Comscore Tracker

5 Pemain Timnas Brasil Alumni Olimpiade Tokyo 2020

Termasuk sang senior, Dani Alves

Tim Nasional Brasil merupakan salah satu tim yang jadi favorit juara Piala Dunia 2022 Qatar. Terlebih, Selecao tengah berada di masa emas dengan segudang pemain bintang bertalenta. 

Beberapa penggawa Timnas Brasil di Piala Dunia ini tercatat pernah membela skuad muda negaranya di Olimpiade Tokyo 2020. Kala itu, Brasil sukses merebut gelar medali emas usai menundukkan Spanyol dengan skor akhir 2-1. 

Siapa saja pemain Timnas Brasil yang berperan di Olimpiade Tokyo 2020 dan kini ikut memperkuat skuad Piala Dunia 2022 Qatar? 

1. Dani Alves

5 Pemain Timnas Brasil Alumni Olimpiade Tokyo 2020Dani Alves (instagram.com/danialves)

Nama Dani Alves sudah tidak asing lagi bagi penikmat sepak bola dalam dua dekade terakhir. Walau usianya sudah mendekati kepala empat, pemain ini masih jadi langganan Timnas Brasil ketika berlaga di turnamen besar, termasuk pada Piala Dunia 2022. 

Masuknya Alves dalam skuad Tite di Piala Dunia ini bisa saja dipengaruhi oleh  penampilan apiknya mengawal talenta-talenta muda Brasil pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Meski tak lagi muda, Alves terbukti memiliki kecepatan dan kerap memberikan umpan cantik dari sisi kanan. 

2. Gabriel Martinelli

5 Pemain Timnas Brasil Alumni Olimpiade Tokyo 2020Gabriel Martinelli (instagram.com/gabriel.martinelli)

Gabriel Martinelli adalah satu dari sekian pemain muda yang dibawa Tite ke Qatar. Pemain yang merumput bersama Arsenal ini memang belum berhasil meyakinkan Tite untuk jadi starter di Piala Dunia 2022. Namun, ia tampil cukup baik sebagai pengganti pada laga kontra Serbia. 

Pada Olimpiade Tokyo 2020, pemain keturunan Italia ini juga berperan sebagai pelapis di skuad asuhan Andre Jardine. Martinelli sempat memainkan beberapa laga penting, termasuk pertandingan semifinal melawan Meksiko. 

Baca Juga: Permintaan Pelatih Brasil: Tolong Jangan Kasari Neymar!

3. Bruno Guimaraes

5 Pemain Timnas Brasil Alumni Olimpiade Tokyo 2020Bruno Guimaraes (instagram.com/brunoguimaraes)

Bruno Giumaraes naik daun ketika ia mampu tampil memukau bersama klub lamanya, Olympique Lyon. Di Timnas Brasil, ia melakoni debutnya pada 2020 dan baru mencatatkan 8 caps. Ia juga tidak disertakan dalam skuad Brasil di Copa America 2021. 

Terlepas dari itu, Guimaraes tampil apik di Olimpiade Tokyo 2020 yang diselenggarakan tahun lalu lantaran pandemik. Ia tercatat selalu menjadi pilihan utama Andre Jardine untuk mengisi pos gelandang tengah bersama Douglas Luiz.

Saat ini, ia tergabung dalam klub Newcastle United yang sedang di atas awan. Tak heran kalau Tite memanggilnya bergabung ke Qatar. 

4. Antony

5 Pemain Timnas Brasil Alumni Olimpiade Tokyo 2020Antony (instagram.com/antony00)

Antony adalah salah satu talenta muda Brasil yang sedang digandrungi. Kiprah pemain Manchester United tersebut di Timnas Brasil terbilang masih minim. Ia baru debut di tim senior pada Agustus 2021. Antony sebenarnya lebih sering diturunkan sebagai pemain pengganti di tengah pertandingan. 

Meski begitu, rekam jejaknya cukup bagus. Antony memiliki peran penting pada gelaran Olimpiade Tokyo 2020. Sang pemain sering ditunjuk mengisi pos sayap kiri Timnas Brasil pada turnamen olahraga 4 tahunan tersebut.

5. Richarlison

5 Pemain Timnas Brasil Alumni Olimpiade Tokyo 2020Richarlison (instagram.com/richarlison)

Richarlison sudah bergabung dengan Selecao sejak Agustus 2018. Mulanya, ia hanya berperan sebagai pelapis. Namun, usai menunjukkan performa yang memukau, ia pun ditetapkan Tite sebagai pemain inti Tim Samba. 

Tak hanya sukses bersama tim senior Brasil, Richarlison rupanya sempat masuk dalam skuad Brasil di Olimpiade Tokyo 2020. Namanya pun ikut dicatut sebagai kontributor utama dalam kesuksesan Brasil meraih medali emas. 

Kelima pemain di atas sukses membuktikan kelasnya ketika tampil di Olimpiade Tokyo 2020. Performa brilian mereka tahun lalu tentunya turut berperan dalam keputusan Tite memboyong kelimanya ke Qatar. Mereka juga tergolong beruntung, sebab tidak semua pemain kunci Brasil di Olimpiade Tokyo terpilih masuk ke skuad Piala Dunia 2022

Baca Juga: 6 Gol Salto Terakhir di Piala Dunia, Terbaru dari Richarlison

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya