6 Pemain Spanyol dengan Segudang Pengalaman di Piala Dunia 2022

Bukan anak kemarin sore, nih

Timnas Spanyol cukup diunggulkan di Piala Dunia 2022 Qatar. La Furia Roja datang dengan skuad megah berisi pemain top Eropa. Sayang, mereka tumbang di tangan Timnas Maroko pada babak 16 besar.

Jika melihat komposisi skuad Spanyol, maka ada beberapa pemain berpengalaman yang turut dibawa. Jumlah caps mereka yang cukup banyak diharapkan mampu memberi perbedaan bagi La Furia Roja di Piala Dunia 2022.

Siapa saja pemain Spanyol dengan segudang pengalaman di Piala Dunia 2022?

1. Sergio Busquets

6 Pemain Spanyol dengan Segudang Pengalaman di Piala Dunia 2022Sergio Busquets (instagram.com/5sergiob)

Sergio Busquets menjadi sosok paling senior dalam daftar ini dengan koleksi 143 caps  dan 2 gol bersama Timnas Spanyol. Dengan pengalaman panjangnya itu, dirinya berperan penting dalam menjaga kondusivitas ruang ganti La Furia Roja di Piala Dunia 2022.

Busquets yang debut bersama Timnas Spanyol pada 2009 kini masih aktif berseragam Barcelona. Sayang, gelandang bertahan berusia 34 tahun ini belum bisa berkontribusi gol maupun assist di Piala Dunia 2022.

2. Jordi Alba

6 Pemain Spanyol dengan Segudang Pengalaman di Piala Dunia 2022Jordi Alba (instagram.com/jordialbaoficial)

Jordi Alba bermain untuk klub yang sama dengan Sergio Busquets, yakni Barcelona. Alba (33) terpaut 1 tahun lebih muda dari Busquets. Ia sendiri sudah mengumpulkan 91 caps plus 10 gol bersama La Furia Roja.

Pemain yang kerap menjadi bek kiri ini berhasil menyumbang 3 assist dalam 4 pertandingan yang ia lakoni di Piala Dunia 2022. Alba selalu bermain sebagai starter di semua pertandingan Timnas Spanyol di Piala Dunia tahun lalu.

3. Koke

6 Pemain Spanyol dengan Segudang Pengalaman di Piala Dunia 2022Koke (instagram.com/koke6)

Kapten Atletico Madrid, Koke, juga masuk dalam daftar ini. Pemain berusia 30 tahun tersebut melakoni debutnya bersama La Furia Roja pada 2013. Ia kini sudah mencatatkan 70 caps. 

Sayang, Koke cukup jarang dimainkan di Piala Dunia 2022 sehingga tak heran dirinya minim kontribusi. Pemain berposisi gelandang tengah tersebut hanya bermain dalam 2 pertandingan selama total 50 menit.

Baca Juga: 5 Kekalahan Terakhir yang Diderita Timnas Spanyol di Piala Dunia

4. Alvaro Morata 

6 Pemain Spanyol dengan Segudang Pengalaman di Piala Dunia 2022Alvaro Morata (instagram.com/alvaromorata)

Alvaro Morata membela klub yang sama dengan Koke, yaitu Atletico Madrid. Dirinya biasa menempati pos penyerang, tetapi juga bisa dimainkan sebagai sayap kiri. Soal pengalaman di timnas, Morata telah mengantongi 61 caps dan 30 gol bersama La Furia Roja.

Performa pemain berusia 30 tahun ini di Piala Dunia 2022 terbilang cukup gemilang. Morata sukses menorehkan 3 gol dan 1 assist dalam 4 pertandingan bersama Timnas Spanyol. Sayang, itu belum bisa membawa Timnas Spanyol melewati babak 16 besar.

5. Cesar Azpilicueta

6 Pemain Spanyol dengan Segudang Pengalaman di Piala Dunia 2022Cesar Azpilicueta (instagram.com/cesarazpi)

Terakhir, ada bek kanan sekaligus kapten Chelsea bernama Cesar Azpilicueta. Pria berusia 33 tahun ini tidak hanya bisa menjadi bek kanan, tetapi juga bek kiri dan bek tengah dengan sama baiknya.

Azpilicueta sendiri sudah mencatatkan 44 caps plus 1 gol bersama Timnas Spanyol. Dirinya sukses berkontribusi 1 assist bagi La Furia Roja dalam 2 pertandingan yang ia mainkan di Piala Dunia 2022. Seandainya mendapat lebih banyak jatah main, mungkin ia bisa lebih banyak berkontribusi.

6. Rodri

6 Pemain Spanyol dengan Segudang Pengalaman di Piala Dunia 2022Rodri (mancity.com)

Nama terakhir ialah pemain kelahiran Madrid, Rodri. Sebanyak 39 caps sudah dikantongi pemain berusia 26 tahun ini bersama Timnas Spanyol. Rodri sendiri kini bermain di Liga Inggris untuk Manchester City. Ia kerap menjadi gelandang bertahan.

Dirinya cukup diandalkan Luis Enrique, pelatih Timnas Spanyol, dengan dimainkan dalam empat pertandingan yang dilakoni Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022. Dengan usia yang masih produktif, Rodri sangat mungkin kembali berseragam La Furia Roja pada edisi Piala Dunia berikutnya.

Meski membawa beberapa pemain berpengalaman, Timnas Spanyol ternyata tumbang di tangan Timnas Maroko. Kekalahan ini dapat menjadi pelajaran sekaligus motivasi bagi La Furia Roja untuk tampil lebih baik pada edisi Piala Dunia berikutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol yang Paling Mentereng di Piala Dunia 2022

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya