5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 16 sebelum Rob Holding

Aaron Ramsey satu-satunya yang masih aktif bermain!

Arsenal adalah salah satu klub Inggris dengan sejarah yang sangat panjang. Atas dasar itu, tak heran setiap nomor punggung di Arsenal pasti pernah dipakai oleh lebih dari satu pemain. Salah satunya nomor 16 yang kini dikenakan Rob Holding di Arsenal.

Sebelumnya, ada beberapa pemain yang memakai nomor 16 di Arsenal sebelum Holding. Untuk mengetahui siapa saja mereka dan bagaimana kiprah mereka di Arsenal, mari kita simak ulasan berikut ini.

1. John Hartson

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 16 sebelum Rob HoldingJohn Hartson (arsenal.com)

Kiprah John Hartson bersama Arsenal bisa dibilang cukup singkat. Pemain asal Wales yang sudah pensiun sejak 2008 ini hanya bermain 2 tahun (1995--1997) di Arsenal. Dalam kurun waktu itu, Hartson mengenakan nomor punggung 16 di Arsenal.

Bermain di posisi penyerang, Hartson yang kini telah berusia 47 tahun mengoleksi 16 gol dan 1 assist  dalam 67 pertandingan di semua ajang bersama Arsenal. Ia juga diandalkan di Timnas Wales dengan koleksi 51 caps dan 14 gol.

2. Sylvinho

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 16 sebelum Rob HoldingSylvinho (arsenal.com

Berikutnya ada pemain asal Brasil bernama Sylvinho. Sama dengan John Hartson, pria berusia 48 tahun ini hanya berseragam The Gunners selama 2 tahun (1999--2001). Nomor punggung 16 pun menjadi pilihan Sylvinho saat itu.

Nama Sylvinho tidak terlalu menonjol saat di Arsenal. Ia lebih dikenal saat membela klub raksasa Spanyol, Barcelona, yang menjadi klub yang paling lama dibela Sylvinho dalam kariernya di lapangan hijau. Di Barca, Sylvinho sempat setim dengan pemain sekelas Ronaldinho dan Thierry Henry.

Baca Juga: Arsenal Cari Serep Gabriel Jesus, Bintang Porto Jadi Incaran

3. Giovanni van Bronckhorst

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 16 sebelum Rob HoldingGiovanni van Bronckhorst (arsenal.com)

Giovanni van Bronckhorst adalah pemain asal Belanda yang biasa menjadi bek kiri. Pemain yang sudah gantung sepatu sejak 2010 ini sempat berkiprah bersama Arsenal selama 3 tahun (2001--2004) dan memakai nomor punggung 16. 

Giovanni sendiri membukukan setidaknya 2 gol dan 10 assist selama membela Arsenal. Selain Arsenal, pemain dengan 106 caps dan 6 gol bersama Timnas Belanda ini juga pernah bermain untuk Barcelona.

4. Mathieu Flamini

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 16 sebelum Rob HoldingMathieu Flamini (arsenal.com)

Mathieu Flamini sempat berkiprah bersama Arsenal selama dua periode, yakni 2004--2008 dan 2013--2016. Nomor punggung 16 menjadi miliknya sejak musim 2004/2005 hingga 2007/2008. Gelandang bertahan asal Prancis ini memiliki karier yang lumayan di Arsenal.

Flamini sukses membukukan 13 gol dan 11 assist dalam 246 pertandingan bersama Arsenal. Kendati demikian, ia lebih dikenal sebagai salah satu pemain sepak bola terkaya saat ini. Dilansir goal.com, kekayaannya bahkan melampaui dua bintang sepak bola ternama, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

5. Aaron Ramsey

5 Pemain Arsenal Pakai Nomor Punggung 16 sebelum Rob HoldingAaron Ramsey (arsenal.com)

Aaron Ramsey menjadi satu-satunya pemain yang masih aktif bermain dalam daftar ini. Pemain berusia 31 tahun ini kini memperkuat klub Prancis, OGC Nice. Sebelum itu, Ramsey sempat menjadi bagian The Gunners selama 11 tahun (2008--2019) dan memakai nomor punggung 16.

Meski demikian, ia juga sempat beberapa kali dipinjamkan Arsenal ke klub lain. Pemilik 75  caps dan 20 gol bersama Timnas Wales ini biasa bermain sebagai gelandang tengah. Ramsey sendiri mencapai performa terbaiknya pada 2018 saat nilai pasarnya menyentuh 45 juta euro alias Rp669 miliar.

 

Rob Holding sudah memperkuat Arsenal sejak 2016. Sejauh ini, performa pemain berposisi bek tengah ini bisa dibilang biasa saja. Mampukah Holding memberi kejutan dengan tampil apik pada musim 2022/2023 ini?

Baca Juga: 5 Klub Premier League Berpotensi Gaet Aaron Ramsey secara Gratis

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya