Rahasia FC Saarbruecken Capai Semifinal DFB Pokal 2023/2024

Iklim dan lapangan turut berpengaruh?

1. FC Saarbruecken memastikan satu pos pada babak semifinal DFB Pokal 2023/2024 setelah mengalahkan tim divisi pertama, Borussia Moenchengladbach dengan skor tipis 2-1. Beberapa waktu sebelumnya, tim kasta ketiga Jerman itu berhasil menyingkirkan dua tim Bundesliga lain, Bayern Muenchen dan Eintracht Frankfurt, masing-masing dengan skor tipis.

Ini jadi catatan menarik mengingat Saarbruecken bukan kota yang dilirik pencinta sepak bola saat bertandang ke Jerman. Kota itu lebih dikenal sebagai kota industri dan penghubung ketimbang spot wisata. Kira-kira, taktik apa yang dipakai Saarbruecken untuk mencetak rekor baru mereka? Berikut bocoran rahasia FC Saarbruecken capai semifinal DFB Pokal 2023/2024.

1. Satu-satunya tim divisi tiga Jerman yang menembus babak 16 besar DFB Pokal 2023/2024

Rahasia FC Saarbruecken Capai Semifinal DFB Pokal 2023/2024pemain Saarbrucken usai laga DFB Pokal 2023/2024 lawan Borussia Monchengladbach (instagram.com/ersterfcs)

Babak 16 besar DFB Pokal 2023/2024 didominasi tim liga kasta kedua dengan torehan delapan tim. Ini disusul 6 tim asal Bundesliga (liga utama) dan 2 tim asal region Saarland yang bermain di liga kasta ketiga (1. FC Saarbruecken) dan kasta keempat (FC Homburg). Kelolosan Saarbruecken ke babak 16 besar cukup mencolok mengingat lawan mereka pada pertandingan ronde kedua adalah Bayern Muenchen, juara bertahan Bundesliga. 

Saat itu, Bayern Muenchen sebenarnya sudah unggul lebih dahulu. Namun, Saarbruecken menyusul lewat gol penyama kedudukan sebelum turun minum dan satu gol lagi saat injury time. Skor 2-1 cukup membuat Saarbruecken mengulang kenangan manis 4 dekade lalu saat mereka mengalahkan tim raksasa Jerman itu dengan skor 6-1 pada lanjutan Bundesliga 1976/1977.

2. Saarbruecken mengandalkan taktik bertahan yang solid khas tim lemah

Rahasia FC Saarbruecken Capai Semifinal DFB Pokal 2023/2024Tim Schreiber, salah satu kunci pertahanan solid FC Saarbrucken (instagram.com/ersterfcs)

Pada babak 16 besar, 1. FC Saarbruecken dipertemukan dengan Eintracht Frankfurt dan berhasil mengungguli lawannya. Lagi-lagi dengan gol yang cenderung terlambat, yakni tercipta pada menit ke-64 dan 78. Laga berikutnya lawan Borussia Moenchengladbach tak kalah dramatis. Dua gol dari masing-masing tim tercipta pada babak pertama dan bertahan hingga waktu normal 90 menit berlalu. Namun, sebuah gol kejutan dari Kai Brunker memastikan Saarbruecken melaju ke semifinal. 

Dari tiga pertandingan itu, Saarbruecken tampaknya punya kecenderungan yang jadi ciri khas tim-tim lemah, yakni bertahan. Jumlah tembakan dan presentase kepemilikan bola mereka selalu kalah dari lawan-lawannya. Namun, dengan strategis, mereka memanfaatkan celah jelang berakhirnya pertandingan untuk mencetak gol kejutan. Pola ini ternyata mereka lakukan pada ronde pertama melawan Kalsruher SC yang mereka menangkan dengan skor 2-1. Satu gol penentu kemenangannya tercipta pada menit ke-90.

3. Diuntungkan iklim Kota Saarbruecken yang tak biasa

Rahasia FC Saarbruecken Capai Semifinal DFB Pokal 2023/2024hujan tampak mewarnai laga DFB Pokal antara Saarbrucken dan Borussia Mönchengladbach (instagram.com/ersterfcs)

Selain pertahanan yang solid, beberapa faktor eksternal dipercaya membantu 1. FC Saarbruecken capai semifinal DFB Pokal 2023/2024. Mulai dari badai cedera yang melemahkan tim lawan, terutama Bayern Muenchen, hingga kondisi lapangan pertandingan. Bila diperhatikan, keempat pertandingan DFB Pokal yang mereka lakoni diselenggarakan di markas Saarbruecken di Ludwigsparkstadion. 

Ada kata kunci menarik tentang Kota Saarbruecken, yakni kota dengan curah hujan relatif tinggi dan berangin. Ini diperparah dengan kondisi cuaca yang sedang buruk di Jerman bagian selatan dan barat. Lapangan Ludwigsparkstadion pun beberapa kali mengalami situasi yang tak ideal karena terendam air. Laga lawan Bayern Muenchen pada November 2023 sempat hampir dibatalkan.

Bahkan, laga lawan Borussia Moenchengladbach sempat tertunda dari yang harusnya diselenggarakan pada 7 Februari 2024 menjadi 13 Maret 2024. Kondisi lapangan yang tak ideal itu bisa saja menciptakan ketidakpastian dan ketidaknyamanan buat lawan. Namun, sebaliknya, ini bisa dimanfaatkan pemain Saarbruecken yang sudah terbiasa selaku warga lokal.

Entah seberapa akurat asumsi soal lapangan itu, tetapi 1. FC Saarbrucken berhasil mencetak rekor dengan mencapai semifinal DFB Pokal kedua mereka setelah terakhir terjadi pada 2019/2020. Akankah mereka mencetak rekor baru? Jawabannya baru bisa kita dapat saat mereka menjamu 1. FC Kaiserslautern di Ludwigsparkstadion.

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Penulis, netizen, pembaca

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya