Strahinja Erakovic, Pemain Serbia yang Bermain di Klub Lokal

Satu-satunya yang merumput di Redstar Belgrade

Sama dengan Brasil, Timnas Serbia juga dikuasai pemain-pemain yang merumput di luar negeri. Ada dari Spanyol, Jerman, Portugal, dan Belanda. Paling dominan dari klub-klub Serie A Italia.

Hanya ada satu pemain yang masih merumput di Super Liga Srbije (liga utama Serbia). Ia adalah Strahinja Erakovic yang saat ini berstatus pemain FK Crvena Zvezda (Red Star Belgrade).

Seperti apa peluangnya di Piala Dunia 2022? Berikut profil Strahinja Erakovic, pemain Serbia yang bermain di klub lokal.

1. Masih berusia muda dan baru debut di Timnas Serbia pada Juni 2022 

Strahinja Erakovic, Pemain Serbia yang Bermain di Klub LokalStrahinja Erakovic (instagram.com/erakovic_strahinja)

Strahinja Erakovic adalah pemain kelahiran 2001 yang cukup minim pengalaman internasional. Ia baru debut dengan Timnas Serbia pada Juni 2022 lalu dalam gelaran UEFA Nations League. 

Pada laga debutnya ketika Serbia melawan Norwegia, ia berperan sebagai pemain pengganti yang baru diturunkan pada menit ke-75. Posisinya sebagai bek memang membuat peluangnya untuk dimainkan cukup kecil.

2. Jebolan akademi Red Star Belgrade 

Strahinja Erakovic, Pemain Serbia yang Bermain di Klub LokalStrahinja Erakovic (instagram.com/erakovic_strahinja)

Strahinja Erakovic adalah jebolan akademi Red Star Belgrade yang bergabung dengan tim tersebut sejak usia kanak-kanak. Ia bertahan tahap demi tahap sampai akhirnya direkrut tim divisi kedua Graficar Belgrade selama 1 musim pada 2019/2020. 

Pada musim panas 2020, ia bergabung dengan tim senior Red Star Belgrade dan bertahan sampai sekarang. Pada musim pertamanya, Erakovic lebih sering dicadangkan.

Mulai musim 2021/2022, ia mulai dimainkan secara reguler. Pada paruh pertama musim 2022/2023, Erakovic tercatat sering ditunjuk jadi starter oleh pelatih baru mereka, Milos Milojevic. 

Baca Juga: 5 Pemain Aktif dengan Caps Terbanyak di Timnas Serbia

3. Berpotensi meninggalkan klub masa kecilnya 

Strahinja Erakovic, Pemain Serbia yang Bermain di Klub LokalStrahinja Erakovic (instagram.com/erakovic_strahinja)

Ada beberapa klub yang tertarik menggunakan jasa Strahinja Erakovic. Pada 2019, Tottenham Hotspur dikabarkan berminat mengajukan tawaran untuk bek tengah muda tersebut. Namun, sampai sekarang rumor hanyalah rumor. 

Klub liga divisi dua Inggris, Hull City, juga dikabarkan tertarik kepada Erakovic dan mengajukan tawaran pada awal 2022. Namun, Red Star Belgrade menolak tawaran tersebut karena dianggap terlalu rendah. 

Red Star Belgrade sendiri adalah klub dengan kondisi ekonomi yang tak sebaik klub-klub top Eropa. Melansir tulisan Kirsten Schlewitz dalam The Set Pieces berjudul "The Rise, Fall, and Resurrection of Red Star Belgrade", klub raksasa Serbia tersebut dikenal sering menjual atau meminjamkan pemain terbaiknya untuk membiayai operasional klub mereka. Mereka juga pandai berhemat saat harus merekrut pemain baru. 

Milos Degenek adalah pemain andalan Red Star Belgrade yang direlakan pindah ke Columbus Crew pada Januari 2022. Ia sempat dipinjamkan ke klub kaya raya Arab Saudi, Al Hilal, selama setengah musim pada 2019.

Strahinja Erakovic bisa jadi salah satu pemain terbaik mereka yang memiliki peluang untuk hengkang bila ada tawaran yang cocok. Red Star Belgrade sendiri saat ini dikabarkan tertarik merekrut pemain asal Krimea, Vladimir Sychevoy, yang bermain untuk klub Liga Primer Rusia, FK Orenburg. Merekrut pemain dari klub-klub kecil dan menjual pemain terbaik mereka ke klub besar sepertinya masih jadi strategi bisnis Red Star Belgrade.

4. Satu alumni dengan pelatih Timnas Serbia saat ini, Dragan Stojković

Strahinja Erakovic, Pemain Serbia yang Bermain di Klub LokalDragan Stojkovic (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Red Star Belgrade adalah klub yang pernah menaungi pelatih Serbia di Piala Dunia 2022, Dragan Stojkovic. Ia tercatat bergabung dengan klub ibu kota tersebut pada 1986 saat Serbia masih tergabung dalam Yugoslavia. 

Stojkovic merupakan salah satu legenda penting dalam sepak bola Yugoslavia dan Serbia Montenegro yang berpartisipasi membela negaranya dalam dua seri Piala Dunia. Ia menghabiskan sebagian besar kariernya sebagai pemain di Red Star Belgrade dan Nagoya Grampus. Ia sempat menjajal karier di Marseille dan Verona, tetapi tak berhasil beradaptasi dengan baik. 

5. Serbia ternyata salah satu pengekspor pemain sepak bola terbesar dunia 

Strahinja Erakovic, Pemain Serbia yang Bermain di Klub LokalErakovic dalam sesi latihan Timnas Serbia (instagram.com/fudbalskisavezsrbije)

Fakta bahwa hanya Strahinja Erakovic yang berlaga di liga domestik Serbia sesuai dengan data yang menunjukkan bahwa Serbia adalah salah satu pengekspor pemain sepak bola terbesar di dunia.  Merujuk data International Centre for Sports Studies (CIES) pada Mei 2022, Serbia masuk dalam 10 besar negara asal pemain sepak bola yang merumput di luar negeri.

Jumlah pemain migran asal Serbia tersebut mengalami pengurangan dari data tahun 2017. Negara pengekspor pemain sepak bola terbanyak masih ditempati Brasil, disusul Prancis, Argentina, Inggris, dan Jerman. 

Akankah Strahinja Erakovic diberi kesempatan oleh Dragan Stojkovic untuk membuktikan talentanya di Piala Dunia 2022 Qatar? Jawabannya bisa kamu tonton pada tiga pertandingan fase grup Serbia seminggu ke depan.

Baca Juga: 4 Pemain Juventus pada Laga Brasil vs Serbia di Piala Dunia 2022

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya