Rapor 4 Bek Tengah West Ham pada Paruh Musim Pertama 2023/2024

Kurt Zouma sulit digantikan di lini belakang West Ham

West Ham agaknya sungguh memperhatikan lini pertahanan mereka. Buktinya, klub dengan julukan The Hammers ini memiliki cukup banyak pemain belakang pada 2023/2024. Ada sedikitnya delapan bek yang menghuni skuad West Ham.

Dari 8 bek yang terdaftar dalam skuad West Ham, 4 di antaranya berposisi sebagai bek tengah. Salah satunya adalah pemain asal Prancis bernama Kurt Zouma. Dia jadi andalan di lini belakang yang kerap diturunkan sebagai starter di tiap pertandingan The Hammers. 

Lantas, seperti apa rapor performa Kurt Zouma beserta tiga bek tengah lain yang dimiliki West Ham pada paruh musim pertama 2023/2024?

1. Nayef Aguerd sempat melewatkan beberapa laga lantaran membela Timnas Maroko

Rapor 4 Bek Tengah West Ham pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Nayef Aguerd (whufc.com)

Nayef Aguerd adalah pemain asal Maroko yang kini berusia 27 tahun. Dia sudah menjadi bagian dari West Ham sejak musim panas 2022. Saat ini, Aguerd yang mengantongi 42 caps dan 1 gol bersama Timnas Maroko masih terikat kontrak dengan The Hammers hingga musim panas 2027. 

Aguerd termasuk sosok sentral di lini pertahanan West Ham. Dia kerap dipercaya turun sebagai starter di berbagai pertandingan West Ham. Pemain dengan tinggi badan 190 sentimeter ini seolah sosok tak tergantikan di posisi bek tengah The Hammers.

Hingga paruh musim pertama 2023/2024, Aguerd telah memainkan sedikitnya 19 pertandingan bersama West Ham. Kontribusinya baru berupa satu gol. Aguerd sempat melewatkan beberapa pertandingan The Hammers lantaran memperkuat Timnas Maroko di Piala Afrika 2024.

2. Kurt Zouma jadi tumpuan di lini belakang

Rapor 4 Bek Tengah West Ham pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Kurt Zouma (whufc.com)

Selanjutnya, ada pemain yang perannya tidak kalah penting dari Nayef Aguerd di lini pertahanan West Ham. Pemain yang dimaksud adalah Kurt Zouma. Pria berpaspor Prancis ini sudah memperkuat The Hammers sejak musim panas 2021. 

West Ham bukan klub Inggris pertama dalam karier Zouma. Sebelumnya, bek tengah berpostur 190 sentimeter ini pernah bermain untuk Chelsea, Stoke City, dan Everton. Pengalaman tersebut membuat Zouma tidak kesulitan beradaptasi di West Ham.

Zouma cukup sering menjadi pilihan utama di lini belakang West Ham. Dia kerap mengisi pos bek tengah bersama Nayef Aguerd. Hingga paruh musim pertama 2023/2024, Zouma telah menjalani 21 pertandingan dan menorehkan sebiji gol bersama The Hammers.

Baca Juga: 3 Kekalahan Terbesar West Ham United di EPL Sedekade Terakhir

3. Konstantinos Mavropanos lebih sering turun dari bangku cadangan

Rapor 4 Bek Tengah West Ham pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Konstantinos Mavropanos (whufc.com)

Konstantinos Mavropanos adalah pemain kelahiran Athens, Yunani, yang kini berusia 26 tahun. Dia belum lama mengenakan jersey West Ham. Bagaimana tidak, Mavropanos baru direkrut The Hammers dari VfB Stuttgart pada musim panas 2023.

Demi mendapatkan tanda tangan Mavropanos, West Ham rela merogoh kocek sebesar 337 miliar rupiah. Kedatangan pemain setinggi 194 sentimeter ini untuk memperdalam lini pertahanan The Hammers. Sayang, Mavropanos lebih sering turun dari bangku cadangan. Hingga paruh musim pertama 2023/2024, dia baru turun dalam 10 pertandingan dengan torehan 1 gol.

4. Angelo Ogbonna kesulitan bersaing di skuad utama West Ham

Rapor 4 Bek Tengah West Ham pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Angelo Ogbonna (whufc.com)

Terakhir, ada pemain asal Italia bernama Angelo Ogbonna. Dia termasuk sosok veteran di West Ham lantaran telah berusia 35 tahun. Ogbonna sendiri sudah sangat lama mengabdi kepada The Hammers, yakni sejak musim panas 2015.

Sayang, performa Ogbonna telah menurun seiring bertambahnya usia. Dia pun kesulitan bersaing di skuad utama West Ham dan lebih sering turun dari bangku cadangan. Hingga paruh musim pertama 2023/2024, Ogbonna yang mengoleksi 13 caps bersama Timnas Italia baru turun dalam 6 pertandingan bersama The Hammers. Dia juga belum menyumbang gol maupun assist. 

Empat bek tengah di atas diandalkan West Ham dalam mengawal lini pertahanan. Kendati demikian, tidak semua mampu mendapat tempat di skuad utama. Contohnya Angelo Ogbonna dan Konstantinos Mavropanos yang lebih sering memulai laga dari bangku cadangan. Mereka agaknya kesulitan bersaing dengan dua bek tengah lainnya, Kurt Zouma dan Nayef Aguerd.

Baca Juga: Kiprah 5 Pemain yang Dipinjamkan West Ham pada Paruh Musim 2023/2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya