolan akademi Liverpool di Jupiler Pro League. Salah satunya adalah Sheyi Ojo yang bermain sebagai pinjaman di KV Kortrijk.

1. Isaac Christie-Davies lebih sering dimainkan dari bangku cadangan di KAS Eupen

3 Jebolan Akademi Liverpool di Jupiler Pro League 2023/2024Isaac Christie-Davis (instagram.com/isaacchristiedavis)

Isaac Christie-Davis adalah pemain berusia 26 tahun yang biasa beroperasi di lini tengah. Pemain asal Wales/Inggris ini bisa bermain sebagai gelandang serang, gelandang tengah, dan gelandang kiri. Christie-Davis sendiri sempat ditempa di akademi Liverpool hingga musim panas 2020.

Sayang, Christie-Davis gagal melanjutkan kariernya di tim senior Liverpool. Dia hanya melakoni satu pertandingan bersama tim senior The Reds. Saat ini, Christie-Davis bermain di Jupiler Pro League untuk KAS Eupen. Pemain setinggi 188 sentimeter ini memiliki sisa kontrak dengan KAS Eupen hingga musim panas 2024.

KAS Eupen bukan klub Belgia pertama yang pernah dibela oleh Christie-Davis. Sebelumnya, dia bermain untuk Cercle Brugge. Ia baru pindah pada 2022. Sejauh ini, Christie-Davis sudah menjalani total 41 pertandingan bersama KAS Eupen per 12 Maret 2024. Sumbangsihnya berupa tiga assist.

Christie-Davis agaknya masih kesulitan menembus skuad utama KAS Eupen. Buktinya, dia lebih sering dimainkan dari bangku cadangan. Peran yang hanya sebatas pelapis bisa jadi salah satu penyebab Christie-Davis belum banyak berkontribusi bagi KAS Eupen dalam hal gol dan assist.

Baca Juga: 4 Eks Chelsea di Liverpool vs Man City pada Pekan 28 EPL 2023/2024

2. Victor Palsson menjadi sosok veteran di KAS Eupen

3 Jebolan Akademi Liverpool di Jupiler Pro League 2023/2024Victor Palsson (as-eupen.be)

Victor Palsson bermain di klub yang sama dengan Isaac Christie-Davis, yakni KAS Eupen. Pemain berusia 32 tahun asal Islandia ini baru bergabung ke KAS Eupen pada musim panas 2023. Palsson diboyong KAS Eupen dari DC United dan diamankan dengan kontrak hingga 2026 mendatang.

Palsson sendiri sempat menimba ilmu di akademi Liverpool hingga musim dingin 2011. Dia berposisi utama sebagai bek tengah. Kendati demikian, Palsson juga mampu menjalankan tugas di lini tengah sebagai gelandang bertahan maupun gelandang tengah.

Kedatangan Palsson untuk menambah opsi bagi pelatih dalam meracik skema taktik tim, terutama di lini tengah dan lini belakang. Meski sudah veteran, pengalaman panjang yang dimiliki Palsson dapat berguna bagi KAS Eupen. Pemain setinggi 186 sentimeter ini sudah turun dalam 30 pertandingan dengan sumbangsih 2 gol bersama KAS Eupen per 12 Maret 2024.

3. Sheyi Ojo bermain sebagai pinjaman di KV Kortrijk

3 Jebolan Akademi Liverpool di Jupiler Pro League 2023/2024Sheyi Ojo (cardiffcityfc.co.uk)

Terakhir, ada pemain kelahiran Hemel Hempstead, Inggris, bernama Sheyi Ojo. Pemain berusia 26 tahun ini biasa beroperasi di lini depan. Ojo mampu mengemban tugas sebagai sayap kiri dan sayap kanan untuk mengakomodasi strategi tim.

Ojo sempat dididik di akademi Liverpool dan promosi ke tim senior The Reds pada musim panas 2015. Sayang, dia lebih sering dipinjamkan ketimbang dimainkan reguler di tim senior Liverpool. Saat ini, Ojo tengah bermain di KV Kortrijk sebagai pinjaman dari Cardiff City.

Ojo akan menjalani masa peminjamannya di KV Kortrijk hingga musim panas 2024. Sejauh ini, dia sudah melakoni total 27 pertandingan bersama tim. Ojo sudah mengukir total 1 gol dan 1 assist bersama KV Kortrijk per 12 Maret 2024.

Tiga nama di atas adalah para jebolan akademi Liverpool yang mentas di Jupiler Pro League pada 2023/2024. Victor Palsson jadi yang paling tua dengan usia yang telah menjejak 32 tahun. Kendati demikian, dia masih dipercaya untuk mengisi lini pertahanan KAS Eupen.

Baca Juga: 5 Pemain Liverpool 2004/2005 yang Melatih Klub pada 2023/2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya