Comscore Tracker

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritas

Kini timnas Rusia makin inklusif, semuanya juga jagoan!

Sebagai salah satu negara dengan luas wilayah terbesar di dunia, sebenarnya bukan hal aneh jika Rusia punya banyak etnis minoritas yang meninggali wilayahnya. Maklum, negara ini membentang dari Eropa Timur hingga ke Asia Tengah dan Laut Arktik. 

Keragaman ini jarang terekspos di masa lalu apalagi tercermin di tim olahraga mereka. Alasannya cukup beragam, akses dan fasilitas yang tidak merata sampai isu rasisme yang sering menyasar warga dari etnis non-Slavik. 

Namun, seiring berjalannya waktu atlet-atlet asal etnis minoritas mulai muncul ke permukaan, sebut saja Khabib Nurmagomedov yang berasal dari Dagestan atau Alan Dzagoev yang berdarah Osetia.

Dengan perubahan ke arah yang lebih inklusif ini, makin banyak atlet dengan akar etnis minoritas yang bergabung ke tim nasional sepak bola Rusia. Seperti sembilan pemain berikut. 

1. Zelimkhan Bakaev

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Zelimkhan Bakaev (instagram.com/teamrussia)

Zelimkhan Bakaev berasal dari Ingushetia, salah satu republik otonom di wilayah Kaukasus Utara, Rusia. Ia debut di tim nasional sepak bola Rusia sejak tahun 2019 lalu di masa kepemimpinan Stanislav Cherchesov dan hingga kini masih jadi langganan pelatih Valery Karpin.

Saat ini Bakaev bermain untuk klub Spartak Moscow dan disibukkan pula dengan proyek sekolah sepak bola untuk anak-anak Ingush yang menurut pengalamannya dulu saat kecil juga kesulitan mengakses fasilitas latihan yang memadai. 

2. Rifat Zhemaletdinov 

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Rifat Zhemaletdinov (instagram.com/fclokomotiv)

Rifat Zhemaletdinov lahir di kota Moskow, tetapi memiliki darah Tatar dari kedua orang tuanya. Sebelum masuk ke timnas senior, Zhemaletdinov adalah pemain andalan di timnas junior U-17 hingga U-19. Debutnya di tim senior dimulai di tahun 2019.

Namanya tercantum dalam skuad final timnas sepak bola Rusia untuk Euro 2020 yang berlangsung dan hingga kini jadi salah satu andalan tim nasional untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2022. 

4. Georgiy Dzhikiya 

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Georgiy Dzhikiya (instagram.com/teamrussia)

Georgiy Dzhikiya lahir dari keluarga asal Abkhazia, Georgia. Namun, ia lahir di Moskow dan berhak atas kewarganegaraan Rusia. Memulai kariernya dari klub divisi dua di Rusia, Dzhikiya akhirnya mendapat kontrak dari Spartak Moscow pada tahun 2016. Debutnya di tim nasional dimulai di tahun 2017, tetapi terpaksa tak tampil di Piala Dunia 2018 karena cedera. 

Berperan sebagai bek tengah, Dzhikiya juga dikenal memiliki kemampuan kepemimpinan yang handal. Tak heran baik di klub maupun di tim nasional, ia sering didapuk menjadi kapten. 

3. Gamid Agalarov 

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Gamid Agalarov (instagram.com/teamrussia)

Gamid Agalarov merupakan pemain Rusia asal Dagestan yang kariernya sedang bersinar di Liga Primer Rusia (RPL). Ia mewakili klub Ufa dan sudah menyumbang 10 gol dari 12 laga yang ia jalani dan otomatis membuatnya jadi pencetak gol terbanyak di RPL sementara ini. 

Agalarov dipanggil pertama kali untuk bergabung di tim nasional sepak bola Rusia pada September 2021 oleh pelatih Valery Karpin yang mengemban tugas membawa timnya  merebut slot di Piala Dunia 2022. 

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola Era Modern dengan Ciri Khas Kaus Kaki Pendek

5. Arsen Zakharyan 

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Arsen Zakharyan (instagram.com/teamrussia)

Selain Agalarov, bintang muda yang bersinar di RPL adalah Arsen Zakharyan dari klub Dynamo Moscow. Arsen lahir di tahun 2003 dari keluarga asal Nagorno-Karabakh, Armenia yang pindah ke Rusia karena konflik berdarah yang terjadi di wilayah tersebut pada tahun 1990an.

Arsen sebenarnya berkesempatan berlaga di Euro 2020 kemarin, tetapi pupus karena perawatan medis yang harus dijalaninya. Debutnya memang tertunda, tetapi ia menunjukkan kualitasnya saat diturunkan pada laga kualifikasi Piala Dunia 2022 yang mempertemukan Rusia dan Kroasia di awal September 2021 lalu. 

6. Ilzat Akhmetov

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Ilzat Akhmetov (instagram.com/teamrussia)

Ilzat Akhmetov lahir di Kirgistan dari kedua orang tua beretnis Uyghur. Talentanya mulai dilirik klub-klub besar di Rusia sejak tahun 2014, dimulai dengan Rubin Kazan, Zenit, hingga akhirnya CSKA Moscow. 

Dengan latar belakangnya, ia punya pilihan untuk bermain di tim nasional sepak bola Kirgistan maupun Rusia, tetapi akhirnya memilih Rusia dan debut di tahun 2018. Dalam wawancara dengan vlogger sepak bola Rusia, Evgeniy Savin, Akhmetov mengaku dicerca publik Kirgistan karena keputusannya. 

7. Daler Kuzyaev

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Daler Kuziaev (instagram.com/zenit_spb)

Daler Kuzyaev lahir di tengah keluarga beretnis Tatar yang tinggal di wilayah Tajikistan. Kakek dan ayahnya adalah pemain sepak bola profesional di Tajikistan sampai akhirnya sang ayah memutuskan pindah ke Rusia untuk berkarier sebagai pelatih. Dengan begitu, Kuzyaev sebenarnya bisa membela timnas Tajikistan. Namun, ia memilih bermain untuk negara tempatnya lahir dan tinggal, Rusia. 

Kuzyaev debut untuk timnas Rusia di tahun 2017 saat masih dimanajeri Cherchesov. Ia masuk dalam skuad Piala Dunia 2018 dan Euro 2020. Hingga kini ia masih dipercaya Karpin untuk memperkuat Rusia di laga kualifikasi Piala Dunia 2022. 

8. Magomed Ozdoev 

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Magomed Ozdoev (instagram.com/teamrussia)

Magomed Ozdoev adalah pemain Rusia keturunan Ingushetia yang lahir di Grozny, Chechnya. Ia pertama kali dapat tawaran bermain di tim nasional sepak bola Rusia pada tahun 2012, tetapi tak berhasil masuk skuad final untuk Euro. Debutnya terjadi di tahun 2014 untuk beberapa laga persahabatan dan akhirnya Euro 2020 jadi turnamen internasional pertamanya bersama timnas Rusia. 

Sama dengan Bakaev, Ozdoev yang pernah membela klub Rubin Kazan dan kini Zenit Saint Petersburg juga menyisihkan penghasilannya untuk membangun sekolah sepak bola untuk anak-anak Ingush bersama ayahnya. 

9. Arsen Adamov

9 Pemain Sepak Bola Rusia yang Berasal dari Etnis Minoritaspotret Arsen Adamov (instagram.com/teamrussia)

Adamov dipanggil pertama kali ke tim nasional Rusia oleh Valery Karpin pada September 2021 lalu. Ia merupakan pemain asal Chechnya yang pertama kali debut di RPL bersama tim kebanggaan warga Chechnya, Akhmat Grozny. Saat ini, ia menandatangani kontrak dengan klub Ufa Ekaterinburg. 

Tim nasional sepak bola Rusia jadi satu dari sekian banyak tim olahraga yang makin inklusif. Senang melihat makin banyak etnis minoritas yang terwakili di banyak gelaran turnamen olahraga. Sebuah perubahan positif yang layak didukung. 

Baca Juga: 5 Pemain Sepak Bola yang Jadi Ambassador Badan PBB

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya