Kiprah 5 Pemain Termahal Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024

Martin Odegaard mengemban jabatan kapten

Arsenal adalah salah satu klub besar yang berkompetisi di English Premier League (EPL). Mereka termasuk klub papan atas lantaran bercokol di peringkat kedua klasemen EPL 2023/2024 hingga paruh musim pertama. Klub dengan julukan The Gunners ini mengumpulkan 46 poin dari 14 menang, 4 seri, dan 4 kalah.

Sebagai klub papan atas, Arsenal tentu diperkuat barisan pemain dengan harga pasar selangit. Salah satu pemain tersebut adalah Martin Odegaard. Tak hanya menjadi pemain dengan harga pasar tinggi, Odegaard juga dipercaya sebagai kapten Arsenal.

Tak hanya Odegaard, masih ada empat pemain lain yang memiliki harga pasar tertinggi di Arsenal. Siapa saja mereka dan seperti apa kiprah mereka pada paruh musim pertama 2023/2024?

1. Bukayo Saka (Rp2 triliun) menjadi andalan dalam mengubrak-abrik pertahanan lawan

Kiprah 5 Pemain Termahal Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Bukayo Saka (arsenal.com)

Di urutan pertama, ada pemain kelahiran London, Inggris, bernama Bukayo Saka. Pemain berusia 22 tahun ini berposisi utama sebagai sayap kanan. Selain itu, Saka juga bisa menjalankan tugas sebagai gelandang kanan dan sayap kiri jika diperlukan dalam skema permainan tim.

Sebagai salah satu andalan, tak ayal pemain jebolan akademi The Gunners ini memiliki harga pasar cukup fantastis, yakni 2 triliun rupiah. Saka sendiri berhasil mengemas 7 gol dan 8 assist bersama Arsenal hingga paruh musim pertama 2023/2024. Jumlah tersebut dibuat Saka dalam 21 pertandingan bersama The Gunners.

2. Declan Rice (Rp1,8 triliun) menjadi sosok tak tergantikan di lini tengah

Kiprah 5 Pemain Termahal Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Declan Rice (arsenal.com)

Berikutnya, ada pemain yang memegang peran penting di lini tengah Arsenal. Namanya adalah Declan Rice. Pemain berposisi gelandang bertahan ini belum lama memperkuat The Gunners. Rice baru diboyong Arsenal dari West Ham pada musim panas 2023. Biaya transfernya mencapai 1,9 triliun rupiah.

Kedatangan Rice bertujuan untuk mempersolid lini tengah Arsenal. Dari 22 pertandingan yang telah ia mainkan bersama Arsenal pada 2023/2024, Rice berhasil menyumbang 3 gol dan 2 assist hingga paruh musim pertama 2023/2024. Jumlah itu terbilang tidak buruk untuk seorang gelandang bertahan.

Baca Juga: Performa Trio Gabriel di Pertandingan Arsenal vs. Crystal Palace

3. Martin Odegaard (Rp1,5 triliun) dipercaya sebagai kapten kesebelasan

Kiprah 5 Pemain Termahal Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Martin Odegaard (premierleague.com)

Kapten Arsenal, Martin Odegaard, juga masuk dalam daftar ini. Bagaimana tidak, pemain berpaspor Norwegia ini memiliki harga pasar 1,5 triliun rupiah. Odegaard sendiri biasa tampil sebagai gelandang serang. Dia mengemban peran sentral sebagai jenderal di lini tengah Arsenal.

Pada 2023/2024, Odegaard telah mencatatkan 4 gol dan 4 assist  bersama Arsenal hingga paruh musim pertama 2023/2024. Jumlah itu dibuat Odegaard dalam 19 pertandingan yang telah dilakoninya bersama The Gunners. Dengan sisa kontrak hingga 2028, jumlah gol dan assist Odegaard tentu bakal terus bertambah ke depannya.

4. Gabriel Martinelli (Rp1,4 triliun) menjadi juru gedor andalan Arsenal

Kiprah 5 Pemain Termahal Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024Gabriel Martinelli (arsenal.com)

Selanjutnya, ada pemain yang rutin mengisi lini depan Arsenal, terutama di posisi sayap kiri. Pemain yang dimaksud adalah Gabriel Martinelli. Pemain berpaspor Brasil ini tak hanya bisa menjadi sayap kiri. Martinelli juga bisa mengemban tugas sebagai sayap kanan dan penyerang.

Martinelli telah membuat sedikitnya 4 gol dan 2 assist  bersama Arsenal hingga paruh musim pertama 2023/2024. Torehan itu ia raih dalam 20 pertandingan. Soal urusan harga, Martinelli yang mengantongi 9 caps dan 1 gol bersama Timnas Brasil memiliki harga pasar 1,4 triliun rupiah.

5. William Saliba (Rp1,2 triliun) diandalkan di sektor pertahanan

Kiprah 5 Pemain Termahal Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024William Saliba (premierleague.com)

Terakhir, ada pemain yang jadi andalan di sektor pertahanan Arsenal. Pemain itu adalah William Saliba. Pemain dengan tinggi badan 192 sentimeter ini berposisi utama sebagai bek tengah. Saliba sendiri telah mengabdi ke The Gunners sejak musim panas 2019. 

Saat ini, Saliba termasuk sosok yang sulit tergantikan di lini belakang. Dari segi kontribusi, dia baru mengemas 1 gol dan 1 assist dalam 22 pertandingan bersama Arsenal hingga paruh musim pertama 2023/2024. Meski gol dan assist-nya tidak terlalu banyak, Saliba memainkan peran sentral dalam pertahanan The Gunners.

Bukan tanpa alasan kelima pemain Arsenal di atas memiliki harga pasar cukup tinggi. Pasalnya, mereka memang menunjukkan performa ciamik di posisinya masing-masing. Kelima pemain di atas turut berperan penting dalam kesuksesan Arsenal bercokol di peringkat kedua klasemen sementara EPL 2023/2024.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal dengan Gaji Tertinggi pada 2023/2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya