5 Mantan Pemain Top Barcelona yang Kini Bermain di Klub Serie A

Salah satunya Zlatan Ibrahimovic

Barcelona merupakan salah satu raksasa Eropa yang sukses dengan raihan banyak gelar. Walaupun, akhir-akhir ini performnya bisa dibilang cukup menurun, namun Barcelona selalu memiliki beberapa pemain top setiap musimnya.

Beberapa mantan pemain top Barcelona tersebut, ternyata kini banyak yang berkarier di Italia. Serie A sendiri dinilai tepat bagi para mantan pemain top tersebut untuk kembali menemukan permainan terbaiknya.

Seperti beberapa pemain top ini, mereka pernah membela Barcelona sebelum bermain di Serie A musim ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Pedro (SS Lazio)

5 Mantan Pemain Top Barcelona yang Kini Bermain di Klub Serie Apotret Pedro bersama Lazio (thelaziali.com)

Pedro bisa dikatakan berhasil menjadi salah satu pemain terbaik lulusan akademi La Masia. Pada 2008 silam, pemain yang berposisi sebagai winger kanan tersebut dipromosikan oleh Frank Rijkaard, dan mampu tampil apik hingga menjadi pemain andalan pada era Pep Guardiola.

Bersama El Barca, Pedro total bermain sebanyak 321 pertandingan, dengan berhasil mencetak 99 gol dan 62 assists. Hingga pada 2015, ia memutuskan bergabung bersama Chelsea dan bertahan lima musim di Stamford Bridge, sebelum hijrah ke Serie A bersama AS Roma. 

Musim ini, pemain 34 tahun tersebut membela Lazio setelah hanya semusim berseragam Serigala Roma. Ia juga masih menjadi salah satu pemain penting pada sisi kanan penyerangan klub yang juga menjadi rival sekota AS Roma itu.

2. Alexis Sanchez (Inter Milan)

5 Mantan Pemain Top Barcelona yang Kini Bermain di Klub Serie Apotret Sanchez bersama Inter Milan (twitter.com/Inter_Xtra)

Didatangkan Barcelona dari Udinese pada bursa transfer musim panas 2011 dengan banderol 23,4 juta euro atau sekitar Rp389 miliar, Alexis Sanchez bisa dibilang bermain cukup apik dengan mencetak 46 gol dari 141 pertandingan yang telah ia jalani bersama Blaugrana.

Catatan tersebut yang membuat klub Meriam London, Arsenal terpincut untuk mendatangkan Sanchez. Kecemerlangan pemain asal Chile itu terus berlanjut hingga pada Januari 2018, ia didatangkan oleh Manchester United melalui skema pertukaran dengan Henrikh Mkhitaryan.

Namun, ia malah tampil jauh dari ekspektasi, di mana akhirnya ia malah dipinjamkan ke klub Seria A, Inter Milan pada musim 2019/20 lalu. Ia kemudian dapat kembali menemukan permainan terbaiknya, yang membuatnya mendapat kontrak permanen dan hingga kini menjadi salah satu pemain andalan Nerazzurri.

Baca Juga: 5 Pemain Bintang yang Gagal Bersinar Selama Membela Barcelona

3. Arturo Vidal (Inter Milan)

5 Mantan Pemain Top Barcelona yang Kini Bermain di Klub Serie Apotret Arturo Vidal bersama Inter Milan (latercera.com)

Membela Barcelona setelah tiba dari keberhasilannya bersama raksasa Jerman, Bayern Munchen, Arturo Vidal diharapakan mampu menjadi salah satu kreator serangan baru El Barca, setelah sulit menemukan pengganti Andres Iniesta.

Di musim pertamanya bersama klub asal Catalan tersebut, Vidal sukses membawa Barcelona meraih gelar Piala Super Spanyol setelah menundukkan Sevilla 2-1. Dan kemudian sukses mengantarkan Blaugrana keluar sebagai juara di akhir musim La Liga 2018/19.

Tetapi, kesuksesannya tidak mampu ia ulangi di musim selanjutnya, Ia gagal membawa Barcelona meraih satu trofi pun. Lantas, ia akhirnya dijual ke Inter Milan pada September 2020 dengan banderol 900 ribu euro atau setara Rp14 miliar dan bertahan di sana hingga sekarang.

4. Arthur (Juventus)

5 Mantan Pemain Top Barcelona yang Kini Bermain di Klub Serie Apotret Arthur bersama Juventus (soycalcio.com)

Didatangkan pada musim yang sama dengan Arturo Vidal, Arthur yang musim sebelumnya hanya bermain di liga domestik Brasil bersama Gremio, harus bersaing untuk merebutkan tempat utama pada pos lini tengah dengan Vidal yang lebih dulu sukses di Eropa.

Arthur memang menjadi salah satu pemain yang dijadikan prospek jangka panjang Blaugrana. Di usianya yang kala itu masih 21 tahun, terbukti ia tetap mampu bersaing dengan sering menjadi pilihan utama seorang Ernesto Valverde.

Tetapi, target Barcelona yang ambisius dengan raihan tanpa gelar pada musim 2019/20, membuat Arthur harus tersingkir dari skuad utama Barcelona dan bergabung bersama Juventus. Namun, hingga awal musim ini, ia juga belum bisa bermain lantaran masih mengalami cedera.

5. Zlatan Ibrahimovic (AC Milan)

5 Mantan Pemain Top Barcelona yang Kini Bermain di Klub Serie Apotret Ibrahimovic bersama AC Milan (twitter.com/acmilan)

Striker kawakan asal Swedia, Zlatan Ibrahimovic memang merupakan pesepak bola yang gemar berpetualang dengan bergabung bersama banyak klub di daratan Eropa, dan salah satu klub yang ia pernah perkuat adalah Barcelona.

Direktur dari Inter Milan pada bursa transfer musim panas 2009, Ibra hanya mampu tampil semusim dengan catatan yang sebenarnya bisa dibilang bagus. Ia mencetak 22 gol dari 46 pertandingan yang telah dilewatinya bersama Barcelona.

Ia kemudian dipinjamkan ke AC Milan pada musim berikutnya, di mana ia mendapat kontrak permanen setelah mampu tampil apik bersama Rossoneri. Sebelum kembali ke AC Milan pada 2019, setidaknya pemain 39 tahun itu telah memperkuat 10 klub selama kariernya dalam dunia sepak bola.

 

Itu dia sederet mantan pemain top yang pernah dimiliki Barcelona dan sekarang bermain di Serie A. Apakah para pemain tersebut mampu menunjukkan kapasitasnya musim ini? Patut dinantikan.

Baca Juga: 5 Pemain Jebolan La Masia yang Kini Jadi Tulang Punggung Barcelona

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya