5 Pesepak Bola asal Eropa Timur Berlatar Belakang Jerman

Berkaitan erat dengan arus migrasi tenaga kerja

Melansir buku Migration and Immigrants in Europe: A Historical and Demographic Perspective (2016) tulisan Van Mol dan de Valk, arus pekerja migran dalam internal Eropa bisa dibagi dalam beberapa periode.

Periode pertama terjadi pada tahun 1950--1970-an saat beberapa negara Eropa Barat dan Utara (Jerman, Belgia, Prancis, Inggris, Swiss, dan Swedia) mengalami economic boom. Saat itu mereka akhirnya merekrut pekerja dari luar negeri. Terutama dari Eropa Selatan (Spanyol, Portugal, Italia), Yugoslavia, serta Mediterania (Yunani, Turki).

Arus migrasi sempat ditutup pada tahun 1980-an, tetapi kembali dibuka pada 1990-an ketika negara-negara komunis di Eropa Timur kolaps dan disusul Perang Balkan. Menurut liputan DW, sampai sekarang arus migrasi pekerja migran asal Eropa Timur masih terus berlangsung. Jerman menjadi salah satu negara tujuan utama karena peluang kerja yang terbuka lebar. 

Tak heran kamu akan menemukan banyak pesepak bola asal Eropa Timur yang lahir atau pernah tinggal di Jerman karena pekerjaan orangtuanya. Seperti lima pemain berikut.

1. Borna Sosa (Kroasia)

5 Pesepak Bola asal Eropa Timur Berlatar Belakang JermanBorna Sosa (instagram.com/superrman007)

Sosok pertama yang cukup ramai dibicarakan adalah Borna Sosa. Sebelum bergabung dengan timnas senior Kroasia, Borna Sosa ternyata sempat ditawari menjadi bagian dari Timnas Jerman. Ini disebabkan oleh status ibunya yang lahir dari keluarga imigran Kroasia di Jerman.

Sosa lahir dan besar di Kroasia. Ia memulai kariernya sebagai murid akademi Dinamo Zagreb. Ia baru pindah ke Jerman pada 2018 ketika VfB Stuttgart tertarik menggunakan jasanya.

2. Josip Stanisic (Kroasia)

5 Pesepak Bola asal Eropa Timur Berlatar Belakang JermanJosip Stanisic (instagram.com/josip_stanisic)

Stanisic punya ikatan kuat dengan Jerman. Ia lahir dan besar di negara itu dan bahkan mengenyam pendidikan di akademi sepak bola setempat, FC Perlasch, sebelum akhirnya hijrah ke tim muda Bayern Munich. 

Stanisic mengantongi dua caps bersama tim kelompok usia Jerman. Namun, akhirnya ditarik timnas senior Kroasia pada 2021. Terakhir ia disertakan dalam skuad Kroasia di Piala Dunia 2022 Qatar, meski hanya jadi pemain pelapis.

Baca Juga: 10 Fakta Andrej Kramaric, Pengganti Mario Mandzukic di Timnas Kroasia

3. Willi Orban (Hungaria)

5 Pesepak Bola asal Eropa Timur Berlatar Belakang JermanWilli Orban (instagram.com/williorban4)

Status lahir dan besar di Jerman juga dimiliki pemain Timnas Hungaria, Willi Orban. Latar belakangnya sendiri cukup unik. Meski lahir di Kaiserlautern, ia lahir dari ayah berkebangsaan Hungaria dan ibu asal Polandia. Dengan status itu, Orban bisa bermain untuk tiga negara Eropa yang disebut. 

Namun, tawaran menjadi pemain reguler justru datang dari Hungaria. Setelah sempat bermain di kelompok usia bersama Jerman sebanyak dua kali, Orban menjadi andalan Hungaria sejak 2018.

4. Ermedin Demirovic (Bosnia Herzegovina) 

5 Pesepak Bola asal Eropa Timur Berlatar Belakang JermanErmedin Demirovic (instagram.com/e.demirovic29)

Lahir di Jerman pada akhir 1990-an, Demirovic mungkin salah satu keturunan dari pengungsi Perang Bosnia. Sebelum berkelana ke beberapa klub Eropa, Demirovic berkenalan dengan sepak bola lewat klub lokal kota kelahirannya, Hamburger SV.  Ia melanjutkan pendidikannya di akademi milik RB Leipzig sebelum hijrah ke klub Spanyol  Alaves pada usia 19 tahun.

Dari sinilah perjalanannya mengarungi Eropa dimulai. Namun, pada akhirnya ia mendarat kembali ke Jerman pada 2020. Meski tak pernah berkarier di negara asal orangtuanya, Demirovic sudah jadi langganan Bosnia sejak usia 16 tahun.

5. Lazar Samardzic (Serbia) 

5 Pesepak Bola asal Eropa Timur Berlatar Belakang JermanLazar Samardzic (instagram.com/lakisamar10)

Sebagai salah satu negara terbesar yang mengekspor tenaga kerja ke Jerman, bukan hal aneh ketika menemukan pemain berkebangsaan Serbia yang lahir dan tinggal di Jerman.

Salah satunya Lazar Samardzic, eks pemain Hertha Berlin dan RB Leipzig yang kini membela klub Serie A, Udinese. Samardzic mengantongi status ini karena ayahnya merupakan pesepak bola asing di Jerman yang aktif pada awal 2000-an.

Beda dengan sang ayah yang kebanyakan bermain di tim semiprofesional, Samardzic berlaga di liga utama sejak memutuskan jadi atlet profesional. Tak heran bila ia pun ditarik timnas kelompok usia Jerman. Pada 2023, ia berhasil debut bersama Timnas Serbia untuk keperluan Kualifikasi Piala Eropa 2024. 

Lima pemain di atas jadi bukti kalau lewat sepak bola kamu bisa belajar banyak hal, termasuk dinamika geopolitik di satu kawasan. Kali ini bahas pekerja migran di Jerman, lain kali topik lain bisa kita ulik bersama. 

Baca Juga: Lazar Samardzic, Bocah 18 Tahun yang Dikejar Puluhan Klub Besar Eropa

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya