Rapor 5 Bek Tengah Liverpool pada Paruh Musim Pertama 2023/2024

Virgil van Dijk salah satunya

Liverpool merupakan salah satu klub papan atas di English Premier League (EPL). Sebagai klub papan atas, tidak mengejutkan klub dengan julukan The Reds ini memiliki pemain berkualitas di setiap posisi. Salah satu posisi yang cukup penting adalah bek tengah.

Pada 2023/2024, Liverpool tercatat memiliki sedikitnya lima pemain berposisi bek tengah. Salah satu bek tengah yang cukup diandalkan Liverpool adalah Virgil van Dijk. Van Dijk sendiri tidak hanya menjadi andalan di sektor pertahanan, tetapi juga sebagai kapten kesebelasan di Liverpool.

Lalu, bagaimana performa Virgil van Dijk dan empat bek tengah lain milik Liverpool hingga paruh musim pertama 2023/2024?

1. Ibrahima Konate belum mampu menyumbang gol ataupun assist

Rapor 5 Bek Tengah Liverpool pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Ibrahima Konate (liverpoolfc.com)

Pertama, ada pemain kelahiran Paris, Prancis, bernama Ibrahima Konate. Bek tengah berusia 24 tahun ini memiliki postur setinggi 194 sentimeter. Postur tersebut cukup ideal untuk mengakomodasi peran Konate sebagai bek tengah. Konate sendiri telah memperkuat Liverpool sejak musim panas 2021.

Konate sendiri cukup sering dipercaya sebagai starter untuk mengisi sektor pertahanan Liverpool. Pemain dengan 13 caps bersama Timnas Prancis ini sudah turun dalam 16 pertandingan bersama The Reds hingga paruh musim pertama 2023/2024. Sayang, belum ada gol ataupun assist yang mampu disumbang Konate untuk Liverpool.

2. Virgil van Dijk menjadi kapten sekaligus andalan di sektor pertahanan

Rapor 5 Bek Tengah Liverpool pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Virgil van Dijk (liverpoolfc.com)

Berikutnya, ada bek tengah andalan sekaligus kapten Liverpool. Namanya adalah Virgil van Dijk. Pemain asal Belanda ini bisa dibilang pemain veteran di skuad The Reds lantaran usianya sudah menginjak 32 tahun. Meski sudah tidak muda, Van Dijk masih jadi andalan di lini pertahanan Liverpool.

Van Dijk cukup sering bertandem dengan Ibrahima Konate di lini belakang Liverpool. Pemain dengan tinggi badan 193 sentimeter ini sudah melakoni sedikitnya 20 pertandingan bersama The Reds hingga paruh musim pertama 2023/2024. Secara kontribusi, Van Dijk telah mengukir 1 gol dan 2 assist.

Baca Juga: Liverpool Tanpa Van Dijk dan Salah, Gak Masalah

3. Joe Gomez cukup fleksibel lantaran bisa mengisi tiga posisi berbeda

Rapor 5 Bek Tengah Liverpool pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Joe Gomez (liverpoolfc.com)

Joe Gomez adalah pemain yang sudah sangat lama memperkuat Liverpool. Pemain asal Inggris/Gambia ini sudah mengenakan jersey The Reds sejak musim panas 2015. Gomez sendiri tidak hanya mampu menjadi bek tengah, tetapi juga dapat diposisikan sebagai bek kanan ataupun bek kiri.

Gomez telah melakoni total 19 pertandingan bersama Liverpool hingga paruh musim pertama 2023/2024. Dia baru berhasil menyumbang sebiji assist sejauh ini. Kendati demikian, jumlah tersebut masih mungkin bertambah mengingat sisa musim 2023/2024 yang masih relatif panjang.

4. Joel Matip sedang absen lantaran cedera

Rapor 5 Bek Tengah Liverpool pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Joel Matip (liverpoolfc.com)

Berikutnya, ada pemain asal Kamerun bernama Joel Matip. Pemain berusia 32 tahun ini sudah memperkuat Liverpool sejak musim panas 2016. Saat itu, Matip digaet The Reds dari FC Schalke 04 dengan gratis alias bebas transfer. Saat ini, dia masih terikat kontrak dengan Liverpool hingga musim panas 2024.

Matip sendiri baru memainkan total sepuluh pertandingan bersama Liverpool hingga paruh musim pertama 2023/2024. Dia belum berhasil mencatatkan gol ataupun assist.  Saat ini, Matip juga terpaksa absen lantaran menderita cedera cruciate ligament. Dia diperkirakan baru kembali memperkuat Liverpool pada 30 Juni 2024.

5. Jarell Quansah lebih sering turun dari bangku cadangan

Rapor 5 Bek Tengah Liverpool pada Paruh Musim Pertama 2023/2024Jarell Quansah (liverpoolfc.com)

Jarell Quansah menjadi bek tengah termuda yang masuk dalam daftar ini. Pemain kelahiran Warrington, Inggris, ini baru berusia 21 tahun. Quansah sendiri memiliki postur 190 sentimeter yang mendukung posisinya sebagai seorang bek tengah. 

Quansah merupakan pemain jebolan Liverpool yang promosi ke tim senior pada musim panas 2023. Di tim senior The Reds, pemain dengan tiga caps bersama Timnas Inggris U21 ini baru turun dalam enam pertandingan hingga paruh musim pertama 2023/2024. Quansah lebih sering memulai laga dari bangku cadangan dan belum menyumbang gol ataupun assist. 

Lima nama di atas adalah para bek tengah yang dimiliki Liverpool pada 2023/2024. Tidak semuanya mampu bersaing di skuad utama The Reds. Sebut saja Jarell Quansah yang lebih sering memulai laga dari bangku cadangan. Ada juga Joel Matip yang belum bisa memperkuat Liverpool lantaran sedang cedera.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Jarell Quansah, Calon Pengganti Virgil van Dijk

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya