5 Pemain Tertua di Bayer Leverkusen pada 2023/2024, Ada Xhaka!

Granit Xhaka baru direkrut dari Arsenal

Performa Bayer Leverkusen di Bundesliga Jerman 2023/2024 terbilang mengesankan. HIngga pekan ke-10, mereka mampu bercokol di peringkat teratas klasemen Bundesliga Jerman. Bayer Leverkusen lebih unggul ketimbang klub sekelas Bayern Munich dan Borussia Dortmund.

Jika melihat lebih dalam, skuad Bayer Leverkusen ternyata dihuni oleh beberapa pemain veteran. Salah satunya adalah bintang Timnas Swiss, Granit Xhaka. Xhaka baru didatangkan pada musim panas 2023 oleh Bayer Leverkusen.

Termasuk Xhaka, berikut lima pemain tertua yang membela Bayer Leverkusen pada 2023/2024.

1. Lukas Hradecky menjabat sebagai kapten tim

5 Pemain Tertua di Bayer Leverkusen pada 2023/2024, Ada Xhaka!Lukas Hradecky (bundesliga.com)

Lukas Hradecky adalah pemain yang biasa tampil sebagai kiper. Pemain asal Finlandia/Slovakia ini kini berusia 33 tahun. Usia tersebut menjadikan Hradecky pemain tertua di skuad Bayer Leverkusen pada 2023/2024.

Meski sudah tidak muda, Hradecky masih memegang peran penting di Bayer Leverkusen. Dia kini dipercaya menjadi kapten kesebelasan. Hradecky juga menjadi kiper utama dan rutin turun sebagai starter bersama Bayer Leverkusen.

2. Jonas Hofmann baru bergabung pada musim panas 2023

5 Pemain Tertua di Bayer Leverkusen pada 2023/2024, Ada Xhaka!Jonas Hoffman (bayer04.de)

Berikutnya ada pemain berusia 31 tahun bernama Jonas Hofmann. Dia berposisi utama sebagai sayap kanan. Kendati demikian, Hofmann juga sanggup diposisikan sebagai gelandang serang dan gelandang tengah jika diperlukan.

Hofmann sendiri termasuk pemain baru di Bayer Leverkusen. Bagaimana tidak, pemain kelahiran Heidelberg, Jerman, ini baru bergabung pada musim panas 2023. Demi mendatangkan Hofmann, Bayer Leverkusen harus membayar biaya transfer sebesar 167 miliar rupiah ke Borussia Moenchengladbach.

Baca Juga: 5 Rekrutan Terakhir Bayer Leverkusen dari EPL, Xhaka Terbaru

3. Granit Xhaka juga baru merapat pada musim panas 2023

5 Pemain Tertua di Bayer Leverkusen pada 2023/2024, Ada Xhaka!Granit Xhaka (kanan) (bundesliga.com)

Senada dengan Jonas Hofmann, Granit Xhaka juga termasuk rekrutan baru Bayer Leverkusen. Pemain berusia 31 tahun ini digaet dari Arsenal pada musim panas 2023. Tak tanggung-tanggung, Bayer Leverkusen rela menggelontorkan dana sebesar 250 miliar rupiah demi mendapatkan tanda tangan Xhaka.

Pemain berpaspor Swiss ini tampaknya masuk rencana jangka panjang Bayer Leverkusen. Buktinya, Xhaka diikat kontrak hingga 2028 mendatang. Kedatangan Xhaka yang berposisi gelandang bertahan bisa menambah kreativitas di lini tengah Bayer Leverkusen.

4. Niklas Lomb sudah mengabdi sejak 2012, tetapi jarang dimainkan

5 Pemain Tertua di Bayer Leverkusen pada 2023/2024, Ada Xhaka!Niklas Lomb (bundesliga.com)

Niklas Lomb menempati posisi yang sama dengan Lukas Hradecky, yakni kiper. Kendati demikian, pemain berusia 30 tahun ini lebih sering menjadi kiper pelapis. Lomb sendiri bisa dibilang pemain lama di Bayer Leverkusen.

Bagaimana tidak, pemain setinggi 186 sentimeter ini sudah berkostum Bayer Leverkusen sejak 2012. Saat ini Lomb memiliki sisa kontrak dengan klub hingga musim panas 2024. Meski sudah lama membela Bayer Leverkusen, Lomb ternyata baru memainkan enam pertandingan. Hal itu disebabkan perannya yang hanya sebatas kiper pelapis.

5. Robert Andrich lebih sering turun dari bangku cadangan

5 Pemain Tertua di Bayer Leverkusen pada 2023/2024, Ada Xhaka!Robert Andrich (bayer04.de)

Terakhir, ada pemain berposisi gelandang tengah bernama Robert Andrich. Pemain berusia 29 tahun ini sudah menjadi bagian dari skuad Bayer Leverkusen sejak 2021. Saat ini, Andrich masih terikat kontrak dengan klub hingga 2026.

Sejauh ini, Andrich telah turun dalam 85 pertandingan di semua ajang bersama Bayer Leverkusen. Sumbangsihnya mencakup 10 gol dan 6 assist. Secara peran, Andrich lebih sering turun dari bangku cadangan ketimbang menjadi starter di Bayer Leverkusen.

Lima nama di atas adalah para pemain tertua di skuad Bayer Leverkusen pada 2023/2024. Dua di antaranya merupakan rekrutan Bayer Leverkusen pada musim panas 2023. Keduanya adalah Granit Xhaka dan Jonas Hofmann. Keduanya bakal unjuk kualitas bersama Bayer Leverkusen pada 2023/2024.

Baca Juga: Mengulik Kedigdayaan Bayer Leverkusen di Bawah Kendali Xabi Alonso

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya