Comscore Tracker

5 Pemain dengan Nomor Punggung 25 Terbaik dalam Sejarah Premier League

Mulai dari Gianfranco Zola hingga Antonio Valencia

Mantan pemain Borussia Dortmund, Jadon Sancho kini resmi menjadi pemain Manchester United setelah hengkang dari Signal Iduna Park dengan banderol 72,9 juta poundsterling atau sekitar Rp14,5 triliun. Bersama The Red Devils, pemain berusia 21 tahun tersebut akan mengenakan nomor punggung 25.

Bicara soal nomor punggung 25, dalam sejarah Premier League ada beberapa pemain bintang yang terbilang sukses menggunakan nomor tersebut. Siapa sajakah pemain yang pernah menggunakan nomor ini? Berikut penjelasannya.

1. Gianfranco Zola - Chelsea

5 Pemain dengan Nomor Punggung 25 Terbaik dalam Sejarah Premier LeagueChelsea mempensiunkan nomor 25 milik Zola (m.imdb.com)

Pada November 1996, Gianfranco Zola resmi berseragam Chelsea setelah didatangkan dari klub papan atas liga Italia saat itu, Parma, dan merupakan salah satu dari beberapa pemain Italia yang berhasil direkrut Ruud Gullit (termasuk rekan senegaranya Gianluca Vialli) dan diberi nomor punggung 25.

Tak butuh waktu lama bagi Zola untuk memberi gelar pada klub yang bermarkas di Stamford Bridge tersebut. Pada tahun 1997, ia berhasil memenangkan Piala FA dan memberi gelar perdana kepada The Blues setelah berpuasa hampir 20 tahun lebih.

Pada musim 97/98, ia menjadi pemain kunci kala Chelsea meraih treble winners, tiga gelar tersebut adalah UEFA Super Cup, Piala Winners, dan Piala Liga Inggris. Kini, nomor punggung 25 di Chelsea dipensiunkan demi menghormati penyerang yang sudah mencatatkan 229 penampilan dan 59 gol bagi The Blues tersebut.

2. Emmanuel Adebayor - Arsenal

5 Pemain dengan Nomor Punggung 25 Terbaik dalam Sejarah Premier LeagueMusim pertama Adebayor di Arsenal (planetfootball.com)

Penyerang timnas Togo, Emmanuel Adebayor diboyong Arsenal dari AS Monaco pada Januari 2006 silam. Dia diberi nomor punggung 25 setelah mendarat di Highbury Stadium yang saat itu masih menjadi markas klub yang berjuluk Meriam London tersebut.

Selama 3 tahun berseragam The Gunners, ia berhasil menjadi striker yang menakutkan bagi lawan-lawannya. Sebelum pindah ke Manchester City pada 2009, Adebayor berhasil membuat 104 penampilan dan mencetak 46 gol bagi klub asal London Utara itu.

Baca Juga: 5 Kiper yang Pernah Memakai Nomor Punggung Unik, Berani Beda!

3. Pepe Reina - Liverpool

5 Pemain dengan Nomor Punggung 25 Terbaik dalam Sejarah Premier LeaguePepe Reina, mantan kiper Liverpool (liverpoolecho.co.uk)

Salah satu kiper terbaik yang pernah dimiliki Liverpool adalah Pepe Reina. Kiper yang sebelumnya bermain untuk Villarreal tersebut didatangkan Rafael Benitez ke Anfield karena dinilai sebagai penjaga gawang terbaik di Spanyol.

Dia sempat berganti nomor punggung 12 di musim keduanya berseragam The Reds, tetapi di musim berikutnya dia kembali memakai nomor punggung 25.

Selama 9 musim membela klub asal Merseyside tersebut, Reina berhasil menjadi salah satu penjaga gawang terbaik di Premier League kala itu. Ia mampu tampil sebanyak 285 pertandingan di semua kompetisi bersama Liverpool.

4. Antonio Valencia - Manchester United

5 Pemain dengan Nomor Punggung 25 Terbaik dalam Sejarah Premier LeagueValencia ketika bermain untuk MU (bleacherreport.com)

Siapa yang tidak kenal dengan mantan pemain Manchester United yang satu ini. Pemain yang sukses mengantarkan The Red Devils menjuarai Premier League pada 2010/11 dan 2012/13 tersebut menjadi salah satu pemain bernomor punggung 25 terbaik di Premier League.

Sempat berganti nomor dari 25 menjadi 7, namun pemain asal Ekuador tersebut lebih sukses ketika mengenakan nomor punggung 25 di jersey-nya. 10 tahun membela klub yang bermarkas di Old Trafford, Antonio Valencia berhasil menjadi bek kanan andalan dengan 241 penampilan dan 17 golnya selama berseragam Setan Merah.

5. Fernandinho - Manchester City

5 Pemain dengan Nomor Punggung 25 Terbaik dalam Sejarah Premier LeagueKapten Manchester City bernomor 25, Fernandinho(ntvspor.net)

Gelandang andalan Manchester City, Fernandinho memulai kariernya di Atletico Paranaense sebelum pindah ke Shakhtar Donetsk pada 2005 silam. Penampilan apiknya di Donetsk membuat The Cityzens terpincut untuk mendatangkan gelandang bertahan asal Brasil tersebut.

Setelah menandatangani kontrak di Manchester City pada Juni 2013, Fernandinho memilih nomor punggung 25 dan tidak menggunakan nomor punggung lamanya, yaitu 7 karena saat itu nomor tersebut sudah dipakai oleh James Milner.

Hingga kini, Fernandinho tetap menggunakan nomor 25 di punggungnya, ia setia dengan nomor tersebut karena dinilai membawa keberuntungan bagi kapten yang sukses bermain di 245 pertandingan serta mencetak 18 gol bagi Manchester City itu.

 

Itulah 5 pemain dengan nomor punggung 25 terbaik yang pernah tampil di panggung Premier League. Nomor punggung tetap akan menjadi bagian penting serta brand bagi para pemain-pemain sepak bola yang ada di dunia. Apakah Sancho bisa sukses dengan nomor 25 ini?

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik yang Menggunakan Nomor Punggung 7 Sepanjang Sejarah

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

Mahasiswa nolep 4 semester

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya