Comscore Tracker

5 Pemain Bundesliga yang Membela Jepang di Piala Dunia 2022

Takuma Asano jadi pahlawan kemenangan Jepang atas Jerman

Ada banyak pemain Jepang yang kini berlaga di Bundesliga Jerman. Keberhasilan mereka mendapat tempat di klub-klub Jerman patut diapresiasi. Pasalnya, persaingan di Bundesliga, yang notabene salah satu liga top Eropa, cukup ketat.

Para pemain Jepang tentu mendapat banyak ilmu dan pengalaman selama bermain di Bundesliga. Atas dasar itu, Timnas Jepang langsung memanggil para pemain tersebut untuk bermain di Piala Dunia 2022 Qatar.

Buat yang penasaran siapa saja para pemain itu, intip lima nama pemain Bundesliga yang membela Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar.

1. Ritsu Doan

5 Pemain Bundesliga yang Membela Jepang di Piala Dunia 2022Ritsu Doan (scfreiburg.com)

Ritsu Doan adalah pemain berusia 24 tahun yang kini bermain untuk SC Freiburg. Ia belum lama berseragam Freiburg dan baru merapat pada 5 Juli 2022. Tenaga Doan pun dipakai oleh Timnas Jepang di Piala Dunia 2022.

Kendati demikian, Doan sejatinya bukan nama baru di level timnas. Pasalnya, pemain yang biasa menjadi sayap kanan ini sudah mengoleksi 30 caps dan 4 gol sejauh ini bersama Timnas Jepang.

Doan juga berperan penting dalam kemenangan 2-1 Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/2022). Pasalnya, ia menjadi salah satu pencetak gol pertama bagi Jepang di laga tersebut.

2. Wataru Endo

5 Pemain Bundesliga yang Membela Jepang di Piala Dunia 2022Wataru Endo (vfb.de)

Wataru Endo kini memperkuat VfB Stuttgart sekaligus menjabat kapten di sana. Pemain berusia 29 tahun kelahiran Yokohama, Jepang, ini sudah berkostum Stuttgart sejak 2020 dan masih terikat kontrak hingga 30 Juni 2024.

Stuttgart pun menjadi satu-satunya klub Bundesliga Jerman yang pernah diperkuat Endo sejauh ini. Ia sendiri ikut membela Timnas Jepang di Piala Dunia 2022. Ia memainkan peran penting di lini pertahanan Jepang seiring mengisi pos gelandang bertahan.

Baca Juga: Kiprah Timnas Jepang di Piala Dunia, Tak Pernah Absen sejak 1998

3. Hiroki Ito

5 Pemain Bundesliga yang Membela Jepang di Piala Dunia 2022Hiroki Ito (vfb.de)

Hiroki Ito memperkuat klub yang sama dengan Wataru Endo, yakni VfB Stuttgart. Bedanya, pemain berusia 23 tahun ini belum lama berseragam Stuttgart dan baru bergabung pada 1 Juli 2022.

Bermain sebagai bek tengah, Ito memang belum berbuat banyak untuk Stuttgart. Ia baru mencatatkan 1 gol dan 2 assist dalam 46 pertandingan di semua ajang bersama Stuttgart. Kendati demikian, ia tetap masuk dalam skuad Jepang untuk Piala Dunia 2022.

4. Ko Itakura

5 Pemain Bundesliga yang Membela Jepang di Piala Dunia 2022Ko Itakura (bundesliga.com)

Ko Itakura kebetulan bermain di posisi yang sama dengan Hiroki Ito, yakni bek tengah. Itakura sendiri kini berseragam Borussia Moenchengladbach. Sebelum itu, pemain berusia 25 tahun ini sudah pernah membela klub Bundesliga lain, yaitu FC Schalke 04.

Itakura juga memiliki pengalaman bermain di English Premier League (EPL) bersama Manchester City. Faktor pengalaman tersebut menjadi salah satu alasan dirinya terpilih dalam skuad Jepang untuk Piala Dunia 2022.

5. Takuma Asano

5 Pemain Bundesliga yang Membela Jepang di Piala Dunia 2022Takuma Asano (bundesliga.com)

Takuma Asano menjadi pemain kunci dalam kemenangan Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022 pada Rabu (23/11/2022). Bagaimana tidak, pemain yang kini berkostum VfL Bochum ini menjadi pencetak gol kedua Jepang untuk mengunci kemenangan 2-1 atas Jerman.

Asano sendiri sejatinya tidak terlalu tajam di klub. Bermain sebagai sayap kanan, ia baru mengemas 4 gol dan 4 assist dalam 38 pertandingan di semua ajang bersama Bochum. Kendati demikian, hal itu tidak menghalanginya untuk mencetak gol krusial dalam laga kontra Jerman.

Ritsu Doan dan Takuma Asano cukup mencuri perhatian setelah menjadi pahlawan kemenangan Jepang atas Jerman di Piala Dunia 2022. Selain beberapa nama di atas, masih ada pemain Bundesliga, seperti Daichi Kamada, Maya Yoshida, dan Ao Tanaka yang ikut membela Jepang di Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 6 Pemain J League yang Dipanggil Timnas Jepang untuk Piala Dunia 2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya