7 Top Skor Sepanjang masa Ligue 1 asal Amerika Latin, Gak Cuma Neymar

Ada legenda Uruguay juga!

Bergabungnya Lionel Messi ke skuad PSG menambah daftar panjang penyerang asal Amerika Latin yang pernah bermain di kompetisi Ligue 1 Prancis. Messi datang ke Liga Prancis dengan status sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga Spanyol dengan 474 gol.

Para penyerang dari Amerika Latin memang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dalam urusan mencetak gol. Tak terkecuali di Ligue 1, para pemain tersebut turut mendominasi jajaran top skor sepanjang masa kasta tertinggi Liga Prancis tersebut.

Berikut 7 pemain asal Amerika Latin yang berhasil mencatatkan gol terbanyak sepanjang sejarah Ligue 1.

1. Sonny Anderson - 138 gol

7 Top Skor Sepanjang masa Ligue 1 asal Amerika Latin, Gak Cuma Neymarpotret Sonny Anderson bersama Lyon (sports.fr)

Mungkin tak banyak yang tahu tentang Sonny Anderson, ia merupakan mantan penyerang Barcelona di era 90-an yang malah bersinar bersama dua klub raksasa Prancis Olympique Lyon dan AS Monaco. Ia tiba pertama di Ligue 1 setelah didatangkan dari klub Swiss, Servette FC pada 1993.

Pemain asal Brasil itu berhasil menjadi top skor Liga Prancis setelah mencetak 16 gol untuk Marseille, 51 gol ketika bermain bersama AS Monaco, serta 71 gol kala membuat penampilan fantastis bersama Olympique Lyon. Total ia sudah mencetak 138 gol di Ligue 1 selama kariernya di tiga klub tersebut.

2. Edinson Cavani - 138 gol

7 Top Skor Sepanjang masa Ligue 1 asal Amerika Latin, Gak Cuma Neymarpotret Edinson Cavani bersama PSG (marca.com)

Pemilik 118 caps dan 51 gol untuk Timnas Uruguay, Edison Cavani menjadi salah satu penyerang Amerika Latin paling produk di Ligue 1 Prancis setelah ia didatangkan Paris Saint-Germain dari klub Seria A, Napoli pada 2013 silam.

Cavani yang kini bermain untuk Manchester United tersebut, membuka keran golnya di Liga Prancis kala PSG bersua AC Ajaccio pada pekan kedua Ligue 1 musim 2013/14. Total ia sudah mencatatkan 200 penampilan dan berhasil mencetak 138 serta 30 assits di Ligue 1 selama 7 tahun berseragam Les Parisiens, menyamai gol yang dicetak penyerang asal Brasil, Sonny Anderson.

3. Juninho Pernambucano - 75 gol

7 Top Skor Sepanjang masa Ligue 1 asal Amerika Latin, Gak Cuma Neymarpotret Juninho Pernambucano bersama Lyon (transfermarkt.com)

Memulai petualangannya di Ligue 1 bersama Olympique Lyon pada pertandingan melawan SC Bastia di pekan ketiga Liga Prancis, Juninho Pernambucano mencetak 1 dari 2 gol yang didapatkan Lyon.

Setelah itu, ia berhasil tampil superior di lini depan Les Gones dengan berhasil membuat 75 gol di pertandingan Ligue 1 yang ia lewati selama 9 musim, serta berhasil menghantarkan Lyon meraih tujuh trofi kasta tertinggi Liga Prancis tersebut.

4. Radamel Falcao - 65 gol

7 Top Skor Sepanjang masa Ligue 1 asal Amerika Latin, Gak Cuma Neymarpotret Radamel Falcao bersama AS Monaco (asmonaco.com)

Setelah tampil gemilang bersama Atletico Madrid pada musim 2011 hingga 2013, AS Monaco memboyong penyerang asal Kolombia tersebut dengan nilai transfer 43 juta euro atau sekitar Rp736 miliar dan menjadi pemecah rekor transfer Les Monégasques kala itu sebelum kedatangan James Rodrigues dari FC Porto.

Bersama AS Monaco, pemain yang kini bermain untuk Galatasaray di Liga Super Turki tersebut berhasil mencetak 65 gol serta 12 assist dari 108 pertandingan Ligue 1 yang ia lewati. Falcao juga sempat keluar masuk skuad AS Monaco ketika dipinjamkan ke Manchester United dan Chelsea.

Baca Juga: 7 Peraih Ballon d'Or yang Pernah Main di Ligue 1, Messi Terbaru

5. Lisandro Lopez - 59 gol

7 Top Skor Sepanjang masa Ligue 1 asal Amerika Latin, Gak Cuma Neymarpotret Lisandro Lopez bersama Lyon (ninfo.fr)

Salah satu penyerang tertajam asal Argentina yang pernah bermain untuk klub Ligue 1 adalah Lisandro Lopez. Memulai debutnya di Liga Prancis dengan Olympique Lyon, Lopez mampu mencetak 15 gol dari 33 pertandingan Ligue 1.

Total, selama ia bermain untuk Lyon di Liga Prancis, ia sudah berhasil mencatatkan 59 gol dari 119 pertandingan. Kini pemain 38 tahun tersebut bermain untuk tim masa kecilnya di Liga Argentina, Racing Club.

6. Ilan Araujo Dall'Igna - 59 gol

7 Top Skor Sepanjang masa Ligue 1 asal Amerika Latin, Gak Cuma Neymarpotret Ilan bersama Saint-Etienne (footdavant.fr)

Nama Ilan Araujo Dall'Igna atau yang biasa dikenal dengan Ilan jarang sekali terdengar di telinga kita, namun bagi penggemar Ligue 1, tentunya Ilan bukanlah sosok asing. Pemain asal Brasil yang pensiun pada 2014 lalu itu sudah malang melintang di persepakbolaan Prancis.

Ilan juga menjadi salah satu pencetak gol terbanyak Ligue 1 asal Amerika Latin dengan torehan 59 gol yang ia dapat ketika membela Sochaux (29 gol), Saint-Etienne (31 gol), AC Ajaccio serta SC Bastia (masing-masing 6 gol).

7. Neymar JR - 56 gol

7 Top Skor Sepanjang masa Ligue 1 asal Amerika Latin, Gak Cuma Neymarpotret Neymar bersama PSG (standard.co.uk)

Neymar masih berpeluang besar untuk melampaui rekor para top skor Ligue 1 sepanjang masa tersebut. Dikarenakan, penyerang PSG dan Timnas Brazil tersebut hingga kini masih bermain di Ligue 1 dengan 56 gol yang sudah ia cetak selama bermain empat musim untuk Les Parisiens.

Apalagi kini PSG dihuni pemain-pemain top seperti Lionel Messi serta Kylian Mbappe yang siap membantu Neymar menambah pundi-pundi golnya di ajang Ligue 1 musim ini.

Talenta Amerika Latin di liga-liga top Eropa memang tak ada habisnya, mental yang kuat dengan fisik yang prima selalu ada dalam diri pemain-pemain tersebut. Mereka mampu membuktikan kualitasnya bahwa mereka tidak pernah rugi untuk merantau jauh dari tanah kelahirannya.

Baca Juga: Reaksi Messi Bentuk Trio Maut MNM Bareng Neymar dan Mbappe

Dimas Hutama Photo Verified Writer Dimas Hutama

@dimashutama_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya