Comscore Tracker

Pemain di Skuad Timnas Serbia Perengkuh Piala Dunia U-20 2015  

Kini mereka masuki usia ideal untuk tim senior

Diperkuat segudang pemain bintang, tidak berlebihan bila ada anggapan bahwa saat ini Serbia tengah berada pada era emas. Sayangnya, tim berjuluk Orlovi ini harus mengakui keunggulan Brasil 0-2 pada laga perdana fase grup Piala Dunia 2022 Qatar, Jumat (25/11/2022) malam WIB.

Meski begitu, performa Serbia tidaklah buruk dan masih punya peluang besar untuk lolos ke babak 16 besar. Mereka harus mengambil kesempatan memperoleh poin penuh pada sisa laga kontra Kamerun dan Swiss. 

Baiknya performa Serbia dalam beberapa tahun terakhir tentu dipengaruhi oleh sejumlah pemain potensial. Tercatat ada tujuh pemain tim nasional senior Serbia pada Piala Dunia 2022 ini yang sempat merengkuh gelar juara Piala Dunia U-20 tahun 2015. Siapa saja mereka?

1. Sergej Milinkovic-Savic

Pemain di Skuad Timnas Serbia Perengkuh Piala Dunia U-20 2015  Sergej Milinkovic-Savic (instagram.com/sergej___21)

Sergej Milinkovic-Savic jadi sorotan setahun terakhir ini. Selain masuk dalam skuad Serbia di Piala Dunia Qatar 2022 ini, ia juga jadi pilihan utama pada Piala Dunia Rusia empat tahun lalu. Total, ia telah mencatatkan 37 caps bersama Orlovi sejak debut pada 2017. 

Milinkovic-Savic diketahui sebagai gelandang tengah utama skuad Timnas Serbia di Piala Dunia U-20 2015 Selandia Baru. Berkat keberhasilan menjuarai turnamen dua tahunan itu, ia berhasil dapat kontrak dari klubnya saat ini, Lazio. 

2. Vanja Milinkovic-Savic

Pemain di Skuad Timnas Serbia Perengkuh Piala Dunia U-20 2015  Vanja Milinkovic-Savic (instagram.com/vanja_32)

Peran Vanja Milinkovic-Savic di Timnas Serbia tidak seprominen sang kakak, Sergej. Ia tercatat melakoni debutnya pada 2021, sejak ditunjuknya Dragan Stojkovic sebagai pelatih. Vanja baru mencatatkan 8 caps bersama Timnas Serbia. 

Sang penjaga gawang ikut andil dalam skuad Timnas Serbia di ajang Piala Dunia U-20 2015. Kala itu, ia hanya bertugas sebagai kiper pelapis dan tidak pernah diturunkan. Pada Piala Dunia 2022, Vanja Milinkovic-Savic dipilih pelatih Stojkovic sebagai starter untuk laga krusial kontra Brasil. 

3. Andrija Zivkovic

Pemain di Skuad Timnas Serbia Perengkuh Piala Dunia U-20 2015  Andrija Zivkovic (instagram.com/zivkovic17)

Andrija Zivkovic masuk dalam daftar pemain sayap yang dibawa Stojkovic ke Qatar tahun ini. Ia tercatat sudah debut untuk Timnas Serbia pada 2013 ketika usianya baru 17 tahun. Ia juga dipanggil memperkuat negaranya di Piala Dunia 2018 Rusia, tetapi hanya diturunkan sekali. 

Walau sudah debut di tim senior sejak muda, ia sempat ditarik kembali ke tim U-20 untuk keperluan di Piala Dunia U-20 tahun 2015. Dalam turnamen itu, Zivkovic termasuk pemain kunci yang sering diturunkan. Kontribusinya sukses mengantarkan Serbia merebut gelar juara setelah mengalahkan Brasil di partai puncak.

Baca Juga: 5 Pemain Top Serie A yang Mentas di Piala Dunia 2022 Bersama Serbia

4. Predrag Rajkovic

Pemain di Skuad Timnas Serbia Perengkuh Piala Dunia U-20 2015  Predrag Rajkovic (instagram.com/rajkovicpredrag)

Predrag Rajkovic merupakan kiper utama di skuad Timnas Serbia dalam setahun terakhir. Ia tercatat mengantongi 28 caps bersama Orlovi sejak debut pada 2013. Menariknya, pada laga perdana Piala Dunia 2022 Qatar, Rajkovic justru dicadangkan. 

Bersama Vanja Milinkovic-Savic, Rajkovic jadi penjaga gawang dalam skuad Serbia di Piala Dunia U-20 2015. Kala itu, ia menjadi tumpuan utama Orlovi junior di bawah mistar gawang. 

5. Nemanja Maksimovic

Pemain di Skuad Timnas Serbia Perengkuh Piala Dunia U-20 2015  Nemanja Maksimovic (twitter.com/GetafeCF)

Nemanja Maksimovic adalah gelandang bertahan utama di Timnas Serbia saat ini. Ia sudah memperkuat Timnas Serbia dalam 41 pertandingan sejak debut pada 2016 lalu. Ia melewatkan Piala Dunia 2018 karena tak disertakan dalam skuad.  

Namun, pada edisi 2022, ia kembali dipanggil pelatih Stojkovic. Maksimovic juga alumni skuad Serbia di Piala Dunia U-20 2015. Pada turnamen itu, Maksimovic diturunkan pada setiap laga dan bermain penuh 90 menit. 

6. Miloš Veljković

Pemain di Skuad Timnas Serbia Perengkuh Piala Dunia U-20 2015  Miloš Veljković (instagram.com/mveljkovic5)

Milos Veljkovic disertakan dalam skuad Timnas Serbia sejak 2017. Pemain yang mengisi posisi bek tengah ini juga sempat membela Serbia di Piala Dunia 2018 Rusia. Sejauh ini, ia sudah mencatatkan 22 kali keikutsertaannya dalam berbagai turnamen dan laga persahabatan. 

Nama Veljkovic mulai mencuat ke permukaan ketika ia berhasil mengantarkan negaranya menyabet gelar juara Piala Dunia U-20 2015. Saat itu, Veljkovic dipercaya untuk menjaga lini pertahanan Serbia dalam seluruh pertandingan tanpa pernah sekalipun diganti. 

7. Marko Grujic

Pemain di Skuad Timnas Serbia Perengkuh Piala Dunia U-20 2015  Marko Grujic (instagram.com/grujicmarko)

Marko Grujic dikenal luas setelah dibeli Liverpool dari Red Star Belgrade pada 2016. Sayangnya, ia gagal beradaptasi dan akhirnya dipinjamkan ke klub lain. Grujic memutuskan pindah ke FC Porto pada musim panas 2022. 

Dalam skuad Timnas Serbia, Grujic sudah mencatatkan 18 caps dan masih menjadi pemain cadangan untuk mengisi pos gelandang bertahan. Pada laga perdana Piala Dunia 2022 Qatar melawan Brasil, ia pun dicadangkan oleh Stojkovic. 

Grujic adalah bagian dari skuad Serbia di Piala Dunia U-20 2015. Sama dengan statusnya saat ini, kala itu ia bukan pemain pilihan utama dan hanya diturunkan sebagai starter dalam satu pertandingan. Selebihnya, ia lebih banyak jadi pemain pengganti. 

Keberhasilan merebut gelar juara Piala Dunia U-20 2015 rupanya menjadi cikal bakal generasi Timnas Serbia saat ini. Para alumni Piala Dunia U-20 tujuh tahun lalu itu telah memasuki usia emas dan menunjukkan penampilan konsisten untuk tim senior. Siapa pemain di atas yang bakal memberikan kontribusi besar di Piala Dunia 2022 Qatar ini?

Baca Juga: 4 Pemain Juventus pada Laga Brasil vs Serbia di Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya