3 Pemain Akademi Manchester City di Jupiler Pro League 2023/2024

Kasper Schmeichel jadi kiper utama RSC Anderlecht

Manchester City merupakan klub besar di Inggris. Mereka rutin menghuni papan atas klasemen English Premier League (EPL). Klub dengan julukan The Citizens itu memang memiliki skuad yang diisi banyak pemain berkualitas. Beberapa pemain di antaranya merupakan jebolan akademi Manchester City.

The Citizens dikenal memiliki akademi yang ciamik untuk membina para bakat muda. Sayang, tidak semua sukses berkarier di tim senior Manchester City. Beberapa harus hijrah ke berbagai liga berbeda di luar Inggris. Salah satu liga yang menjadi tujuan adalah Jupiler Pro League yang notabene kasta teratas sepak bola Belgia.

Lalu, siapa saja pemain jebolan akademi Manchester City yang merumput di Jupiler Pro League pada 2023/2024?

1. Thierry Ambrose baru bergabung ke KV Kortrijk pada musim panas 2023

3 Pemain Akademi Manchester City di Jupiler Pro League 2023/2024Thierry Ambrose (kvk.be)

Thierry Ambrose adalah pemain berusia 26 tahun yang berasal dari Guadeloupe/Prancis. Pemain dengan tinggi badan 180 sentimeter ini biasa bermain sebagai penyerang. Selain penyerang, Ambrose juga bisa menjalankan tugas di lini depan sebagai sayap kanan ataupun sayap kiri bila dibutuhkan.

Ambrose sendiri telah bermain di berbagai kelompok umur Manchester City. Sayang, dia belum berhasil menembus tim senior The Citizens. Ambrose terakhir bermain untuk Manchester City U-23. Di sana, pemain dengan 13 caps dan 5 gol bersama Timnas Guadeloupe ini malah lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Ambrose akhirnya hengkang dari Manchester City U-23 pada musim panas 2020. Saat itu, dia bergabung ke klub Prancis bernama FC Metz. Klub tersebut terlebih dahulu meminjam Ambrose pada musim panas 2019. Setelah masa peminjamannya habis, Ambrose ditebus FC Metz dengan biaya transfer 34 miliar rupiah.

Sayang, Ambrose hanya bertahan semusim di FC Metz sebelum dijual ke klub Belgia bernama KV Oostende pada musim panas 2021. Kemudian, dia kembali dijual ke KV Kortrijk pada musim panas 2023. Ambrose kini terikat kontrak dengan KV Kortrijk hingga musim panas 2027 mendatang.

2. Kasper Schmeichel menjadi kiper utama RSC Anderlecht

3 Pemain Akademi Manchester City di Jupiler Pro League 2023/2024Kasper Schmeichel (rsca.be)

Berikutnya, ada pemain kelahiran Kopenhagen, Denmark, bernama Kasper Schmeichel. Pemain berusia 37 tahun ini biasa bermain sebagai kiper. Schmeichel sendiri merupakan jebolan akademi Manchester City yang promosi ke tim senior pada musim panas 2007. Tak langsung promosi ke tim senior, dia terlebih dahulu dipinjamkan Manchester City ke beberapa klub berbeda untuk menambah jam terbang.

Meski akhirnya berhasil promosi ke tim senior Manchester City, Schmeichel kesulitan tampil reguler. Dia lebih sering menjadi kiper pelapis di skuad The Citizens. Bahkan, Schmeichel hanya memainkan total 10 pertandingan dengan torehan 11 kali kebobolan dan 4 kali clean sheet bersama tim senior Manchester City.

Saat ini, Schmeichel sudah menjadi bagian dari klub Belgia bernama RSC Anderlecht. Dia baru bergabung ke RSC Anderlecht pada musim panas 2023. Tak seperti di Manchester City, Schmeichel sukses jadi kiper utama di RSC Anderlecht. Dia rutin diturunkan sebagai starter di tiap pertandingan tim.

3. Dedryck Boyata lebih sering dimainkan dari bangku cadangan di Club Brugge

3 Pemain Akademi Manchester City di Jupiler Pro League 2023/2024Dedryck Boyata (clubbrugge.de)

Dedryck Boyata adalah pemain asli Belgia kelahiran Brussel yang kini berusia 33 tahun. Dia biasa mengisi lini belakang lantaran berposisi sebagai bek tengah. Boyata sendiri sempat menimba ilmu di akademi Manchester City dan promosi ke tim senior pada musim panas 2010.

Sayang, Boyata agaknya kesulitan bersaing di tim senior Manchester City. Buktinya, pemain dengan postur 188 sentimeter ini lebih sering dipinjamkan kepada klub lain ketimbang merumput bersama The Citizens. Boyata hanya bermain dalam 35 pertandingan bersama Manchester City dengan kontribusi 1 gol.

Boyata memulai kariernya di Liga Belgia pada musim panas 2022. Saat itu, dia digaet Club Brugge, klubnya saat ini, dari Hertha BSC. Biaya transfer yang dikeluarkan Club Brugge untuk mendapatkan jasa Boyata mencapai 34 miliar rupiah. Sayang, pemilik 31 caps  bersama Timnas Belgia ini lebih sering memulai laga dari bangku cadangan Club Brugge pada 2023/2024.

Tiga nama di atas adalah para jebolan akademi Manchester City yang kini eksis di Jupiler Pro League. Kasper Schmeichel menjadi yang tertua dengan usia yang sudah menginjak 37 tahun. Kendati demikian, dia masih dipercaya sebagai kiper utama di klubnya, RSC Anderlecht.

Baca Juga: 7 Pembelian Termahal Klub Jupiler Pro League pada Musim Dingin 2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya