3 Lulusan Akademi Manchester City di Serie A pada 2023/2024

Adrien Rabiot bermain untuk Juventus

Manchester City tidak perlu diragukan lagi kualitasnya sebagai klub tangguh di English Premier League (EPL). Klub dengan julukan The Citizens ini dihuni oleh barisan pemain berkualitas. Para pemain tersebut membuat Manchester City mampu bersaing di papan atas EPL.

Tak hanya memiliki skuad yang tangguh, Manchester City juga memiliki akademi yang berkualitas. Beberapa lulusan akademi Manchester City kini bermain di berbagai liga berbeda, salah satunya Serie A Italia. Ada total tiga pemain lulusan akademi The Citizens yang mentas di Serie A Italia pada 2023/2024. Siapa saja mereka?

1. Angelino bermain sebagai pinjaman di AS Roma

3 Lulusan Akademi Manchester City di Serie A pada 2023/2024Angelino (asroma.com)

Angelino adalah pemain yang biasa menghuni lini belakang. Pemain berusia 27 tahun asal Coristanco, Spanyol, ini berposisi utama sebagai bek kiri. Selain itu, Angelino juga siap dimainkan di lini tengah sebagai gelandang kiri bila dibutuhkan dalam skema taktik tim.

Angelino sendiri sempat menimba ilmu di akademi Manchester City hingga musim panas 2018. Sempat dilepas ke PSV Eindhoven, dia kembali dibeli oleh The Citizens pada musim panas 2019. Tak tanggung-tanggung, biaya transfer yang dibayarkan Manchester City demi mendapatkan jasa Angelino sebesar 203 miliar rupiah.

Sayang, Angelino gagal menunjukkan performa terbaiknya di tim senior Manchester City. Dia hanya bermain dalam 15 pertandingan dan mengukir 3 assist. Angelino pun akhirnya dilepas oleh The Citizens ke klub Bundesliga Jerman, RB Leipzig, pada musim panas 2021.

Saat ini, Angelino tengah bermain di Serie A Italia untuk AS Roma. Statusnya di sana bukan sebagai pemain permanen, melainkan hanya pinjaman dari RB Leipzig. Angelino akan menjalani peminjaman di AS Roma mulai musim dingin 2024 hingga musim panas 2024. Sejauh ini, dia sudah melakoni sedikitnya tujuh pertandingan bersama AS Roma per 15 Maret 2024.

2. Adrien Rabiot sudah lama bermain di Juventus

3 Lulusan Akademi Manchester City di Serie A pada 2023/2024Adrien Rabiot (juventus.com)

Berikutnya ada pemain asal Prancis bernama Adrien Rabiot. Pemain berusia 28 tahun ini kerap diandalkan di lini tengah. Rabiot sendiri bisa dibilang serbabisa lantaran mampu menjalankan tugas sebagai gelandang tengah, gelandang kiri, ataupun gelandang bertahan.

Rabiot sempat ditempa di akademi Manchester City pada musim panas 2008 hingga musim dingin 2009. Sayang, dia belum sempat merasakan mentas bersama tim senior Manchester City. Rabiot kini bermain untuk klub raksasa Serie A Italia, Juventus. Pemain dengan 42 caps dan 4 gol bersama Timnas Prancis ini sudah memperkuat Si Nyonya Tua sejak musim panas 2019.

Saat ini, Rabiot masih memiliki sisa kontrak dengan Juventus hingga musim panas 2024. Dia sudah mencatatkan total 200 pertandingan bersama tim. Sumbangsih Rabiot berupa 21 gol dan 15 assist per 15 Maret 2024. Sayang, Rabiot kini sedang absen lantaran mendapat cedera kaki. Belum diketahui pasti kapan dia bisa kembali merumput bersama Juventus.

3. Ivan Ilic menjadi andalan di lini tengah Torino

3 Lulusan Akademi Manchester City di Serie A pada 2023/2024Ivan Ilic (torinofc.it)

Ivan Ilic adalah pemain asal Serbia yang kini berusia 22 tahun. Dia sempat dididik di akademi Manchester City hingga musim panas 2021. Sayang, pemain yang berposisi utama sebagai gelandang tengah ini belum berkesempatan promosi ke tim senior Manchester City. Ilic dilepas ke Hellas Verona pada musim panas 2021.

Meski gagal bersinar di EPL, Ilic setidaknya sukses membangun kariernya di Serie A Italia. Performanya bersama Hellas Verona konsisten naik. Pemain dengan 14 caps bersama Timnas Serbia ini telah memainkan total 76 pertandingan dengan kontribusi 5 gol dan 6  assist.

Pada musim panas 2023, Ilic membuka lembaran baru dengan bergabung ke klub Serie A Italia lain, yakni Torino. Dia dipagari Torino dengan kontrak hingga 2027 mendatang. Sejauh ini, Ilic sudah turun dalam 42 pertandingan di semua ajang bersama Torino. Sumbangsihnya berupa 5 gol dan 5 assist per 15 Maret 2024.

Tiga nama di atas adalah para lulusan akademi Manchester City yang kini meniti karier di Serie A Italia. Ketiganya memang bisa dibilang gagal mengembangkan karier di EPL. Kendati demikian, mereka setidaknya masih bisa menunjukkan potensi yang dimiliki di Serie A Italia.

Baca Juga: 6 Pemain Italia yang Berkostum Torino pada 2023/2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya