4 Pemain yang Dibeli Bayer Leverkusen pada Musim Panas 2023

Granit Xhaka dibeli dari Arsenal

Bayer Leverkusen berhasil menempati peringkat keenam klasemen akhir Bundesliga Jerman 2022/2023. Meski terbilang tidak buruk, hasil tersebut merupakan penurunan dari musim sebelumnya. Sebab, pada 2021/2022, Leverkusen menempati peringkat ketiga.

Bayer Leverkusen tentu ingin meraih hasil lebih baik pada musim depan. Mereka tengah merombak skuad pada musim panas 2023. Sejauh ini, Leverkusen telah membeli empat pemain anyar. Siapa saja?

1. Victor Boniface

4 Pemain yang Dibeli Bayer Leverkusen pada Musim Panas 2023Victor Boniface (bundesliga.com)

Victor Boniface adalah pemain berpaspor Nigeria yang kini berusia 22 tahun. Dia biasa tampil sebagai penyerang dalam skema permainan tim. Boniface sendiri diboyong Bayer Leverkusen pada musim panas 2023 dari klub Belgia, Union SG.

Demi mendapatkan tanda tangan Boniface, Bayer Leverkusen harus merogoh kocek hingga 20,5 juta euro atau Rp341 miliar. Dia langsung diamankan dengan kontrak berdurasi 5 musim hingga 2028. Boniface bakal menghadapi tantangan baru di Leverkusen.

Pasalnya, dia belum pernah bermain untuk klub Jerman sebelumnya. Saat terakhir membela Union SG, Boniface mengemas 17 gol dan 12 assist dalam 51 pertandingan. Dia pun diharapkan dapat meneruskan produktivitasnya di Bayer Leverkusen pada 2023/2024.

2. Granit Xhaka

4 Pemain yang Dibeli Bayer Leverkusen pada Musim Panas 2023Granit Xhaka (bayer04.de)

Granit Xhaka adalah pemain yang kerap menempati lini tengah. Pasalnya, pemain asal Swiss ini biasa bermain sebagai gelandang bertahan dan gelandang tengah. Xhaka sendiri diboyong Bayer Leverkusen pada musim panas 2023 dari Arsenal.

Biaya transfernya mencapai 15 juta euro atau sekitar Rp249 miliar. Dilansir 90min, alasan kepergian Xhaka dari Arsenal karena sang pemain ingin mencari tantangan baru. Kedatangan pemain berpengalaman seperti Xhaka tentu bakal berguna bagi Bayer Leverkusen.

Atmosfer Liga Jerman seharusnya sudah tidak asing bagi pemain berusia 30 tahun ini. Pasalnya, Xhaka pernah bermain untuk Borussia Moenchengladbach selama 4 musim (2012--2016). Pemilik 115 caps dan 13 gol bersama Timnas Swiss ini sendiri dikontrak Bayer Leverkusen hingga 2028.

Baca Juga: 5 Pemain Bayer Leverkusen yang Akan Pergi pada Musim Panas 2023

3. Jonas Hofmann

4 Pemain yang Dibeli Bayer Leverkusen pada Musim Panas 2023Jonas Hoffman (bayer04.de)

Berikutnya, ada pemain kelahiran Heidelberg, Jerman, bernama Jonas Hoffman. Pemain berusia 31 tahun ini biasa beroperasi di lini depan lantaran berposisi utama sayap kanan. Hoffman juga bisa menjadi gelandang serang dan gelandang tengah jika dibutuhkan.

Dia dibeli Bayer Leverkusen dari sesama klub Jerman, Borussia Moenchengladbach, pada musim panas 2023. Untuk mendatangkan Hoffman, Leverkusen membayar mahar 10 juta euro alias Rp166 miliar ke Moenchengladbach. Hal itu menjadi akhir kebersamaan Hoffman dengan Moenchengladbach yang telah berlangsung 7 musim (2016--2023).

4. Arthur

4 Pemain yang Dibeli Bayer Leverkusen pada Musim Panas 2023Arthur (bayer04.de)

Terakhir, ada wonderkid asal Brasil bernama Arthur. Bek kanan berusia 20 tahun ini didatangkan Bayer Leverkusen dari America-MG pada musim panas 2023. Arthur ditebus dengan mahar 7 juta euro atau Rp116 miliar.

Bayer Leverkusen bisa dibilang cukup berani dengan membuat keputusan itu. Pasalnya, Arthur masih muda dan belum memiliki pengalaman bermain di Liga Jerman. Pemain setinggi 174 sentimeter ini harus berjuang keras untuk mendapat tempat di skuad utama Leverkusen, terutama di lini belakang.

Dari 4 pemain yang telah dibahas di atas, 2 di antaranya belum pernah mencicipi atmosfer Bundesliga Jerman. Keduanya adalah Victor Boniface dan Arthur. Kira-kira, mampukah mereka beradaptasi dan tampil apik bersama Bayer Leverkusen pada 2023/2024?

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Dijual Bayer Leverkusen ke Klub Premier League

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya