5 Pemain Liga Skotlandia di Skuad Australia Piala Dunia 2022

Salah satunya sang pemain senior, Aaron Mooy

Australia memanggil setidaknya 26 pemain untuk Piala Dunia 2022 Qatar kali ini. Beberapa di antaranya merupakan pemain dengan nama-nama baru yang mungkin akan menjalani debutnya di Piala Dunia kali ini.

Dari daftar pemain yang dipanggil Graham Arnold untuk memperkuat The Socceroos, ada beberapa nama dari klub Liga Skotlandia atau Scottish Premiership. Nah, kira-kira siapa saja pemain Timnas Australia yang berasal dari klub Liga Skotlandia? Berikut daftarnya!

1. Aziz Behich (Dundee United)

5 Pemain Liga Skotlandia di Skuad Australia Piala Dunia 2022potret Behich bersama Dundee Utd (instagram.com/azizbehich)

Mengisi posisi bek kiri, Aziz Behich merupakan pemain keturunan Turki yang kini bermain untuk Dundee United. Penampilan impresifnya bersama The Terrors di Scottish Premiership membuatnya dipanggil Graham Arnold.

Pemain berusia 31 tahun ini sendiri sebenarnya sudah jadi langganan Timnas Australia. Total, hingga kini ia telah mengantongi 53 caps bersama Socceroos. Edisi ini merupakan Piala Dunia kedua bagi Behich setelah sebelumnya ia juga masuk skuad Piala Dunia Rusia 2018.

2. Nathaniel Atkinson (Heart of Midlothian)

5 Pemain Liga Skotlandia di Skuad Australia Piala Dunia 2022potret Atkinson(merah) bersama HoM (instagram.com/nattyakka)

Nathaniel Atkinson yang bermain untuk Heart of Midlothian juga dipanggil Graham Arnold untuk memperkuat Australia di Piala Dunia 2022 Qatar. Meski belum banyak memiliki caps Timnas, Atkinson dinilai memiliki kualitas mumpuni.

Padahal, di level klub, bek kiri berusia 23 tahun ini juga jarang tampil reguler di Scottish Premiership musim kompetisi 2022/2023. Bahkan, ia lebih banyak menjadi pemain pengganti serta sering berkutat dengan cedera.

Baca Juga: 6 Pesepak Bola Timnas Australia yang Punya Keturunan Balkan

3. Cammy Devlin (Heart of Midlothian)

5 Pemain Liga Skotlandia di Skuad Australia Piala Dunia 2022potret Devlin bersama HoM (instagram.com/cammydevlin)

Sama seperti Nathaniel Atkinson, Cammy Devlin juga menyarung jersey Heart of Midlothian di Liga Skotlandia. Namun, berbeda dengan Atkinson, Devlin selalu menjadi andalan di level klub.

Bersama Heart of Midlothian, Cammy Devlin telah tampil sebanyak 19 kali, termasuk di Liga Konferensi UEFA. Momen ini bakal jadi Piala Dunia pertama sang gelandang 24 tahun tersebut. ia sendiri baru tampil bersama tim senior Australia kala uji coba menghadapi Selandia Baru pada September 2022 silam.

4. Keanu Baccus (St. Mirren)

5 Pemain Liga Skotlandia di Skuad Australia Piala Dunia 2022potret Baccus bersama St.Mirren (instagram.com/keanu_baccus)

Keanu Baccus didatangkan St. Mirren dari klub lokal Western Sydney musim panas 2022. Sebagai pemain baru, ia langsung tampil ciamik hingga membuatnya mendapatkan tempat reguler bersama tim tiga kali juara Piala Skotlandia tersebut.

Sebelum mendapatkan satu tempat di skuad Socceroos pada Piala Dunia 2022 Qatar, ia telah aktif membela Timnas U-23 Australia, termasuk pada ajang Olimpiade Tokyo 2020 lalu. Kini ia juga harus bersaing dengan Cammy Devlin merebutkan posisi utama di spot gelandang bertahan.

5. Aaron Mooy (Celtic)

5 Pemain Liga Skotlandia di Skuad Australia Piala Dunia 2022potret Aaron Mooy bersama Celtic (instagram.com/aaron_mooy)

Sebagai salah satu pemain paling senior di Timnas Australia, tentu kualitas Aaron Mooy sudah tidak perlu diragukan lagi. Mantan pemain Brighton & Hove Albion tersebut kini tergabung bersama raksasa Skotlandia, Celtic.

Di level Timnas, Mooy yang berposisi sebagai seorang gelandang tersebut sudah mencatatkan 53 caps dengan torehan 7 gol. Pada Piala Dunia 2022 Qatar kali ini, ia tentunya akan menjadi motor serangan utama yang diandalkan The Socceroos.

Mulai dari pemain baru dan pemain lama, skuad Timnas Australia memang patut ditunggu penampilannya di Piala Dunia 2022 Qatar. Mampukah mereka tampil lebih baik meski berstatus tim inferior?

Baca Juga: 7 Pemain Timnas Australia Berlatar Imigran di Piala Dunia 2022

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya