5 Gol yang Berawal dari Tendangan Bebas di Piala Dunia 2022

Salah satunya berakhir dramatis

Untuk mencetak gol, biasanya tim akan membangun alur serangan dari belakang ke depan. Itu harus dilalui dengan melewati hadangan lawan yang juga akan melakukan hal sama dan merebut bola. 

Gol juga bisa tercipta lewat beberapa cara. Misal dari titik penalti, sepak pojok, atau bahkan tendangan bebas bila dianggap memenuhi syarat tertentu. Ketiganya memang membuka kans bagi tim untuk mencetak gol lebih mudah. Semakin dekat titik yang ditunjuk untuk itu dengan gawang lawan, maka peluang untuk mencetak angka tentu semakin besar. 

Beberapa tendangan bebas ternyata mampu membuahkan gol spektakuler. Berikut kompilasi gol yang tercipta dari tendangan bebas selama gelaran Piala Dunia 2022

1. Manuel Neuer (Kosta Rika vs. Jerman)

5 Gol yang Berawal dari Tendangan Bebas di Piala Dunia 2022Pemain Kosta Rika (instagram.com/fedefutbolcrc)

Pada pertandingan penyisihan Grup E antara Kosta Rika dan Jerman, sebuah gol lewat tendangan bebas tercipta. Gol bunuh diri Manuel Neuer itu diawali dari tendangan bebas yang dilesakkan Joel Campbell ke jantung pertahanan Jerman. Kemelut pun terjadi dan Juan Pablo Vargas menendang ke arah Neuer yang justru memantulkan bola masuk ke gawangnya sendiri. 

Gol tersebut membuat Kosta Rika unggul sementara 2-1 atas Jerman dan membuka peluang mereka lolos ke babak 16 besar. Sayangnya, keunggulan itu tak berselang lama karena Jerman mampu membalikkan keadaan dan memenangkan laga dengan skor akhir 4-2. 

2. Wout Weghorst (Belanda vs. Argentina)

5 Gol yang Berawal dari Tendangan Bebas di Piala Dunia 2022Wout Weghorst bersama Frenkie De Jong dan Luuk De Jong (instagram.com/onsoranje)

Wout Weghorst jadi sosok pahlawan Belanda ketika timnya menghadapi Argentina pada babak perempat final. Pemain Besiktas itu mampu mengulur kemenangan Argentina dan memaksanya bertarung hingga adu penalti melalui gol apiknya pada menit 90+11.  

Gol cantik itu dicetak berkat tendangan bebas dari Teun Koopmeiners yang sukses mengecoh pemain Argentina. Weghorst yang menerima umpan itu langsung melesakkannya ke gawang Emiliano Martinez.  

Baca Juga: 5 Bek Terakhir yang Cetak Gol di Perebutan Tempat Ketiga Piala Dunia

3. Romain Saïss (Maroko vs. Belgia)

5 Gol yang Berawal dari Tendangan Bebas di Piala Dunia 2022Romain Saïss (fifa.com)

Romain Saïss adalah pemain yang mempersembahkan gol bagi Maroko ketika menghadapi Belgia pada babak penyisihan Grup F. Gol itu bermula dari tendangan bebas yang dilepaskan Abdulhamed Sabiri dari pojok kiri area pertahanan Belgia. Tanpa ragu, Saiss langsung menggiring bola ke jala Courtois. 

Gol ini menjadi pembuka kemenangan Maroko atas Belgia 2-0. Kemenangan ini menjadi awal prestasi mencengangkan The Atlas Lions di Piala Dunia 2022 yang berhasil menembus semifinal untuk pertama kalinya dalam sejarah. 

4. Marcus Rashford (Inggris vs. Wales)

5 Gol yang Berawal dari Tendangan Bebas di Piala Dunia 2022Marcus Rashford (instagram.com/marcusrashford)

Marcus Rashford membuktikan kepiawaiannya menjadi eksekutor tendangan bebas. Buktinya, ia pamerkan pada laga pamungkas Grup B melawan Wales. Lewat jarak sejauh 23,39 meter, ia sukses menjebol gawang Wales yang dijaga Danny Ward.  

Gol ini jadi pembuka dua gol tambahan Inggris dan membungkus kemenangan The Three Lions 3-0 atas negara tetangganya itu. Berkat kemenangan ini pula, Inggris sukses melaju ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 sebagai juara grup. 

5. Luis Chavez (Meksiko vs. Arab Saudi)

5 Gol yang Berawal dari Tendangan Bebas di Piala Dunia 2022Luis Chaves (instagram.com/lc24)

Luis Chaves memecahkan rekor sebagai pencetak gol paling kuat dan terjauh di Piala Dunia 2022. Gol itu bermula dari tendangan bebas di luar kotak penalti sejauh 29,19 meter. Tanpa diduga, bola langsung melengkung ke gawang Arab Saudi hingga tak bisa dibendung kiper Mohammed Alowais.  

Berkat gol itu, Meksiko sempat unggul 2-0 atas Arab Saudi dan hanya membutuhkan satu gol lagi untuk melenggang ke 16 besar. Malangnya, gol ketiga itu tak pernah terwujud. Meksiko malah kebobolan menjelang berakhirnya paruh kedua lewat tendangan Salem Al-Dawsari. 

Peluang gol dari tendangan bebas memang tidak sebesar penalti. Namun, ia bisa jadi kunci bagi sebuah tim untuk menusuk langsung ke jantung pertahanan lawan. Tak sedikit tendangan bebas yang langsung membuahkan gol atau untuk mengecoh pertahanan lawan, tak terkecuali pada edisi Piala Dunia 2022 ini. Gol tendangan bebas mana yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tendangan Bebas Piala Dunia Terakhir sebelum Rashford

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya