7 Pemain Inggris yang Membela Arsenal pada 2023/2024

Declan Rice baru bergabung pada musim panas 2023

Ketangguhan Arsenal di English Premier League (EPL) tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak, mereka membuktikan keperkasaannya dengan bercokol di peringkat pertama klasemen sementara EPL hingga pekan ke-16. Klub dengan julukan The Gunners ini mengoleksi total 39 poin.

Jika melihat kedalaman skuad, Arsenal memang dihuni oleh banyak pemain berkualitas. Hal yang cukup unik adalah mayoritas pemain berasal dari luar Inggris. Dari 25 pemain dalam skuad The Gunners, hanya 7 di antaranya yang berasal dari Inggris. Siapa saja, ya?

1. Eddie Nketiah menjadi satu dari dua penyerang dalam skuad Arsenal

7 Pemain Inggris yang Membela Arsenal pada 2023/2024Eddie Nketiah (arsenal.com)

Eddie Nketiah adalah satu dari dua penyerang dimiliki Arsenal saat ini. Penyerang lainnya adalah Gabriel Jesus. Nketiah sendiri merupakan produk binaan akademi Arsenal. Berhasil tampil menjanjikan, pemain berusia 24 tahun ini dipromosikan ke tim senior The Gunners pada musim dingin 2019.

Pada awalnya, Nketiah sempat dipinjamkan Arsenal ke Leeds United untuk mendapat jam terbang pada musim panas 2019. Setelah kembali ke Arsenal pada musim panas 2019, pemain kelahiran London, Inggris, ini perlahan bertransformasi menjadi andalan di lini serang. Sejauh ini, Nketiah sudah mengemas total 38 gol dan 9 assist bersama Arsenal.

2. Reiss Nelson merupakan jebolan akademi Arsenal

7 Pemain Inggris yang Membela Arsenal pada 2023/2024Reiss Nelson (arsenal.com)

Pemain Inggris berikutnya yang membela Arsenal pada 2023/2024 adalah Reiss Nelson. Setali tiga uang dengan Eddie Nketiah, pemain berusia 24 tahun ini juga ditempa di akademi Arsenal. Nelson dipromosikan ke tim senior Arsenal pada musim panas 2019.

Pemain setinggi 175 sentimeter ini bisa memainkan tiga posisi berbeda. Di antaranya sayap kanan, sayap kiri, dan gelandang serang. Sayang, Nelson lebih sering dimainkan dari bangku cadangan oleh Mikel Arteta, pelatih Arsenal.

3. Bukayo Saka menjadi pilihan reguler di pos sayap kanan

7 Pemain Inggris yang Membela Arsenal pada 2023/2024Bukayo Saka (arsenal.com)

Bukayo Saka adalah salah satu alasan Reiss Nelson lebih sering turun dari bangku cadangan. Pasalnya, Saka lebih dipercaya untuk mengisi posisi sayap kanan di Arsenal. Pemain berusia 22 tahun ini juga bisa ditempatkan sebagai sayap kiri dan gelandang kanan.

Saka sendiri termasuk tumpuan di lini depan The Gunners. Sejauh ini, pemain dengan 32  caps dan 11 gol bersama Timnas Inggris ini telah mengukir sedikitnya 46 gol dan 52  assist bersama Arsenal. Catatan tersebut masih bisa bertambah mengingat kontrak Saka bersama Arsenal tersisa hingga 2027.

Baca Juga: Mitos Kim Kardashian Bawa Sial bagi Arsenal, PSG, dan Bukayo Saka

4. Emile Smith Rowe bisa bermain di tiga posisi berbeda

7 Pemain Inggris yang Membela Arsenal pada 2023/2024Emile Smith Rowe (arsenal.com)

Berikutnya, ada pemain kelahiran London, Inggris, bernama Emile Smith Rowe. Dia biasa beroperasi di lini tengah Arsenal. Rowe bisa dikatakan pemain serbabisa lantaran mampu menghuni pos gelandang serang, tengah, dan kiri.

Sayang, Rowe bukan pilihan utama di lini tengah Arsenal. Dia lebih sering memulai laga dari bangku cadangan. Kendati demikian, bukan tidak mungkin Rowe bisa merebut tempat utama di lini tengah The Gunners. Dengan usia yang baru 23 tahun dan kontrak hingga 2026, dia memiliki potensi untuk berkembang ke depannya.

5. Declan Rice diboyong pada musim panas 2023

7 Pemain Inggris yang Membela Arsenal pada 2023/2024Declan Rice (arsenal.com)

Declan Rice adalah pemain yang baru didatangkan Arsenal pada musim panas 2023. Pemain dengan tinggi badan 188 sentimeter ini digaet The Gunners dari West Ham. Tak tanggung-tanggung, Arsenal rela merogoh kocek hingga 1,9 triliun rupiah demi menebus Rice.

Pembelian dengan nilai fantastis itu terbukti tidak sia-sia. Rice yang berposisi utama sebagai gelandang bertahan mampu menjadi opsi utama di lini tengah Arsenal. Mantan kapten West Ham ini juga menjadi salah satu pemain dengan harga pasar tertinggi di Arsenal dengan nominal 1,8 triliun rupiah.

6. Ben White menjadi tumpuan di sektor pertahanan

7 Pemain Inggris yang Membela Arsenal pada 2023/2024Ben White (arsenal.com)

Berikutnya, ada pemain yang diandalkan di sektor pertahanan Arsenal. Pemain yang dimaksud adalah Ben White. Pemain kelahiran Poole, Inggris, ini berposisi utama sebagai bek kanan. Selain itu, White juga sanggup dimainkan sebagai bek tengah dan gelandang bertahan.

White sendiri memulai sepak terjangnya di Arsenal pada musim panas 2021. Saat itu, dia diboyong The Gunners dari sesama klub EPL, Brighton. Saat ini, pemain dengan postur 186 sentimeter ini termasuk pilihan reguler di lini belakang Arsenal.

7. Aaron Ramsdale menjadi kiper pelapis dari David Raya

7 Pemain Inggris yang Membela Arsenal pada 2023/2024Aaron Ramsdale (arsenal.com)

Terakhir, ada pemain berposisi kiper bernama Aaron Ramsdale. Pemain setinggi 190 sentimeter ini sudah memperkuat Arsenal sejak musim panas 2021. Sayang, Ramsdale cukup jarang dimainkan pada 2023/2024.

Ramsdale agaknya kesulitan bersaing dengan David Raya yang lebih dipercaya sebagai kiper utama Arsenal saat ini. Pada 2023/2024, Ramsdale baru turun dalam lima pertandingan bersama The Gunners. Sumbangsihnya berupa 4 kebobolan dan 1 clean sheet.

Kedatangan Declan Rice pada musim panas 2023 agaknya memberi dampak signifikan bagi Arsenal. Mantan kapten West Ham itu berhasil menambah kedalaman di lini tengah. Tidak sia-sia Arsenal membayar mahal untuk mendapatkan tanda tangan Rice.

Baca Juga: 3 Pemain Akademi Arsenal yang Pindah ke Liverpool, Gagal Semua!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya