4 Pemain Asia yang Menghuni Skuad KAA Gent 2023/2024

Daisuke Yokota baru bergabung pada musim dingin 2024

KAA Gent merupakan klub yang sudah lama berkompetisi di Jupiler Pro League, kasta teratas sepak bola Belgia. Meski merupakan klub yang bermarkas dan berkompetisi di Belgia, mayoritas pemain KAA Gent justru berasal dari luar Belgia. Ada total 18 pemain non-Belgia dari total 28 pemain yang terdaftar dalam skuad.

Dari 18 pemain non-Belgia yang membela KAA Gent pada 2023/2024, ada 4 pemain yang berasal dari Asia. Salah satu pemain yang dimaksud adalah Daisuke Yokota. Pemain yang biasa tampil di pos sayap ini baru didatangkan oleh KAA Gent pada musim dingin 2024.

Termasuk Daisuke Yokota, siapa saja pemain Asia yang ada di skuad KAA Gent pada 2023/2024?

1. Daniel Schmidt baru merapat pada Januari 2024

4 Pemain Asia yang Menghuni Skuad KAA Gent 2023/2024Daniel Schmidt (kaagent.be)

Daniel Schmidt adalah pemain berposisi kiper yang berasal dari Jepang. Pemain dengan tinggi badan 197 sentimeter ini termasuk rekrutan anyar di KAA Gent. Bagaimana tidak, Schmidt baru digaet KAA Gent pada 1 Januari 2024 dari Sint-Truiden. KAA Gent tidak perlu membayar sepeser pun lantaran Schmidt berstatus pemain bebas transfer.

Saat ini, Schmidt dipagari oleh KAA Gent dengan kontrak hingga 2027 mendatang. Pemain dengan 14 caps bersama Timnas Jepang ini seharusnya tidak terlalu kesulitan beradaptasi di Liga Belgia. Pasalnya, Schmidt sudah bermain cukup lama untuk Sint-Truiden.

Per 8 Maret 2024, Schmidt telah turun dalam sembilan pertandingan bersama KAA Gent. Statistiknya berupa 18 kali kebobolan dan 1 kali clean sheet. Schmidt bakal mendapat lebih banyak kesempatan main lantaran Paul Nardi yang notabene kiper utama KAA Gent sedang cedera.

2. Tsuyoshi Watanabe belum lama bergabung, tetapi sudah jadi andalan

4 Pemain Asia yang Menghuni Skuad KAA Gent 2023/2024Tsuyoshi Watanabe (kaagent.be)

Berikutnya, ada pemain berpaspor Jepang yang kini berusia 27 tahun. Namanya adalah Tsuyoshi Watanabe. Pemain setinggi 186 sentimeter ini biasa beroperasi di sektor pertahanan lantaran berposisi utama sebagai bek tengah. Selain bek tengah, Watanabe juga bisa dimainkan sebagai gelandang bertahan.

Watanabe belum terlalu lama bermain di KAA Gent. Pemain yang mengantongi tiga caps  bersama Timnas Jepang ini diboyong KAA Gent pada musim panas 2023 dari sesama klub Belgia, KV Kortrijk. Biaya transfer yang dibayarkan KAA Gent untuk mendapatkan tanda tangan Watanabe sebesar 59 miliar rupiah.

Kedatangan Watanabe untuk menambah kedalaman di lini belakang KAA Gent. Meski termasuk pemain anyar, dia sudah cukup sering dipercaya turun sebagai starter. Per 8 Maret 2024, Watanabe sudah melakoni 40 pertandingan dengan raihan 3 gol dan 2 assist  bersama KAA Gent.

Baca Juga: 3 Pemain Indonesia yang Berkarier di Liga Belgia pada 2023/2024

3. Hong Hyun Seok jadi tumpuan di lini tengah

4 Pemain Asia yang Menghuni Skuad KAA Gent 2023/2024Hong Hyun Seok (kaagent.be)

Hong Hyun Seok adalah pemain yang kerap beroperasi di lini tengah. Pemain kelahiran Seoul, Korea Selatan, ini berposisi utama sebagai gelandang tengah. Kendati demikian, Hyun Seok juga bisa dimainkan sebagai gelandang serang untuk mengakomodasi skema permainan tim.

Hyun Seok cukup sering dimainkan sebagai starter untuk mengisi lini tengah permainan KAA Gent. Per 8 Maret 2024, pemain dengan 11 caps bersama Timnas Korea Selatan ini sudah main dalam 85 pertandingan bersama KAA Gent. Sumbangsih Hyun Seok berupa 15 gol dan 14 assist.

4. Daisuke Yokota mampu bermain di tiga posisi berbeda

4 Pemain Asia yang Menghuni Skuad KAA Gent 2023/2024Daisuke Yokota (kaagent.be)

Terakhir, ada pemain asal Jepang bernama Daisuke Yokota. Pemain berusia 23 tahun ini merupakan rekrutan KAA Gent pada musim dingin 2024, tepatnya pada 15 Januari 2024. Yokota diboyong KAA Gent dari klub Polandia bernama Gornik Zabrze dengan biaya transfer 34 miliar rupiah.

Kehadiran sosok Yokota yang notabene berposisi utama sebagai sayap kanan bisa menambah daya gedor KAA Gent. Selain itu, Yokota juga mampu menjalankan peran sebagai sayap kiri ataupun gelandang serang. Per 8 Maret 2024, dia baru melakoni sedikitnya empat pertandingan dan mengukir sebiji assist  bersama KAA Gent. 

Empat nama di atas adalah para pemain Asia yang merumput bersama KAA Gent di kasta tertinggi Liga Belgia pada 2023/2024. Daisuke Yokota dan Daniel Schmidt menjadi yang paling baru lantaran baru menjadi bagian KAA Gent pada musim dingin 2024. Meski masih baru bergabung, kedua pemain tersebut sudah menunjukkan kontribusi bagi tim.

Baca Juga: 3 Bek Belgia yang Membela Klub Premier League 2023/2024 

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya