4 Pemain yang Dilepas Chelsea secara Gratis pada Musim Panas 2023

Pierre-Emerick Aubameyang hanya bertahan semusim di Chelsea

Chelsea termasuk salah satu klub English Premier League (EPL) yang cukup aktif pada bursa transfer musim panas 2023. Klub berjuluk The Blues ini tentu tidak puas dengan hanya menempati peringkat ke-12 klasemen EPL 2022/2023.

Demi meraih hasil yang lebih baik musim depan, Chelsea merombak skuadnya. Tidak hanya mendatangkan pemain baru, The Blues juga melepas beberapa pemain lama. Beberapa pemain dilepas Chelsea secara gratis lantaran sudah habis kontrak. Inilah empat pemain yang dilepas Chelsea secara gratis pada musim panas 2023.

1. Cesar Azpilicueta

4 Pemain yang Dilepas Chelsea secara Gratis pada Musim Panas 2023Cesar Azpilicueta (premierleague.com)

Cesar Azpilicueta adalah pemain yang kerap mengisi lini belakang. Pemain berusia 33 tahun ini bisa tampil sebagai bek kanan, bek kiri, dan bek tengah. Azpilicueta sendiri memulai perjalanannya di Chelsea pada musim panas 2012.

Saat itu, pemain berpaspor Spanyol ini didatangkan The Blues dari klub Prancis, Olympique Marseille. Seiring berjalannya waktu, Azpilicueta menjelma menjadi salah satu instrumen penting permainan Chelsea. Perannya di lini pertahanan The Blues sulit digantikan.

Sayang, kebersamaan Azpilicueta dengan Chelsea mencapai titik akhir pada musim panas 2023. Kontraknya yang habis tidak lagi diperpanjang The Blues. Tak sampai menganggur, Azpilicueta langsung diangkut Atletico Madrid dan dikontrak hingga musim panas 2024.

2. Abdul Rahman Baba

4 Pemain yang Dilepas Chelsea secara Gratis pada Musim Panas 2023Abdul Rahman Baba (chelseafc.com)

Berikutnya, ada pemain asal Ghana bernama Abdul Rahman Baba. Pria berusia 29 tahun ini mulai mengenakan kostum Chelsea pada musim panas 2015. Saat itu, Baba diboyong dari FC Augsburg dengan mahar 26 juta euro alias Rp431 miliar.

Diharapkan mampu menjadi bintang, karier Baba di Chelsea malah berjalan sebaliknya. Dia gagal bersinar dan lebih sering dipinjamkan The Blues. Pemain berposisi bek kiri ini akhirnya dilepas Chelsea secara gratis ke PAOK Salonika pada musim panas 2023.

Baca Juga: 5 Gelandang Top yang Pernah Dilepas Chelsea secara Gratis, Ada Kante!

3. N'Golo Kante

4 Pemain yang Dilepas Chelsea secara Gratis pada Musim Panas 2023N'Golo Kante (chelseafc.com)

N'Golo Kante termasuk salah satu pemain Eropa yang hijrah ke Liga Arab Saudi. Pemain berposisi gelandang bertahan ini meninggalkan Chelsea dan merapat ke Al-Ittihad pada musim panas 2023. Sebelumnya, Kante sempat menghabiskan 7 musim (2016--2023) di Chelsea.

Dalam kurun waktu itu, pemain dengan 53 caps dan 2 gol bersama Timnas Prancis ini mengemas 13 gol dan 16 assist dalam 269 pertandingan bersama Chelsea. Kante sendiri pernah menjadi salah satu pemain termahal di Chelsea pada 2018. Saat itu, nilai pasarnya menyentuh 100 juta euro atau Rp1,6 triliun.

Sayang, performanya kian menurun seiring bertambahnya usia. Penurunan performa tersebut juga mengerek turun nilai pasarnya. Meski kini sudah berusia 32 tahun, sosok Kante yang memiliki pengalaman panjang membela Chelsea bakal berguna bagi Al-Ittihad.

4. Pierre-Emerick Aubameyang

4 Pemain yang Dilepas Chelsea secara Gratis pada Musim Panas 2023Pierre-Emerick Aubameyang (chelseafc.com)

Terakhir, ada pemain andalan Timnas Gabon bernama Pierre-Emerick Aubameyang. Pemain berusia 34 tahun ini tidak lama berseragam Chelsea. Aubameyang didatangkan The Blues pada musim panas 2022 dari Barcelona. 

Kendati demikian, pemain berposisi penyerang ini gagal bersinar di Chelsea. Dia hanya mengemas 3 gol dan 1 assist dalam 21 pertandingan. Usia yang sudah tidak muda tampaknya membuat performanya tidak sebagus dahulu saat masih di Arsenal. Aubameyang akhirnya dilepas Chelsea ke Olympique Marseille secara gratis pada musim panas 2023.  

Dari 4 nama di atas, 3 di antaranya sudah memasuki usia kepala tiga. Faktor usia tampaknya menjadi salah satu alasan Chelsea enggan memperpanjang kontrak mereka. Abdul Rahman Baba sebagai satu-satunya yang belum berusia kepala tiga juga gagal tampil impresif di Chelsea. 

Baca Juga: 6 Pemain Terakhir Marseille dari Premier League, Ada Aubameyang!

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya