3 Jebolan Akademi Manchester United di Bundesliga 2023/2024

Matej Kovar salah satunya

Manchester United adalah klub besar di Inggris. Klub dengan julukan Setan Merah ini sudah lama malang melintang di English Premier League, kasta teratas sepak bola Inggris. Bagaimana tidak, Manchester United memiliki skuad yang berisi barisan pemain berkualitas.

Tak hanya memiliki skuad mumpuni, Manchester United juga memiliki akademi yang berkualitas. Akademi tersebut telah menghasilkan banyak pemain hebat.

Kendati demikian, tidak semua jebolan akademi Manchester United mampu sukses berkarier di tim senior Setan Merah. Beberapa harus melanjutkan karier di luar Liga Inggris, salah satunya Bundesliga Jerman.

Pada 2023/2024, ada tiga jebolan akademi Manchester United di Bundesliga 2023/2024. Siapa saja?

1. Timothy Fosu-Mensah belum mencetak gol maupun assist di Bayer Leverkusen

3 Jebolan Akademi Manchester United di Bundesliga 2023/2024Timothy Fosu-Mensah (instagram.com/tfosumensah)

Timothy Fosu-Mensah adalah pemain berusia 26 tahun yang berasal dari Amsterdam, Belanda. Dia berposisi utama sebagai bek kanan. Kendati demikian, Fosu-Mensah juga sanggup mengemban peran sebagai bek tengah maupun gelandang bertahan bila dibutuhkan.

Fosu-Mensah sempat menimba ilmu di akademi Manchester United sebelum promosi ke tim senior Setan Merah pada musim dingin 2016. Sayang, pemain setinggi 185 sentimeter ini tidak banyak bermain di tim senior Manchester United. Fosu-Mensah lebih sering dipinjamkan oleh Setan Merah kepada klub lain.

Secara total, Fosu-Mensah telah bermain dalam 30 pertandingan dan menorehkan 1 gol bagi tim senior Manchester United. Pada musim dingin 2021, dia memutuskan untuk membuka lembaran baru dengan bergabung ke Bayer Leverkusen. Hal itu menjadi tantangan baru bagi Fosu-Mensah lantaran dia belum pernah membela klub Jerman sebelumnya.

Demi mendapatkan tanda tangan Fosu-Mensah, Bayer Leverkusen rela merogoh kocek sebesar 29 miliar rupiah. Saat ini, dia masih memiliki sisa kontrak dengan Bayer Leverkusen hingga musim panas 2024. Secara statistik, Fosu-Mensah telah turun dalam 30 pertandingan bersama Bayer Leverkusen per 24 Maret 2024. Sayang, belum ada sebiji gol maupun assist yang mampu ia torehkan.

Baca Juga: 3 Manajer dengan Penampilan Terbanyak Bersama 1 Klub Bundesliga

2. Isak Hansen-Aaroen bergabung ke Werder Bremen pada Februari 2024

3 Jebolan Akademi Manchester United di Bundesliga 2023/2024Isak Hansen-Aaroen (werder.de)

Berikutnya, ada pemain asal Norwegia bernama Isak Hansen-Aaroen. Pemain berusia 19 tahun ini bisa memainkan tiga posisi berbeda untuk mengakomodasi skema taktik tim. Ketiga posisi tersebut adalah gelandang serang, penyerang, dan gelandang tengah.

Hansen-Aaroen sendiri sempat dididik di akademi Manchester United. Sayang, dia tidak sempat promosi ke tim senior Setan Merah. Hansen-Aaroen terakhir bermain untuk Manchester United U-21 sebelum dijual kepada Werder Bremen pada 1 Februari 2024.

Bergabung ke Werder Bremen bakal jadi batu loncatan untuk karier sepak bola Hansen-Aaroen. Pasalnya, dia berkesempatan mencicipi atmosfer Bundesliga Jerman yang sebelumnya belum pernah ia rasakan. Selain itu, Hansen-Aaroen juga bisa mematangkan kemampuannya lantaran bermain untuk tim senior Werder Bremen. Dia kini dipagari dengan kontrak hingga musim panas 2027 oleh Werder Bremen. Sayang, Hansen-Aaroen belum tampil dalam satu pertandingan pun bersama Werder Bremen per 24 Maret 2024.

3. Matej Kovar menjadi kiper pelapis di Bayer Leverkusen

3 Jebolan Akademi Manchester United di Bundesliga 2023/2024Matej Kovar (twitter.com/bayer04_en)

Matej Kovar adalah pemain asal Republik Ceko yang kini berusia 23 tahun. Pemain dengan tinggi badan 196 sentimeter ini biasa tampil sebagai kiper. Kovar sendiri sempat ditempa di akademi Manchester United hingga dipromosikan ke tim senior pada musim panas 2022.

Sayang, Kovar agaknya kesulitan menembus skuad utama Manchester United. Bahkan, dia belum memainkan satu pertandingan pun bersama tim senior Setan Merah. Demi mendapat menit bermain yang cukup, Kovar sempat dipinjamkan Manchester United kepada Sparta Prague selama semusim.

Setelah masa peminjaman Kovar di Sparta Prague berakhir, Kovar dijual oleh Manchester United kepada Bayer Leverkusen. Biaya transfer yang dikeluarkan Bayer Leverkusen mencapai 85 miliar rupiah. Sejauh ini, Kovar sudah bermain dalam 11 pertandingan dan mencatatkan 11 kali kebobolan dan 4 kali clean sheet per 24 Maret 2024.

Dari tiga nama di atas, belum ada yang mampu menjadi pemain pilar di klub masing-masing. Isak Hansen-Aaroen bahkan belum memainkan satu pertandingan pun bersama Werder Bremen. Kendati demikian, dia memiliki potensi untuk berkembang pada masa depan dengan usia yang masih 19 tahun.

Baca Juga: 4 Pemain Manchester United 2008 yang Melatih Klub pada 2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya