Terkena Masalah Pajak, 5 Atlet Sepak Bola Ini Hampir Saja Dipenjara

Masalah pajak menjadi hal yang menakutkan bagi para atlet

Semua orang sama di mata hokum, bahkan para pemain sepak bola terkenal sekalipun tidak bisa lepas darinya terutama masalah membayar pajak. Yap, masalah pembayaran pajak memang menjadi hal yang menakutkan bagi banyak atlet, bukan hanya karena jumlah pajak yang sangat besar tetapi juga kurangnya pengetahuan akan pajak itu sendiri.

Banyak para atlet terkenal yang memiliki konsultan pajak sendiri, tetapi beberapa kasus menunjukkan bahwa hal itu tetap membuat mereka terjerat masalah pajak. Siapa saja sih pemain sepak bola dunia yang pernah terkena masalah pajak, berikut adalah ulasannya untuk Kamu.

1. Angel Di Maria

Terkena Masalah Pajak, 5 Atlet Sepak Bola Ini Hampir Saja Dipenjaragoal.com

Angel Di Maria adalah pemain sepak bola berkebangsaan Argentina yang saat ini bermain untuk Paris Saint-Germain. Di Maria diketahui telah melakukan pelanggaran pajak saat masih berkostum Real Madrid dengan total 1,14 juta euro atau setara dengan 19 miliar Rupiah.

Di Maria harus membayar denda kepada otoritas pajak Spanyol atau dipenjara selama setahun. Beruntung, Di Maria bersikap kooperatif dan bersedia membayar 2 juta euro sehingga tidak perlu dipenjara.

2. Neymar

Terkena Masalah Pajak, 5 Atlet Sepak Bola Ini Hampir Saja Dipenjaraen.as.com

Neymar terkena masalah pajak lantaran nilai transfer dia tidak dilaporkan secara transparan. Hal ini terjadi pada tahun 2013 saat Barcelona mentranfer Neymar dari Santos, kala itu dilaporkan bahwa nilai transfer Neymar hanya 57 juta euro saja, tetapi diketahui 2 tahun kemudian bahwa nilai aslinya lebih dari itu.

3. Lionel Messi

Terkena Masalah Pajak, 5 Atlet Sepak Bola Ini Hampir Saja Dipenjaragoal.com

Salah satu pemain bintang Lionel Messi juga sempat terkena masalah pajak, hal ini diakui tidak disadari oleh Lionel Messi sendiri. Pasalnya, denda sebesar 252 ribu euro (sekitar Rp 3,7 miliar) harus dibayar oleh Messi dan 180 ribu euro (sekitar Rp 2,6 miliar) harus dibayar oleh ayah Messi.

Kasus penggelapan pajak ini terjadi pada tahun 2007 hingga 2009 dan mulai diketahui oleh pihak perpajakan Spanyol pada tahun 2016. Messi dan ayahnya terancam dipenjara selama 21 bulan jika tidak membayar denda akibat pelanggaran pajak yang dilakukannya.

Baca Juga: Ditetapkan Jadi Tersangka, 2 Pegawai Pajak Ambon Terancam Bui 20 Tahun

4. Xabi Alonso

Terkena Masalah Pajak, 5 Atlet Sepak Bola Ini Hampir Saja Dipenjaraliverpoolfc.com

Masalah pajak yang mengenai pemain kelahiran Spanyol yang juga terkena masalah pajak saat dia masih bermain untuk Real Madrid. Kasus ini sudah mencuat pada tahun 2014 dengan tuduhan penggelapan pajak dari tahun 2009-2014. Sempat dinyatakan tidak bersalah, tetapi pihak perpajakan Spanyol kembali menuntut 8 tahun penjara kepada pemain yang sudah pensiun ini pada awal tahun 2018.

5. Christiano Ronaldo

Terkena Masalah Pajak, 5 Atlet Sepak Bola Ini Hampir Saja Dipenjarawww.juventus.com

Christiano Ronaldo adalah salah satu pemain yang kasus pajaknya banyak disorot belakangan ini, masalah pajak ini jugalah yang dikatakan menjadi alasan Ronaldo minggat dari Real Madrid dan pindah ke Juventus.

Ronaldo harus menggelontorkan uang sebesar 5 juta Poundsteriling (sekitar Rp 95 miliar) agar tidak harus mendekam di penjara selama 2 tahun. Penggelapan pajak yang dilakukan Ronaldo diperkirakan terjadi pada tahun 2011 dan 2014, saat dia masih membela Real Madrid.

Nah, jadi itulah 5 pemain sepak bola terkenal yang sempat terkena masalah pajak. Jika pemain sepak bola terkenal saja bisa dihukum karena pajak, kita pun juga beresiko mengalami hal yang sama. Jadi, pastikan untuk selalu taat membayar pajak, ya!

Baca Juga: Aktris Tiongkok Menghilang di Tengah Dugaan Penggelapan Pajak

Deny Hung Photo Verified Writer Deny Hung

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya