Fakta Kelolosan FC Kaiserslautern ke Final DFB Pokal 2023/2024

Hadapi ancaman relegasi dari Bundesliga 2

Setelah membungkam 1.FC Saarbruecken dengan kemenangan 2-0, 1. FC Kaiserslautern dipastikan akan tampil di final DFB Pokal 2023/2024 bersama Bayer 04 Leverkusen. Ini bukan momen pertama mereka tampil di final Piala Jerman. FC Kaiserslautern sering disebut pengamat sepak bola Jerman sebagai raksasa tidur karena status mereka sebagai tim kuat yang sejak akhir 1990-an mengalami kemunduran prestasi.

Tak heran kalau momen kali ini jadi bahasan menarik. Selain potensi memperbaiki prestasi mereka yang terpuruk, ada satu sejarah yang berpotensi terulang musim ini. Apa itu? Simak beberapa fakta menarik seputar melenggangnya FC Kaiserslautern ke final DFB Pokal 2023/2024 berikut.

1. Menuju final DFB Pokal kedelapan mereka

Fakta Kelolosan FC Kaiserslautern ke Final DFB Pokal 2023/2024Pemain FC Kaiserslautern merayakan gol yang mereka cetak pada laga semifinal DFB Pokal 2023/2024. (instagram.com/1fckaiserslautern1900)

Meski lebih sering bermain di liga kasta kedua Jerman, 1. FC Kaiserslautern pernah jadi langganan liga utama sepanjang 1950--1990-an. Meski lebih sering menghuni papan bawah dan tengah, mereka pernah meraih gelar juara Bundesliga Jerman sebanyak empat kali. Namun, harus diakui prestasi FC Kaiserslautern menurun sejak memenangkan Bundesliga 1997/1998. Mereka kesulitan menembus papan tengah dan bertahun-tahun harus jadi penghuni zona relegasi.

Hingga pada 2005/2006, mereka resmi tersingkir dari liga utama dan berlaga di Bundesliga 2 pada musim berikutnya. Sejak itu, mereka kesulitan kembali ke liga utama. Riwayat keikutsertaan mereka di DFB Pokal juga tak bisa dianggap remeh. Mereka terhitung sudah pernah berpartisipasi dalam 7 laga final dan memenangkan 2 di antaranya. Final DFB Pokal 2023/2024 akan jadi final kedelapan mereka.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Kaiserslautern, Jerman yang Bikin Ogah Pulang

2. Kaiserslautern bakal jadi tim nonliga utama Jerman pertama di final DFB Pokal sejak 2011

Fakta Kelolosan FC Kaiserslautern ke Final DFB Pokal 2023/2024Pemain FC Kaiserslautern merayakan kelolosan mereka ke final DFB Pokal 2023/2024. (instagram.com/1fckaiserslautern1900)

Hal menarik lain yang banyak disorot adalah fakta FC Kaiserslautern akan jadi tim nonliga utama pertama di final DFB Pokal sejak 2011. Tim di luar Bundesliga terakhir yang tampil di final adalah MSV Duisburg yang saat itu berstatus tim liga kasta kedua. Setelah itu, finalis DFB Pokal selalu datang dari Bundesliga hingga akhirnya Kaiserslautern muncul ke permukaan sebagai perwakilan Bundesliga 2 musim ini.

Tak tanggung, lawannya adalah Bayer Leverkusen yang juga sedang mengalami kenaikan performa. Keduanya berhak dapat julukan raksasa tidur karena telah lama hidup jauh dari sorotan. Kalau FC Kaiserslautern kesulitan kembali kepada era emasnya pada 1950—1990-an, Bayern Leverkusen selama ini lebih sering jadi penggembira di Bundesliga tanpa prestasi signifikan selain menembus peringkat lima besar.

3. Berpotensi mengulang drama musim 1995/1996

Fakta Kelolosan FC Kaiserslautern ke Final DFB Pokal 2023/2024Pemain FC Kaiserslautern menyapa fans. (instagram.com/1fckaiserslautern1900)

Meski tampil baik di DFB Pokal, FC Kaiserslautern sebenarnya sedang berjuang menghadapi ancaman relegasi. Per awal April 2024, Kaiserslautern berada di peringkat 16 klasemen sementara Bundesliga 2. Kondisi ini sontak mengingatkan penggemar pada 1995/1996.

Saat itu FC Kaiserslautern berhasil merebut gelar juara DFB Pokal beberapa hari setelah resmi terelegasi dari Bundesliga. Dua situasi kontras yang entah harus dihadapi dengan kegembiraan atau tampang netral. Menariknya, setelah itu mereka berhasil kembali Bundesliga pada 1997/1998 dan dinobatkan sebagai juara pada akhir musim. Drama yang seolah mendemonstrasikan betapa acaknya nasib FC Kaiserslautern.

Kali ini, harapannya tentu tak terelegasi dan menang DFB Pokal sekaligus. Namun, sepertinya itu bukan hal mudah untuk dicapai mengingat lawan mereka di final adalah Bayer Leverkusen yang sedang moncer di liga domestik dan kompetisi Eropa. Apa yang bakal terjadi dengan Kaiserslautern jelas tak bisa dijawab sekarang. Tentu terelegasi dan kalah di final adalah skenario terburuk yang tak mau mereka hadapi nanti.

Baca Juga: 3 Pemain Top Jerman yang Mengawali Kariernya Bersama Kaiserslautern

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Penulis, netizen, pembaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya