Kiprah 5 Pemain yang Dipinjamkan Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024

Charles Sagoe Jr menjadi yang termuda

Arsenal termasuk klub papan atas di English Premier League (EPL). Atas dasar itu, tak heran persaingan antar pemain di berbagai posisi dalam skuad The Gunners sangat ketat. Alhasil, terdapat beberapa pemain yang kesulitan bersaing dan tidak bisa mendapat menit bermain reguler.

Demi tetap memberi menit bemain yang cukup terhadap para pemainnya, Arsenal memutuskan untuk "menyekolahkan" beberapa pemainnya ke klub lain. Dengan dipinjamkan, para pemain tersebut diharapkan bisa berkembang. Pada 2023/2024, ada sedikitnya lima pemain Arsenal yang dipinjamkan ke klub lain.

Bagaimana kiprah kelima pemain tersebut bersama masing-masing klub yang meminjam mereka hingga paruh musim pertama 2023/2024?

1. Kieran Tierney belum berbuat banyak untuk Real Sociedad karena sedang cedera hamstring

Kiprah 5 Pemain yang Dipinjamkan Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Kieran Tierney (realsociedad.eus)

Kieran Tierney adalah pemain asal Skotlandia yang biasa tampil sebagai bek kiri. Dia dipinjamkan oleh Arsenal kepada klub Spanyol, Real Sociedad, pada musim panas 2023. Peminjaman tersebut akan berlangsung hingga musim panas 2024. Dengan dipinjamkan ke Real Sociedad, Tierney tentu berharap bisa mendapat menit bermain reguler.

Tierney agaknya sangat membutuhkan menit bermain reguler itu agar bisa terpilih masuk Timnas Skotlandia di Euro 2024. Sayang, Tierney belum mampu berbuat banyak untuk Real Sociedad. Pada 2023/2024, dia baru turun dalam 16 pertandingan dan mengemas 1 assist per 7 Februari 2024. Pria berusia 26 tahun ini masih absen lantaran cedera hamstring.

2. Nuno Tavares belum mengemas gol ataupun assist di Nottingham Forest

Kiprah 5 Pemain yang Dipinjamkan Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Nuno Tavares (nottinghamforest.co.uk)

Berikutnya, ada pemain kelahiran Lisboa, Portugal, bernama Nuno Tavares. Pemain berusia 24 tahun ini biasa bermain sebagai bek kiri. Tavares juga bisa menjadi gelandang kiri dan bek kanan jika dibutuhkan. Tavares sendiri kini sedang dipinjamkan oleh Arsenal kepada Nottingham Forest hingga musim panas 2024.

Sayang, Tavares tidak selalu dipercaya sebagai starter di Nottingham Forest. Dia sudah menjalani sedikitnya delapan pertandingan bersama Nottingham Forest dan belum mengemas gol ataupun assist per 7 Februari 2024. Kendati demikian, Tavares masih berpeluang membuka keran gol dan assist-nya lantaran sisa masa peminjamannya masih relatif lama.

Baca Juga: 5 Pemain yang Dapat Menjadi Proyek Jangka Panjang Arsenal

3. Albert Sambi Lokonga menambah kedalaman di lini tengah Luton Town

Kiprah 5 Pemain yang Dipinjamkan Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Albert Sambi Lokonga (arsenal.com)

Albert Sambi Lokonga sejatinya telah memperkuat Arsenal sejak musim panas 2021. Kendati demikian, pemain berposisi gelandang tengah ini agaknya kesulitan bersaing dengan para gelandang Arsenal lainnya. Buntutnya, Lokonga dipinjamkan kepada Luton Town pada musim panas 2023.

Kedatangan Lokonga diharapkan mampu membantu Luton Town yang notabene baru promosi ke EPL tampil kompetitif. Selain itu, Lokonga diharapkan bisa mendapat menit bermain reguler di sana. Pada 2023/2024, dia beberapa kali dipercaya tampil sebagai starter di Luton Town. Lokonga sendiri sudah terlibat dalam 11 pertandingan dengan kontribusi 2 assist bersama Luton Town per 7 Februari 2024.

4. Arthur Okonkwo mendapat kesempatan main reguler di Wrexham

Kiprah 5 Pemain yang Dipinjamkan Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Arthur Okonkwo (wrexhamafc.co.uk)

Berikutnya, ada pemain berposisi kiper bernama Arthur Okonkwo. Dia merupakan produk jebolan akademi Arsenal yang promosi ke tim senior The Gunners pada musim panas 2021. Sayang, Okonkwo tampaknya kesulitan menembus skuad utama Arsenal dan lebih sering jadi cadangan.

Okonkwo sempat dipinjamkan ke beberapa klub lain oleh Arsenal. Pada musim panas 2023, dia dipinjamkan ke klub kasta keempat Liga Inggris bernama Wrexham. Pada 2023/2024, Okonkwo sudah tampil dalam 21 pertandingan dengan torehan 23 kebobolan dan 10 clean sheet  bersama Wrexham per 7 Februari 2024. 

5. Charles Sagoe Jr belum banyak bermain untuk Swansea City

Kiprah 5 Pemain yang Dipinjamkan Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Charles Sagoe Jr (swanseacity.com)

Charles Sagoe Jr menjadi pemain termuda yang masuk dalam daftar ini. Bagaimana tidak, usianya baru menginjak 19 tahun. Sagoe Jr sendiri bisa mengemban tugas sebagai sayap kanan, sayap kiri, dan gelandang serang dalam skema permainan tim. Saat ini, Sagoe Jr sedang menjalani peminjaman di Swansea City.

Dengan dipinjamkan, Sagoe Jr diharapkan bisa mendapat menit bermain reguler sekaligus mematangkan kemampuannya. Masa peminjaman Sagoe Jr di Swansea City dimulai pada musim dingin 2024. Sejauh ini, dia baru melakoni satu pertandingan dan belum menyumbang gol ataupun assist bagi Swansea City per 7 Februari 2024.

Dari kelima pemain yang dipinjamkan Arsenal pada 2023/2024, mayoritas belum mampu berbuat banyak bagi klub yang meminjam mereka. Contohnya Charles Sagoe Jr yang baru tampil dalam satu pertandingan bersama Swansea City lantaran baru dipinjamkan pada musim dingin 2024. Kira-kira, mampukah kelima pemain di atas menunjukkan performa terbaik mereka bersama klub masing-masing hingga akhir musim 2023/2024?

Baca Juga: Negosiasi Madrid Mandek, Arsenal Mulai Rayu Mbappe

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya