Comscore Tracker

6 Fakta Arsen Zakharyan, Pemain Muda yang Jadi Rebutan Klub Inggris

Bakat cemerlang pesepak bola muda asal Rusia

Arsen Zakharyan belakangan jadi perbincangan hangat terkait rumor tentang perebutan gelandang serang asal Rusia ini oleh beberapa klub Inggris. Di musim ini pula karirnya di Russian Premier League (RPL) bisa dibilang brilian.

Kontribusinya berhasil membantu Dynamo Moscow bangkit dari keterpurukan dan kini bertengger di posisi kedua di bawah Zenit St. Petersburg. Siapakah sosok remaja yang mencuri perhatian ini? Berikut beberapa fakta menariknya. 

1. Arsen Zakharyan bermain untuk klub Dynamo Moscow sejak tahun 2020 

6 Fakta Arsen Zakharyan, Pemain Muda yang Jadi Rebutan Klub Inggrispotret Arsen Zakharyan dan Konstantin Tyukavin (instagram.com/fcdynamo)

Arsen bergabung dengan tim kedua Dynamo Moscow yang mewadahi para lulusan akademi dan beberapa pemain muda di tahun 2020. Tak perlu waktu lama, remaja ini langsung disertakan dalam tim utama Dynamo Moscow dan berlaga di RPL sejak Januari 2021. 

Bukan penghuni bangku cadangan, Arsen mengamankan posisi sebagai starter eleven dan di paruh musim 2020/2021 itu berhasil tampil di 10 laga. Ia bahkan langsung dapat gelar Player of the Season lewat voting penggemar yang diselenggarakan klub secara daring pada Mei 2021.  

Di rentang waktu yang hampir sama, Dynamo Moscow juga menemukan bakat spesial dari Konstantin Tyukavin. Ia bergabung lebih dulu ketimbang Arsen tepatnya di akhir tahun 2020. Kekompakan keduanya makin terlihat di musim 2021/2022 ini saat mereka mulai mengamankan posisi starter di pos masing-masing. Arsen sebagai winger atau attacking midfielder dan Tyukavin sebagai striker. Keduanya juga sama-sama debut di timnas senior Rusia tahun 2021 ini.

2. Berasal dari keluarga keturunan Armenia yang pindah ke Rusia saat perang Nagorno-Karabakh

6 Fakta Arsen Zakharyan, Pemain Muda yang Jadi Rebutan Klub Inggrispotret Arsen Zakharyan (instagram.com/zaha_47)

Dilansir dari Goal, keluarga Arsen ternyata berasal dari keluarga keturunan Armenia yang pindah ke Samara, Rusia pada tahun 1990an saat perang memanas di wilayah perbatasan Armenia dan Azerbaijan, Nagorno Karabakh. 

Di kota itu, Arsen Zakharyan lahir dan besar. Sebelum berlabuh di Dyanmo, ia bermain untuk klub lokal kota asalnya, Krylia Sovetov yang berbasis di Samara. Krylia Sovetov juga bermain apik musim ini, berhasil merangkak ke posisi 10 besar setelah terdegradasi dan harus bermain di liga kedua pada musim 2020/2021. 

3. Masuk daftar 60 pemain muda terbaik versi The Guardian di tahun 2020 

6 Fakta Arsen Zakharyan, Pemain Muda yang Jadi Rebutan Klub Inggrispotret Arsen Zakharyan (instagram.com/fcdynamo)

Talenta Arsen Zakharyan diakui oleh The Guardian yang memasukannya dalam daftar 60 pemain muda terbaik versi mereka tahun 2020 lalu. Media asal Inggris ini menilai Arsen memiliki kemampuan untuk bermain di segala posisi midfielder. Kedua kakinya sama-sama kuat dan sempurna, bisa menusuk ke jantung pertahanan dalam waktu yang cepat serta mampu membaca permainan dengan akurat. 

Lee Scott dari Total Football Analysis mengamininya, sekaligus menambahkan kemampuan Arsen membuat operan-operan kreatif. Meski bukan seorang pemain dengan kecepatan dan kemampuan dribble yang spesial, Arsen tahu waktu dan posisi yang pas untuk mengoper bola ke rekan setimnya.

Baca Juga: 5 Bek Premier League yang Dinilai Lebih Layak Bermain untuk Klub Besar

4. Sempat masuk skuad tim nasional senior Rusia untuk Euro 2020, tapi gagal di tengah jalan

6 Fakta Arsen Zakharyan, Pemain Muda yang Jadi Rebutan Klub Inggrispotret Arsen Zakharyan (instagram.com/teamrussia)

Arsen dapat panggilan dari timnas sepak bola Rusia untuk bermain di laga Euro Under-21 di usianya yang masih 17 tahun pada Maret 2021 lalu. Ia berhasil mencatatkan sejarah sebagai pencetak gol termuda pada turnamen tersebut.

Ia sebenarnya bisa mencatat rekor sebagai pemain termuda di timnas senior Rusia jika pada Euro 2021 lalu berhasil masuk ke skuad final di bawah asuhan Stanislav Cherchesov. Sayangnya, kesempatannya hangus setelah ia harus menjalani operasi amandel di waktu yang berdekatan dengan persiapan tim. 

5. Debutnya bersama timnas senior terwujud di laga kualifikasi Piala Dunia 2022 lawan Kroasia

6 Fakta Arsen Zakharyan, Pemain Muda yang Jadi Rebutan Klub Inggrispotret Arsen Zakharyan (instagram.com/teamrussia)

Mimpinya untuk debut di tim senior terwujud setelah pelatih baru Rusia, Valeri Karpin memanggilnya kembali untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022. Ia langsung dijadikan starter di laga perdana Karpin sebagai pelatih pada awal September 2021 kemarin. Laga tersebut mempertemukan Rusia dengan Kroasia. Arsen berhasil menciptakan beberapa peluang, meski akhirnya pertandingan berakhir seri. 

Tak mengecewakan, Arsen pun mengamankan posisinya sebagai anggota tetap di skuad Rusia selama gelaran European Qualifiers beberapa waktu lalu. Namanya tak terdaftar dalam tim pada bulan November lalu karena cedera. Rusia masih harus melakoni fase play-off setelah gagal memuncaki grup dan tampaknya kontribusi Arsen masih akan dibutuhkan  tim nasional Rusia pada Maret 2022 mendatang. 

6. Beberapa klub Inggris dikabarkan berminat mencomot Zakharyan dari Dynamo

6 Fakta Arsen Zakharyan, Pemain Muda yang Jadi Rebutan Klub Inggrispotret Arsen Zakharyan (instagram.com/zaha_47)

Rumor perebutan Arsen Zakharyan menyeruak November 2021 ini. Everton, Liverpool, Manchester City hingga Chelsea dikabarkan sedang memburu remaja berbakat tersebut. Dilansir dari Teamtalk, salah satu petinggi Dynamo, Sergey Stepashin menampik kabar tersebut.

Ia yakin Arsen lebih baik tetap di Rusia beberapa musim ke depan untuk mematangkan bakatnya. Ia menambahkan bukti bahwa tak banyak pemain Rusia yang karirnya bagus saat bermain di luar negaranya. 

Apapun itu, Arsen memang sedang di puncak karirnya sekarang. Namun, dengan usia yang masih sangat belia masih banyak ruang untuk pengembangan diri. Tak ada salahnya juga  menanti beberapa tahun sebelum mencoba merumput ke luar Rusia. 

Baca Juga: 5 Pemain Top EPL yang Masuk "Daftar Belanja" Xavi di Barcelona

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya