Comscore Tracker

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 25 sebelum Mohamed Elneny

Pernah dengar Neil Heaney?

Mohamed Elneny adalah satu-satunya pemain asal Mesir yang ada di skuad Arsenal musim 2022/2023 ini. Pemain yang bergabung ke Arsenal pada 2016 ini adalah salah satu andalan di Timnas Mesir, dengan koleksi 91 caps dan 8 gol.

Elneny pun mengenakan nomor punggung 25 sejak awal bergabung ke Arsenal hingga saat ini. Sebagai klub besar yang punya sejarah panjang, tentu ada beberapa pemain Arsenal sebelum Elneny yang juga pernah menjadi pemilik nomor 25. Siapa saja, ya?

1. Emmanuel Adebayor

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 25 sebelum Mohamed ElnenyEmmanuel Adebayor (arsenal.com)

Emmanuel Adebayor adalah pemain asal Togo yang kini sudah berusia 38 tahun. Ia berkiprah bersama Arsenal selama 3 tahun (2006--2009). Dalam kurun waktu tersebut, Adebayor memilih nomor punggung 25 untuk ia kenakan di Arsenal.

Arsenal pun menjadi bagian penting dalam karier Adebayor. Pasalnya, pemain berposisi penyerang ini mencapai nilai pasar tertingginya, yakni 25 juta euro alias Rp375 miliar saat berseragam The Gunners. Adebayor kini masih aktif bermain untuk AC Semassi, klub asal Togo.

2. Carl Jenkinson

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 25 sebelum Mohamed ElnenyCarl Jenkinson (arsenal.com)

Carl Jenkinson adalah pemain yang mengenakan nomor punggung 25 di Arsenal tepat sebelum Mohamed Elneny. Pemain yang kini berusia 30 tahun ini berkiprah cukup lama bersama Arsenal, yakni 8 tahun (2011--2019).

Carl sendiri telah mencatatkan 1 gol dan 5 assists dalam 70 pertandingan di semua ajang bersama Arsenal. Selama di Arsenal, Carl bukan sosok sentral dan beberapa kali dipinjamkan ke klub lain. Ia kini bermain untuk klub Australia, Newcastle United Jets.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 35 sebelum Oleksandr Zinchenko

3. Nwankwo Kanu

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 25 sebelum Mohamed ElnenyNwankwo Kanu (skysports.com)

Selanjutnya, ada penyerang asal Nigeria bernama Nwankwo Kanu. Pria berusia 46 tahun ini sudah gantung sepatu sejak 1 Juli 2012. Kanu sendiri bisa dibilang memiliki karier yang cemerlang bersama Arsenal.

Penyerang berpostur 197 sentimeter ini termasuk dalam skuad The Invicibles Arsenal yang berhasil mengakhiri musim 2003/2004 tanpa satu pun kekalahan. Kanu bermain selama 5 tahun di Arsenal (1999--2004), dan sempat mengenakan nomor punggung 25.

4. Scott Marshall

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 25 sebelum Mohamed ElnenyScott Marshall (arsenal.com)

Scott Marshall merupakan pemain produk binaan akademi Arsenal, yang promosi ke tim senior pada 1 Maret 1991. Sejak itu, ia bertahan di Arsenal hingga dijual ke Southampton 1998. Nomor punggung 25 pun sempat dikenakan Scott di Arsenal.

Sayangnya, karier Scott bersama Arsenal bisa dibilang kurang mentereng. Pasalnya, sang pemain hanya melakoni 26 pertandingan dengan torehan 1 gol selama berseragam Arsenal. Scott sendiri lebih dikenal saat membela Brentford.

5. Neil Heaney

5 Pemain Arsenal yang Pakai Nomor Punggung 25 sebelum Mohamed ElnenyNeil Heaney (arsenal.com)

Neil Heaney menjadi pemain tertua dalam daftar ini dengan usia yang telah menjejak 50 tahun. Pria asal Inggris yang biasa menjadi sayap kanan ini pernah berseragam Arsenal selama 5 tahun (1989--1994), sebelum dilepas ke Southampton.

Nomor punggung 25 di Arsenal pun sempat menjadi milik Neil saat itu. Secara karier, Neil yang sudah gantung sepatu sejak 2002 silam memiliki karier yang tidak buruk. Ia pernah membela sejumlah klub top Inggris seperti Manchester City, Southampton, dan tentu saja Arsenal. 

 

Beberapa pemain dalam daftar ini memang sudah gantung sepatu. Beberapa yang masih aktif pun sudah tidak berada di usia emas.

Carl Jenkinson sebagai yang termuda dalam daftar ini, yakni 30 tahun, juga sudah tidak bermain di Premier League setelah dilepas Nottingham Forest pada 3 Agustus 2022. 

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal dengan Nomor Punggung 27 Sebelum Marquinhos

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya