Lolos ke Piala Dunia 2018, Ini 5 Fakta Gokil Islandia

#worldcup2018 Islandia sukses menahan Argentina!

Jakarta, IDN Times - Piala Dunia memang penuh kejutan, bahkan sebelum Piala Dunia itu digelar. Pada Piala Dunia kali ini, kejutan itu datang dari Islandia.

Betapa tidak? Islandia lolos ke Piala Dunia yang akan digelar di Rusia mulai 14 Juni mendatang. Padahal, Islandia hanyalah negara kecil.

Bayangkan saja, luas total Islandia hanya 102,775 km persegi dengan populasi 350 ribu orang. Bandingkan dengan Jakarta yang penduduknya tembus 10 juta orang.

Namun, dengan wilayah dan jumlah penduduknya yang minimalis tersebut, Islandia sukses menembus Piala Dunia. Nah berikut 5 fakta tentang Islandia yang mungkin akan bikin kamu geleng-geleng kepala:

1. Pelatihnya merangkap sebagai dokter gigi  

Lolos ke Piala Dunia 2018, Ini 5 Fakta Gokil Islandiafifa.com

Kesuksesan Islandia menembus Piala Dunia tak lepas dari peran pelatih mereka Heimir Hallgrimmson. Hallgrimmson sebelumnya adalah pelatih Vestmanaeyjar, sebuah klub kecil di Islandia. Selain melatih, Hallgrimmson ternyata juga menyambi menjadi dokter gigi, lho!

2. 15 pemain Islandia hanya pernah bermain di klub lokal  

Lolos ke Piala Dunia 2018, Ini 5 Fakta Gokil Islandiadaily record

Islandia memiliki 21.500 pemain sepak bola yang tergistrasi. Dari jumlah itu, 23 pemain di antaranya terpilih masuk tim nasional. Nah, dari 23 pemain ini, 15 di antaranya tidak pernah bermain dalam kancah internasional.

3. Memiliki pendukung fanatik  

Lolos ke Piala Dunia 2018, Ini 5 Fakta Gokil Islandiahotsports

Meski populasi di Islandia terbilang sedikit, namun hampir semua penduduk di negara ini sangat fanatik terhadap timnas mereka. Ini bisa dilihat dari jalan-jalan yang sepi setiap kali timnas Islandia bertanding. Semua penduduk pasti asik di depan televisi mereka.

Sporstkeeda mencatat, saat Islandia bertanding melawan Hungaria di ajang Piala Eropa 2016, sebanyak 98.6 persen warga Islandia menyaksikan laga tersebut!

4. Tepuk tangan ala Viking  

Lolos ke Piala Dunia 2018, Ini 5 Fakta Gokil Islandiathenorthernecho.co.uk

Fanatisme pendukung Islandia juga bisa dilihat dari cara mereka memberikan dukungan, yakni dengan menepukkan kedua tangan di atas kepala. Cara ini dikenal dengan nama Viking Clap.

5. Peringkat di FIFA naik drastis

Lolos ke Piala Dunia 2018, Ini 5 Fakta Gokil Islandiafifa.com

Lima tahun lalu, Islandia menempati peringkat ke-49 di FIFA. Saat ini mereka nangkring di peringkat ke-22. Artinya mereka naik 27 peringkat hanya dalam waktu 5 tahun.

Ini membuktikan jika lolosnya Islandia ke Piala Dunia 2018 bukan semata keberuntungan, tapi juga hasil kerja keras dan konsistensi permainan mereka.

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Faiz Nashrillah
  • Sugeng Wahyudi

Berita Terkini Lainnya