5 Jebolan Akademi Porto yang Pernah Bermain di LaLiga

Ada Joao Felix!

FC Porto adalah salah satu klub papan atas yang bermain di Liga Portugal. Mereka sukses membuktikan kekuatannya dengan menduduki peringkat pertama klasemen Liga Portugal musim 2021/2022.

Di balik kesuksesan itu, Porto juga memiliki akademi yang berkualitas dalam menempa bakat-bakat muda. Beberapa lulusan akademi mereka telah melanglang buana dan menjajal berbagai liga top Eropa, salah satunya LaLiga Spanyol.

1. Andre Gomes

5 Jebolan Akademi Porto yang Pernah Bermain di LaLigaAndre Gomes (twitter.com/aftgomes)

Andre Gomes pernah ditempa di akademi Porto pada 1 Juli 2006 hingga 1 Juli 2008. Belum sempat promosi ke tim senior, Gomes malah berpindah ke akademi Boavista dan Benfica. Karier senior Gomes pun dimulai di Benfica.

Perjalanannya di LaLiga terjadi saat Gomes membela Valencia dan Barcelona. Pemain berposisi gelandang tengah yang kini berkostum Everton ini sudah membukukan 9 gol dan 7 assist dalam 109 pertandingan di LaLiga.

2. Joao Felix

5 Jebolan Akademi Porto yang Pernah Bermain di LaLigaJoao Felix (twitter.com/atletienglish)

Joao Felix menimba ilmu di akademi Porto sejak 1 Juli 2012 hingga 1 Juli 2014. Setali tiga uang dengan Andre Gomes, Felix sudah pindah ke klub lain sebelum sempat promosi ke tim senior Porto. 

Di usia yang masih 22 tahun, Felix menjadi pemain termahal dalam daftar ini dengan banderol 70 juta euro atau sekitar Rp1 triliun. Penyerang asal Portugal ini berkiprah di LaLiga bersama Atletico Madrid, klub yang ia bela hingga kini.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor 7 Atletico Madrid Sebelum Joao Felix

3. Helder Postiga

https://www.youtube.com/embed/lW-6UG3006w

Helder Postiga adalah pemain asal Portugal berposisi penyerang yang kini sudah gantung sepatu. Ia pernah menimba ilmu di akademi Porto pada 1 Juli 1995 dan dipromosikan ke tim senior pada 1 Juli 2001.

Sepak terjang Postiga di LaLiga terjadi bersama Valencia. Pemain dengan 71 caps dan 27 gol bersama Timnas Portugal ini mengoleksi 26 gol dan 5 assist dalam 98 pertandingan di LaLiga.

4. Ricardo Carvalho

5 Jebolan Akademi Porto yang Pernah Bermain di LaLigaRicardo Carvalho (skysports.com)

Ricardo Carvalho adalah pemain berusia 44 tahun yang bermain di pos bek tengah. Ia sudah gantung sepatu sejak 1 Januari 2018 lalu. Akademi Porto sempat mendidiknya pada 1 Juli 1996 dan langsung mempromosikannya ke tim senior pada 1 Juli 1997.

Klub LaLiga yang pernah diperkuat Carvalho adalah Real Madrid. Carvalho membela Real selama 3 tahun (2010--2013). Secara total, ia sudah mengemas 3 gol dan 2 assist dalam 50 pertandingan di LaLiga.

5. Francisco Trincao

5 Jebolan Akademi Porto yang Pernah Bermain di LaLigaFrancisco Trincao (twitter.com/BarcaUniversal)

Francisco Trincao berusia sama dengan Joao Felix, yakni 22 tahun. Trincao sendiri bermain di posisi sayap kanan. Pria asal Portugal ini menimba ilmu di akademi Porto pada 1 Juli 2009 hingga 1 Juli 2010.  

Barcelona menjadi klub yang menaungi Trincao di LaLiga. Ia sudah memperkuat Barca sejak 3 Agustus 2020 hingga saat ini. Sejauh ini, Trincao baru menorehkan 3 gol dan 2  assist dalam 28 pertandingan di LaLiga. Hal itu disebabkan ia sempat dipinjamkan ke klub Premier League, Wolverhampton Wanderers, selama 1 musim. Trincao baru kembali ke Barca pada 30 Juni 2022.

 

Soal banderol, Joao Felix menjadi yang termahal untuk saat ini. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan bakal ada jebolan akademi Porto lain yang dapat menyalip banderol Felix di masa depan.

Baca Juga: 5 Klub yang Bisa Menjadi Destinasi Berikutnya bagi Francisco Trincao

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya