Danilo Petrucci Konfirmasi Akan Berkompetisi di Ajang MotoAmerica

Petrucci masih fokus di Dakar Rally saat ini

Danilo Petrucci kini sedang disibukkan dengan balapan di Dakar Rally. Pembalap asal Italia itu berkompetisi di ajang tersebut bersama KTM.

Usai Dakar Rally, tersiar kabar bahwa Petrucci akan melanjutkan petualangan ke ajang MotoAmerica. Kabar tersebut akhirnya dikonfirmasi langsung oleh sang pembalap.

1. Tak lagi berada di MotoGP, Petrucci rasakan nuansa berbeda di Dakar Rally

Danilo Petrucci Konfirmasi Akan Berkompetisi di Ajang MotoAmericaDanilo Petrucci pada ajang Dakar Rally (twitter.com/crash_motogp)

Danilo Petrucci tak lagi menghiasi MotoGP pada 2022. Namun, ia tetap bersama KTM dengan mengikuti Dakar Rally yang berlangsung pada 1–14 Januari 2022. 

Petrux, julukan Petrucci, harus menempuh rute 9.000 km sebelum melintasi garis finis. Hal ini jelas berbeda dibandingkan dengan yang dirinya rasakan selama berada di MotoGP.

“Ini bukan sebuah balapan sesungguhnya seperti yang harus selalu aku pahami. Ini sebuah petualangan. Hal terpenting di sini adalah kemenangan tim. Atmosfernya lebih rileks. Di MotoGP tekanannya lebih tinggi,” kata Petrucci dilansir Motorcycle Sports.

2. Rumor Petrucci ke MotoAmerica merebak sejak September 2020

Danilo Petrucci Konfirmasi Akan Berkompetisi di Ajang MotoAmericaDanilo Petrucci (twitter.com/dakar)

Terkait rencananya selepas Dakar Rally, ada isu yang menyebut Petrucci akan menjajal ajang balap lain. Rumor tersebut telah merebak sejak September 2020 lalu dan MotoAmerica disebut akan jadi pelabuhan selanjutnya bagi pembalap berusia 31 tahun itu.

Saat itu, dikabarkan jika Petrucci akan memperkuat Warhorse HSBK Racing Ducati New York. Namun, dari pihak tim masih belum merilis pernyataan apa pun terkait pembalap mereka untuk 2022.

Baca Juga: Danilo Petrucci: Aku Dicintai Selama di MotoGP, tetapi Tak Dihormati

3. Petrucci meyakinkan dirinya tak hanya akan berkompetisi di Dakar Rally

Danilo Petrucci Konfirmasi Akan Berkompetisi di Ajang MotoAmericaDanilo Petrucci menunggangi motornya pada Dakar Rally. (twitter.com/Petrux9)

Di sisi lain, Petrucci mengungkapkan rencananya untuk terjun di ajang MotoAmerica. Pasalnya, saat ini, pintu untuk memperkuat tim di MotoGP sudah tertutup.

“Dengan pintu yang tertutup di MotoGP, aku memikirkan tentang proyek baru. Kesempatan ini datang dan aku senang karena ini membuatku bertumbuh," kata Petrucci.

"Apa yang paling aku suka adalah aku memilih reli sebab aku suka berada di atas motor dan itu akan sama di MotoAmerica. Aku akan melihat benua baru dan tak masalah untuk mencoba saat usia 31 tahun. Namun, aku berjanji ini bukan hanya Dakar Rally."

4. Menyokong Petrucci di Dakar Rally, KTM masih belum terjun di MotoAmerica

Danilo Petrucci Konfirmasi Akan Berkompetisi di Ajang MotoAmericaDanilo Petrucci saat memperkuat Tech3 KTM di MotoGP. (motoamerica.com)

Petrucci nantinya akan berkompetisi di MotoAmerica. Namun, yang menjadi masalah adalah saat ini dirinya terikat kontrak dengan KTM.

Saat ini, pabrikan motor asal Austria itu belum merambah ke ajang MotoAmerica di kelas Superbike. Di kelas tersebut ada BMW, Ducati, Honda, Kawasaki, Suzuki, dan Yamaha. Bukan tidak mungkin ke depannya KTM akan benar-benar berlaga di MotoAmerica demi mendukung Petrucci.

5. Sekilas pandang tentang MotoAmerica

Danilo Petrucci Konfirmasi Akan Berkompetisi di Ajang MotoAmericaMotoAmerica kelas Superbike 2021 (motoamerica.com)

Mari sekilas berkenalan dengan MotoAmerica. Ajang balap ini disahkan oleh American Motorcyclist Association (AMA) dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) pada 2015 silam.

Dikutip dari situs resmi organisasi, MotoAmerica memiliki tujuh kelas seri balap yakni Superbike, Supersport, Junior Cup, Stock 1000, Twins Cup, King of The Baggers, dan Mini Cup.

MotoAmerica dijalankan oleh KRAVE Group dan berbasis di Amerika Utara. Adapun peraih tiga gelar juara dunia MotoGP kelas 500cc, Wayne Rainey, merupakan presiden dari MotoAmerica.

Hingga saat ini keputusan Petrucci masih abu-abu. Ke tim mana ia akan berlabuh di MotoAmerica? Apakah Ducati atau KTM akan masuk ke ajang tersebut dan menyokong Petrux? Kita masih menanti!

Baca Juga: Karier Danilo Petrucci, Dari Superstock ke MotoGP dan Kini Reli Dakar

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya